.

Sabtu, 02 Desember 2017

Materi 11 : Kimia Hijau (Bagian Kedua)

https://www.chemistryworld.com
Perancangan bahan dan produk kimia yang aman : Produk kimia seharusnya dirancang sesuai fungsi yang diinginkan, dan mememinimalkan terjadinya toksisitas bagi manusia dan lingkungan. Perancangan bahan dan produk kimia tidak sekedar memperhatikan aspek efisiensi menyangkut tujuan yang akan dicapai, namun juga sedemikian rupa membuar perancangan yang diharapkan dapat mengurangi atau menihilkan toksisitas. Perancangan molekul perlu melibatkan bidang toksikologi, sehingga sejak awal dapat diprediksi kemungkinan terbentuknya molekul beracun dan bagaimana cara mengeleminirnya.

    Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

    4 komentar:

    1. @D25-Bendy
      Semua laboratorium harus dirancang untuk memudahkan kerja eksperimen serta mengurangi kecelakaan. Pekerja laboratorium harus memahami carabmengelola bahan kimia. Semua bagian dari laboratorium harus memahami keamanan telah menjadi komponen penting pengoperasian laboratorium.Bahan kimia ramah lingkungan merupakan falsafah perancangan produk dan proses yang mengurangi atau meniadakan penggunaan dan terciptanya bahan berbahaya

      BalasHapus
    2. @E09-Maulani kimia hijau tidak bisa dipungkiri telah menera0kam pendekatan baru untuk bidang sintesis,pengolahamln dan penerapan zat kimia sedemikian rupa sehingga ancaman kesehatan dan lingkungan dapat dikurangi.untuk menghasilkan produk kimia hijau dapat memodifikasi dan mendesain ulang produk dan proses kimia dengan tujuan utama untuk meminimalkan limbah dan penggunaan bahan yang berbahaya.

      BalasHapus
    3. @D26-Niko
      Kimia hijau dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan lestari dan berkelanjutan. Produk yang dihasilkan harus menerapkan pendekatan baru dan pengelolaan harus memperhatikan lingkungan dan kehidupan yang berada disekitarnya seperti namanya kimia hijau

      BalasHapus
    4. @D18-Rifqi
      Kimia hijau merupakan paradigma yang relatif baru , dengan fokus pada upaya mengoptimalkan kegiatan perancangan proses, produk dan pasca produk yang bisa memperkecil bahkan menihilkan pembentukan bahan kimia beracun dan berbahaya.

      BalasHapus

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.