.

Jumat, 01 September 2017

KIMIA TERAPAN dalam BIDANG PERTANIAN, MAKANAN, dan OBAT OBATAN


              @D03-Almira,@ProyekB01
Oleh :  Almira Septemi Yuna

@D03-ALMIRA, @ProyekB01


DEFINISI
Kimia Terapan adalah bagian dari ilmu kimia yang mempelajari reaksi-reaksi kimia yang dapat dimanfaatkan dalam proses industri untuk mengolah bahan asal menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi.

Kimia Terapan dalam Bidang Pertanian.
Pada dasarnya, makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tanaman memerlukan makanan untuk tumbuh dan berkembang biak. Tanaman mengambil makanan dari tanah. Tanah yang gembur dan subur dapat menghasilkan tanaman yang subur.

1. Pupuk Buatan
Tujuan pemupukan adalah untuk menyempurnakan kebutuhan unsur-unsur hara bagi tanaman. Kegiatan pemupukan yang dilakukan manusia bertujuan untuk menyempurnakan unsur hara yang terkandung di dalam tanah dan bermanfaat bagi tanaman.

a. Pupuk Nitrogen
Jenis pupuk nitrogen yang banyak digunakan adalah pupuk urea dan pupuk ZA (amonium nitrat). Kadar nitrogen dalam pupuk urea sekitar 46,7%. Kadar ini cukup tinggi untuk tanaman sehingga penggunaan urea harus tepat.
Kadar Nitrogen dalam Pupuk:

2. Pestisida
Hama bersaing dengan manusia untuk mendapatkan makanan yang ditanam oleh para petani. Oleh karena itu, jika petani ingin meningkatkan hasil produksinya maka petani harus mengurangi atau membasmi hama tanaman.
Penggunaan pestisida makin marak sejak ditemukannya senyawa yang disebut DDT (diklorodifenil-trikloroetan). DDT merupakan senyawa organik yang memiliki kemampuan untuk membunuh insektisida.


KIMIA TERAPAN dalam MAKANAN
1. Pemanis
Zat kimia dalam pemanis makanan digunakan untuk memberikan rasa yang lebih menarik tetapi dengan kadar yang pas
a.Sakarin
   Sakarin merupakan pemanis buatan yang paling tua. Tingkat kemanisan sakarin kurang lebih 300 kali lebih manis dibandingkan gula pasir.

2.Penyedap Makanan
a. MSG
   Penyedap buatan yang paling banyak digunakan dalam makanan adalah vetsin atau monosodium glutamat (MSG) yang sering juga disebut sebagai micin.

KIMIA TERAPAN dalam OBAT OBATAN
Obat adalah benda atau zat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, membebaskan gejala, atau mengubah proses kimia dalam tubuh.

a.Zat Analgesik
Analgesik adalah sejenis obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit.
1.Aspirin
Aspirin berfungsi mengurangi rasa sakit, seperti sakit kepala atau sakit gigi. 

b.Zat Psikiatris
Psikiatris adalah jenis obat-obatan yang dapat memengaruhi bagian tertentu dari sistem saraf.
1.Kokain
Kokain merupakan stimulan yang kuat dan digunakan sebagai obat bius dalam pembedahan lokal seperti mulut, mata, dan telinga. Namun, obat ini dapat menimbulkan ketagihan dan tergolong narkoba.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.