.

Rabu, 11 Oktober 2017

Pencemaran Di DKI JAKARTA

@E12-Guntur, @ProyekA06
Disusun Oleh : Guntur Wahyu Prasetiyo
Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE
<![endif]-->
·       Pencemaran Likungan Di DKI JAKARTA
                        Jakarta merupakan Ibukota dari Negara Indonesia. Jakarta memang kota yang terpenting keberadaanya. Wilayah yang cukup strategis serta merupakan wilayah pusat dari pemerintahan Negara Indonesia.
Jumlah penduduk yang cukup padat serta terjadi peningkat jumlah penduduk pertahunya sehingga tak heran kota ini menghadapi beberapa masalah. Masalah yang dihadapi yang masih belum terselesaikan seperti masalah ekonomi, hukum, politik, pendidikan, hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).
                        kesehatan. Salah satu masalah yang dihadapi yaitu pencemaran udara. Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk. Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat rnemberikan efek merusak.

·       Macam-Macam Pencemaran Lingkungan Di DKI JAKARTA
Pencemaran Lingkungan di DKI JAKARTA sudah sangat fatal banyak sekali hal-hal yg menyebabkan pencemaran lingkungan di DKI JAKARTA yaitu, sebagai berikut :

·         Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah salah satu hal yg terjadi di Ibukota Hal tersebut karna banyaknya Kendaraan-kendaraan dari warga Ibukota Jakarta. polutan penyebab terjadinya pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder.
1.    Polutan primer – Polutan primer adalah polutan yang merupakan hasil langsung dari suatu proses atau substansi pencemar yang ditimbulkan langsung oleh sumber pencemar. Contoh polutan yang dihasilkan oleh penyebab primer  yaitu sulfur dioksida yang dihasilkan oleh pabrik – pabrik serta karbon dioksida dan karbon monoksida hasil pembakaran.
2.    Polutan sekunder – Sedangkan polutan sekunder merupakan polutan yang dihasilkan oleh interaksi dari beberapa polutan primer di atmosfer seperti reaksi foto kimia.  Contohnya adalah disosiasi NO2 yang menghasilkan NO dan O.

·         Pencemaran Air
           
            Pencemaran air tanah di ibu kota sudah sampai pada tingkat menghawatirkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Propinsi DKI Jakarta menyebutkan, air tanah Jakarta baik air sungai maupun air tanah memiliki kandungan pencemar organik dan anorganik tinggi. Akibatnya, air sungai dan air tanah di DKI Jakarta tidak sesuai lagi dengan baku mutu peruntukannya yaitu air minum, perikanan, pertanian dan usaha perkotaan lainnya. Utamanya air tanah sudah tercemar oleh Bakteri Escherichia coli (Bakteri e coli). Bahkan, tingkat pencemaran sudah mencapai 80 persen. Kondisi ini jelas sangat memprihatinkan mengingat sebagian besar warga ibu kota masih mengonsumsi air tanah. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan warga. Tercemarnya ait tanah tersebut oleh bakteri e coli ini disebabkan oleh limbah rumah tangga seperti tinja. Apalagi, letak sumber air berdekatan dengan dengan tempat pembuangan tinja. Akibatnya, bakteri e coli dengan mudah mencemarai air tanah ibu kota. Selain dari limbah rumah tangga, tercemarnya air tanah di ibu kota juga berasal dari limbah industri namun kapasitas nya lebih rendah dari limbah rumah tangga.
                                                                                   
·       DAFTAR PUSTAKA
Anonnym, Mei 2012 https://duniaparapelajar.wordpress.com/tag/pengertian-pencemaran-lingkungan/ Dikutip Tanggal 10 Oktober 2017 
Abdul Wahab, Desember 2010 https://wahabxxxxx.wordpress.com/2010/12/15/pencemaran-di-ibukota-jakarta/ Dikutip Tanggal 10 Oktober 2017
Anonnym, Desember 2015 https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/penyebab-pencemaran-udara Dikutip Tanggal 10 Oktober 2017 
Hotber Sihite, November 2013 http://hotber-sihite.blogspot.co.id/2013/11/pencemaran-air-tanah-dki-jakarta.html Dikutip Tanggal 10 Oktober 2017
Anonnym, Mei 2011 https://bonitawenas.wordpress.com/2011/05/14/lingkungan/  Dikutip Tanggal 10 Oktober 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.