.

Selasa, 12 September 2017

Energi dan Minyak Bumi
















Energi dan Minyak Bumi
@D19-Ellyza, @ProyekB02
Oleh: Ellyza Anggraini

Luaran pembelajaran dari kimia kontekstual adalah mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena-fenomena dan proses kimia yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bidang energy, lingkungan, pangan, obat, dan polimer. Kimia kontekstual atau Kimia Kekinian berkaitan dengan aspek kehidupan manusia. (Hidayat dan Kholil, 2017)
Minyak bumi merupakan campuran dari berbagai macam hidrokarbon, jenis molekul yang paling sering ditemukan adalah alkana (baik yang rantai lurus maupun bercabang), sikloalkana, hidrokarbon aromatik, atau senyawa kompleks seperti aspaltena.          
Minyak bumi telah kita gunakan dalam industri-industri sejak era revolusi industri. Padahal hingga saat ini kita tidak dapat memproduksi minyak bumi (energi tak terbarukan). Jika penggunaan bahan bakar ini terus meningkat, suatu saat manusia akan kehabisan energi minyak bumi
Hanya saja minyak bumi harus melaui proses yang panjang untuk bisa dimanfaatkan. Untuk itu banyak cara yang kembangkan manusia untuk mendapatkan hasil produk dari minyak bumi sehingga bisa digunakan. Namun walaupun minyak bumi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia minyak bumi sebenarnya juga memiliki kerugian saat kelola.

Keuntungan
·         Pengelolahan dari minyak bumi dan gas alam sebenarnya dilakukan dengan beberapa cara yang sangat ringan
·         Minyak bumi sebenarnya sangat mudah dalam proses pendistribusian sehingga sumber pengelolahan dari pusat pengolalah dilakukan degan jaringan pipa yang kemudaian ditanamkan dalam pusat pengelolah yang kusus.
·         Minyak bumi sebenarnya memiliki manfaat dalam pembangaun pembangkit tenaga listirk karena memiliki sitem penyaluran bahan bakar yang cukup ringan dan juga cukup cepat serta dalam proses yang mudah.

Kerugian
·       Sumber daya minyak bumi dan gas memerlukan waktu yang cukup lama dalamproses membentuknya kembali.
·         Dalam proses pengelolahan bisanya menimbulkan beberapa efek buruk untuk kesehatan
·         Membuat pemanasan global karena menimbulkan polusi dan pencemaran.
·         Pengelolahannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga akan menghabiskan dana
Dari penjelasan diatas mengenai keuntungan dan kerugian pengolahan minyak bumi, tentulah ini menjadi suatu hal yang harus diperdalami karna menjadi suatu masalah yang kompleks jika tidak di teliti mengenai alternative apa yang dapat menjawab masalah mengenai energy minyak bumi ini.

Berdasarkan artikel yang tertulis dalam Ilmusiana beberapa alternative potensial pengganti minyak bumi yaitu
1.    Ethanol                                    9. Matahari
2.    Gas alam                                10. Panas bumi
3.    Listrik                                       11. Angin
4.    Hydrogen                                12.Biomassa
5.    Propana                                  13. Biofuel
6.    Biodiesel                                  14. Energi Tidal
7.    Methanol                                 15. Gelombang laut
8.    P-series

DAFTAR PUSTAKA
-       Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi hijau. Jakarta: Pantona Media
-       Direktori Training Indonesia. 2015. “Keuntungan dan Kerugian Pengolahan Minyak Bumi”. http://direktoritraining.com/keuntungan-dan-kerugian-pengolahan-minyak-bumi/. Di akses tanggal 12 September 2017
-       Ilmusiana. 15 Sumber Energi Alternatif di Alam”. http://www.ilmusiana.com/2016/01/15-sumber-energi-alternatif-di-alam.html. Di akses  tanggal 12 September 2017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.