.

Kamis, 31 Agustus 2017

Bagaimana dampak bahan kimia bagi kehidupan?

                         @D26 - Niko,  disusun oleh : Niko Prayoga


Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan berbagai bahan kimia. Dari mulai makanan yang kita makan, bahan pewarna, pengawet, sampai pembungkus produk-produk telah menggunakan bahan kimia.
Sebagian besar dari masyarakat tidak menyadari akan bahaya dari bahan-bahan kimia tersebut, bahan kimia yang banyak digunakan didalam kehidupan sehari-hari  memang tidak memberikan akibat secara langsung dan cepat namun, membutuhkan waktu lama. Tetapi semua itu akan merugikan kita dan orang lain jka kita tidak bisa menggunakan dengan benar dan mengelolah sampah dari zat kimia tersebut secara baik sesuai aturan.
Berbagai polusi di sekitar kita merupakan berbagai akibat dari bahan-bahan kimia yang kita gunakan, dari polusi udara yang disebabkan oleh berbagai gas yang menyebabkan polusi, bermacam pupuk yang digunakan para petani kita juga menyababkan polusi tanah.
Apa itu bahan kimia? Bahan kimia adalah zat atau senyawa yang berasal dari alam maupun hasil olahan tangan manusia yang komponen penyusunannya dapat berupa zat tunggal maupun hasil perpaduan dari beberapa zat atau senyawa.
Penggolongan bahan kimia berdasarkan sifatnya
1.    Bahan kimia beracun
Bahan kimia ini bisa menyebabkan kesehatan pengguna bahan kimia ini terganggu bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak digunakan sesuai prosedur dengan benar
2.    Bahan kimia korosif
Bahan kimia ini bisa menyebabkan kerusakan pada salah satu bagian tubuh 
penggunanya apabila berkontak langsung.
3.    Bahan kimia mudah terbakar
Bahan ini tidak boleh diletakkan secara sembarangan karena apabila bahan ini tersentuh dengan sumber api mengakibatkan kebakaran
4.    Bahan kimia peledak
suatu zat padat atau cair atau campuran keduanya yang karena suatu reaksi kimia dapat menghasilkan gas dalam jumlah dan tekanan yang besar serta suhu yang tinggi, sehingga menimbulkan kerusakan disekelilingnya.
5.    Bahan Kimia Oksidator
suatu bahan kimia yang mungkin tidak mudah terbakar, tetapi dapat menghasilkan oksigen yang dapat menyebabkan kebakaran bahan-bahan lainnya.

Penelitian dan laporan tentang bahayanya bahan kimia terhadap lingkungan dan kesehatan.

Sebuah penelitian terbaru, “Prospek Senyawa Kimia Global”, dari program PBB untuk lingkungan (UNEP) menemukan bahwa pengelolaan senyawa kimia secara aman dapat menyelamatkan nyawa jutaan orang dan meningkatkan perekonomian di banyak negara.
Laporan tersebut memperlihatkan situasi dunia dengan peningkatan volume bahan kimia. Aspek paling menakutkan dari skenario ini adalah bahwa sedikitnya yang diketahui mengenai kurang lebih 143.000 bahan kimia yang diproduksi saat ini.

