.

Kamis, 31 Agustus 2017

KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

@D25-Bendy-
                                    Oleh  :  Bendy Emeraldi Alvaro

Sering sekali kita mendengar kata kimia.Kimia berarti cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Kimia dikelompokan secara artifisial menjadi 2, yaitu kimia murni dan kimia terapan. Kali ini saya akan membahas tentang kimia terapan dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai manfaat maupun bahaya dari bahan kimia.
  
Menurut Ardhika , Kimia terapan adalah lebih terpusat kepada pengembangan produk atau proses yang dapat digunakan untuk meningkatkan standar kehidupan manusia.
Banyak sekali manfaat bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang.
1.Bidang Kesehatan  Para dokter sangat terbantu karna adanya bahan kimia. Bahan kimia sering digunakan untuk proses penyembuhan pasien seperti operasi dan mendiagnosa berbagai penyakit interaksi kimia dalam tubuh manusia, seperti pada sistem pencernaan, pernafasan, ekskresi, dll.
2.Bidang Pertanian
   Para petani sering menggunakan pupuk urea yang terbuat dari bahan kimia.
 Lalu apabila tumbuhan diserang hama, kita menggunakan pestisida atau insektisida yang terbuat dari bahan kimia.
3.Bidang Industri
   Dalam pembangunan kita sering sekali menggunakan semen dan cat yang terbuat dari beberapa bahan kimia.
 analisis kimia dapat memberikan informasi tentang kesuburan tanah, dan dengan data tersebut petani dapat menentukan tumbuhan yang kekurangan zat.Dan masih banyak lagi manfaat kimia di bidang lain.
Banyak sekali yang dihasilkan dalam proses industri untuk mengolah bahan asal menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi, seperti: Detergen, Bensin, Pupuk, Sabun, Air, Kesadahan, Kertas, Bahan tambahan untuk makanan dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari:
Sabun dan Detergen , dimana Sabun dan deterjen dapat membersihkan dengan menggunakan reaksi kimia. Sabun mengemulsi kotoran, yang berarti sabun mengikat noda minyak sehingga mereka dapat dibersihkan dengan air. Deterjen bertindak sebagai surfaktan, menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat berinteraksi dengan minyak, mengisolasi mereka dan membersihkannya.

Selain banyak manfaatnya ternyata bahan kimia juga dapat membahayakan apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Bahan kimia sangat mudah meledak (Dynamic, Bubuk mesiu, Picric acid) , bahan kimia juga sangat mudah terbakar (Sulpur, Pospor, Picric acid, Magnesium, Alumunium Powder) , bahan kimia juga mudah beroksidasi (Calcium hypochlorite, Sodium peroxide, Ammonium dichromate, Ammonium perchlorate).


DAFTAR PUSTAKA
-Song Mi.2013.Ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari.Dalamhttps://raiseheart.wordpress.com/2013/11/25/ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari/
-Bintang, nasrul.2011.Kimia terapan dan Terpakai.Yogyakarta.Dalamhttps://nasrulbintang.wordpress.com/2011/12/20/kimia-terapan-dan-terpakai/
-Teplan, kahfi.2012.Bahan kimia berbahaya.Sulawesi Tenggara. Dalamhttp://kahfiteplan.blogspot.co.id/2012/04/bahan-kimia-berbahaya.html
- Sarah.2015.Kimia dalam kehidupan sehari hari.Jakarta. Dalam http://sarah-industri15.blogspot.co.id/2015/09/kimia-terapan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.