.

Rabu, 27 September 2017

NOS - Nitrous Oxide System

GAS OKSIDA


@E08-wulan
@proyekA04
oleh: Wulan Dari Mulia










Kita semua pasti pernah menonton perlombaan F1 (Formula one), IRL (Seri IndyCar) atu masih banyak lainnya. Setiap pembalab berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan dengan memaksimalkan laju kecepatan kendaraan mereka dengan menambahkan NOS. Apakah NOS itu? NOS kepanjangan dari Nitrous Oxide System, orang menyebut lainnya adalah nitrous. cara kerjanya, uap dari nitrous masuk ke combustion chamber dan pecah menjadi dua unsur ( nitrogen dan oksigen ).

Menurut Mekanik Mitsubishi(2016), Pada kadar oksigen yang terdapat di senyawa NOS / nitrous adalah melebihi setengah pada kadar oksigen yang ada di udara, kadar oksigen pada NOS adalah 36% dari total berat pada NOS. Nitrous dapat menguap karena dari bentuk yang cair berada dalam tabung bertekanan dan menguap dengan cepat karena tekanan pada atmosphere. Yang membuat nitrous atau NOS dapat berguna mempercepat laju mobil balap adalah karena bercampurnya oksigen pada nitrous tadi dengan senyawa hidrokarbon ( senyawa yang terdapat pada bensin, solar dan bahan bakar lainnya ) pada pembakaran yang akan terjadi, oksigen membantu dengan tekanan tinggi yaitu sekitar 800psi. Dengan kejadian tersebut maka menghasilkan suatu tekanan kompresi yang dapat mendongkrak tenaga mesin. Waktu lamanya suatu nitrous bekerja adalah ketika nitrous ini masih berada pada combustion chamber.
           
Di atas kita sudah membahas tentang NOS yang sudah pasti berasal dari gas oksida. Nah, sekarang apakah anda mengetahui apa itu gas Oksida dengan rumus N2O. Gas ini juga sering disebut dengan gas tertawa, kenapa disebut dengan gas tertawa? Apakah anda dapat menjadi tertawa seketika jika menghitup gas tersebut? Pasti hal ini yang terlintas di benak anda saat pertama kali mendengar tentang istilah ini. Gas Tertawa kenapa orang meneybutnya demikian karena, N2O berdampak pada jaringan kelenjar di selaput otak bila terhirup, yang akan mempengaruhi hormon HAPPY keluar berlebihan, ya ini yang disebut gas ketawa, karena kalau kelenjar ini nolak untuk berhenti, HAPPY nya ketinggian, penginnya tubuh nolak, tapi refleks dari gejolak itu menyebabkan rasa mengelitik urat saraf ketawa. 

Pada suhu ruang, N2O ia berwujud gas tak berwarna dan tidak mudah terbakar. Apabila dihirup atau dicecap terasa sedikit aroma dan rasa manis. N2O pertama kali ditemukan oleh Priestley pada tahun 1772, kemudian di teliti lebih lanjut oleh Sir Humpry Davy pada tahun 1799. Sir Humpry dalam keadaan sadar mencelupkan kepalanya ke dalam 57 liter N2O hingga tak sadarkan diri. Setelah sadar ia berkata “Nothing exists but Thoughts!”. Davy menyamakan efek gas ketawa dengan keracunan gas tingkat tinggi, seperti opium dan alcohol.

N2O tidak hanya terdapat pada indsutri mobil balap saja seperti NOS, tetapi N2O juga punya peranan dalam bidang kedokteran. Pada dalam bidang kedokteran N2O berfungsi sebagai obat bius. Menurut Asa (2011), Pada tahun 1700-an hingga 1800-an anak-anak muda menggunakan gas tawa ini sebagai obat, pada saat itu gas tawa mulai di sosialisasikan dan di kenalkan sebagai sumber kenikmatan atau kebahagiaan. Menurut Maula(2016), dipelopori Horace Wells pada tahun 1844, hingga saat ini gas ketawa digunakan sebagai obat pemati rasa dalam operasi bedah. Gas ketawa digunakan di bidang kedokteran karena memiliki efek membius (anestesia).

Quote Of The Day:



Daftar Pusataka: 
Anonim.2016. Cara Kerja NOS atau Nitrous Pada Mobil Balap. http://www.mekanikmitsubishi.com/cara-kerja-nos-atau-nitrous-pada-mobil-balap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.