UNEP menyatakan bahwa hanya sedikit dari bahan kimia ini yang telah dievaluasi untuk diketahui efeknya pada kesehatan manusia dan lingkungan. Bahan kimia telah menyusupi semua aspek kehidupan. Laporan tersebut mengatakan bahwa bahan kimia digunakan di sektor pertanian, elektronik dan pertambangan. Mereka dapat ditemukan dalam produk-produk seperti cat, bahan perekat, tekstil dan mainan untuk anak-anak.
Laporan tersebut menunjukkan bahwa tingkat kematian dan kecacatan akibat pemakaian produk berbahan kimia yang tidak aman adalah tinggi. Sebagai contoh, keracunan bahan kimia pertanian dan industri merupakan satu di antara lima sebab utama kematian di dunia, menyumbangkan lebih dari satu juta kematian setiap tahun.
Laporan UNEP memperlihatkan bahwa penjualan bahan kimia global diperkirakan meningkat menjadi sekitar 3 persen setahun sampai 2050. Menurut laporan ini, produksi dengan cepat beralih dari negara maju ke negara berkembang. Produksi bahan kimia tersebut diperkirakan naik 40 persen di Afrika dan Timur Tengah antara 2012 dan 2020, dan Amerika Latin diperkirakan naik 33 persen.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih dari 25 persen beban global dari penyakit terkait faktor-faktor lingkungan. Direktur departemen kesehatan masyarakat dan lingkungan di WHO, Maria Neira, mengatakan bahwa 4,9 juta kematian dari penyakit-penyakit ini disebabkan oleh paparan lingkungan atas bahan-bahan kimia tertentu.
“Kami memiliki data untuk membuktikan hal tersebut. Jumlah tinggi tersebut, 4.9 juta kematian, dapat dihindari jika kita memiliki pengelolaan yang lebih baik dalam mengurangi paparan terhadap bahan kimia,” ujar Neira.

Macam-macam Bahan Kimia Rumah Tangga
Bahan kimia rumah tangga bisa dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu;
1.    Pembersih
Pembersih berfungsi untuk membersihkan bebagai macam perabotan rumah tangga dari kotoran. Beberapa produk yang menggunakan bahan kimia sebagai pembersih. diantaranya;
  • Pembersih rambut
  • Pembersih badan
  • Pembersih baju
  • Pembersih piring
  • Pembersih mobil dan motor, serta
  • Pembersih lantai
2.    Pemutih
Bahan aktif pada pemutih adalah hipoklorit. Misal pada bahan pemutih bebentuk serbuk mengandung hipoklorit Ca(ClO2) yang dikenal dengan kaporit, sedangkan bahan pemutih berupa larutan mengandung natrium hipoklorit (NaClO).
3.    Pewangi
Produk pewangi berguna untuk mengharumkan ruangan atau tubuh. Produk pewangi dapat berbentuk cair seperti; pengharum ruangan, pengharum pakaian, dan pengharum tubuh. Produk-produk pewangi yang biasa dipakai di rumah tangga
4.    Pembasmi Serangga
Produk pembasmi serangga / insektisida biasa digunakan untuk membunuh dan membasmi serangga seperti; nyamuk, lalat dan kecoa. Sebagian besar produk pembasmi serangga yang beredar luas dimasyarakat adalah obat pembasmi nyamuk yang kita kenal dengan obat nyamuk.

Berikut beberapa dampak bahan kimia terhadap kesehatan serta lingkungan yang begitu luar biasa dampaknya apabila tidak dikelolah dengan baik
Dampak bahan kimia terhadap kesehatan
Dampak bahan kimia terhadap kesehatan itu sangat besar sekali apalagi jika kita tidak menggunakan secara teratur dan tidak dikelolah dengan benar, berikut adalah dampak bahan kimia terhadap kesehatan, yaitu :
A.   Menyebabkan iritasi
B.   Menyebabkan korosif
C.   Menyebabkan alergi
D.   Menyebabkan sulit bernafas
E.   Menimbulkan kanker
F.    Menyebabkan kerusakan/kelainan pada janin
Dampak bahan kimia terhadap lingkungan sangatlah besar sekali apalagi jika kita lihat dari penggunaan pestisida secara berlebihan untuk membasmi serangga pada tanaman membuat lingkungan sekitar menjadi tercemar terutama pencemaran udara yang sangat tinggi serta menimbulkan kerusakan pada struktur tanah sehingga banyak tanaman yang layu bahkan bisa mati.  


Daftar Pustaka
1. http://rumushitung.com/2017/01/30/macam-macam-bahan-kimia-rumah-tangga/
2. https://www.voaindonesia.com/a/bahaya-bahan-kimia-terhadap-kesehatan-lingkungan-meningkat/1502676.html  
3.https://juniardilettante.wordpress.com/2013/11/14/penggolongan-zat-kimia-berdasarkan-sifatnya/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.