.

Selasa, 14 November 2017

Tentang Udara dan Pernafasan

@D10-Khalil,@proyekB07
Oleh Khalil Gibran Setiaman





Udara atmosfer normal yang kering adalah campuran gas-gas yang mengandung sekitar 79% Nitrogen (N2) dan 21% oksigen (O2). Manusia bernapas sekitar 6 liter udara agar mendapatkan pasokan Oksigen segar kedalam paru dan membuang karbon dioksida (CO2). Ketika kita menghembus napas alveoli menjadi lebih kecil. Pernapasan adalah pertukaran gas antara makhluk hidup dengan lingkungan. Penapasan adalah suatu proses dimana kita menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.
Macam – macam udara dalam proses pernapasan
1.    Udara pernapasan (UP) adalah udara yang masuk atau keluar paru paru dari pernapasan biasa (tidal volume) jumlah volume ± 500 cc.
2.    Udara komplementer (UK) adalah udara yang masih dapat masuk ke paru-paru secara maksimal setelah inspirasi normal jumlah volume ± 1.500 cc.
3.    Udara cadangan (UC) adalah udara yang masih dapat dikeluarkan paru – paru secara maksimal setelah ekspirasi normal jumlah volume ± 1.500 cc
4.    Udara residu (UR) adalah udara yang masih tersisa dalam paru-paru setelah ekspirasi terisisa dalam paru-paru setelah maksimal jumlah volume ± 1000 cc
5.    Kapasitas vital paru- paru (KV) adalah udara yang dapat dihembuskan secara maksimal setelah inspirasi maksimal jumlah volume ± 3.500 cc VTP = KV + UR.
6.    Volume total paru-paru (VTP) adalah volume udara yang dapat bertampung secara maksimal dalam paru-paru jumlah volume ± 4.500 cc VTP = KV + UR
Jadi, udara yang digunakan dalam proses pernapasan mempunyai volume 500-3.500 cc. Dalam keadaan biasa, udara yang dihirup ± 500 cc. Dari jumlah tersebut  hanya 350 cc yang sampai pada paru-paru, sedangkan 150 cc hanya mengisi ruangan  sepanjang saluran pernapasan disebut spirometer.
Faktor yang mempengaruhi kecepatan frekuensi pernapasan
1.    Usia
Balita memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingan manula. Semakin bertambah usia intensitas pernapasan akan semakin turun.
2.    Jenis kelamin
Laki-laki memiliki frekunesi lebih cepat dibandingkan perempuan.
3.    Suhu tubuh
Semakin tinggi suhu tubuh (demam) maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.
4.    Posisi tubuh
Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam frekuensi pernapasan posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk.
5.    Aktivitas
Semakin tinggi aktivitas maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.

Daftar Pustaka
Hisham,2015. Macam macam udara dalam pernapasan dalam http://hisham.id/2015/07/macam-macam-udara-dalam-proses-pernapasan.html
Camslon J.R,Skofronik, J, G DAN G.rant,R.M, 2006. Fisika Tubuh Manusia, Edisi 2.EGC.Jakarta.
Imron A, 1993. Respirasi. Dalam buku Monograf Fisiologi manusia, suwono (ed). Pusat antar Universitas UGM.Yogyakarta.
Price S.A,Wilson,L.M,2006. Patofisiologi prose-proses penyakit.EGC. Jakarta.



1 komentar:

  1. D17-Nabila
    kenapa frekuensi kecepatan pria lebih inggi dari wanita?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.