.

Sabtu, 11 Februari 2017

Penyebab Pencemaran Air


Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang di ketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.
Pencemaran air ialah ialah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sedemikian rupa, sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada. Sebenarnya ekosistem perairan seperti lautan, danau, sungai dan yang lainnya memiliki kekmampuan alami untuk membersihkan berbagai polutan yang masuk.
Berikut ini penyebab pencemaran air :

-          Limbah cair (Air Limbah), adalah limbah yang wujudnya cair. Limbah ini biasanya terlarut dalam air, selalu berpindah-pindah, dan tidak pernah diam. Sumber-sumber limbah cair diantaranya limbah cair rumah tangga dan limbah cair industri. Air limbah rumah tangga adalah ari limbah yang bersumber dari rumah tangga yaitu air limbah yang berasal pemukiman penduduk. Pada umumnya air limbah ini terdiri dari ekskreta (tinja dan air seni), air bekas cucian dapur dan kamar mandi, dan umumnya terdiri dari bahan-bahan organik. Air buangan industri yang berasal dari berbagai jenis industri akibat proses produksi. Zat-zat yang terkandung didalamnya sangat bervariasi sesuai dengan bahan baku yang dipakai oleh masing-masing industi, antara lain nitrogen, sulfida, amoniak, lemak, garam-garam, zat pewarna, mineral, logam berat, zat pelarut, dan sebagainya. Oleh sebab itu, pengolahan jenis air limbah ini, agar tidak menimbulkan polusi lingkungan menjadi lebih rumit.
-          Limbah Kimia adalah limbah yang masuk dalam kategori sangat berbahaya karena kandungan racunnya yang melebihi batas maximal ketentuan. Limbah kimia jenis polychlorinated biphenyls (PCB) adalah satu dari beberapa jenis limbah kimia yang sangat beracun, Polychlorinated biphenyls (PCBs) adalah suatu senyawa suatu senyawa organoklorin yang mempunyai sifat racun yang sama dengan peptisida dan mempunyai sifat yang persisten atau sukar di pecah di alam. Suatu senyawa organoklorin. PCB memiliki 209 konfigurasi struktur organochloride (hidrokarbon terklorinasi) dengan 2 sampai 10 chlorine atoms menempel pada biphenyl (Molekul terbentuk dari 2 benzene ring). Formulasi kima dari PCB adalah C12H10-xClx. Hanya 130 dari 209 susunan PCB digunakan untuk produk komersial.
-          Limbah Radioaktif adalah jenis limbah yang mengandung atau terkontaminasi radionuklida pada konsentrasi atau aktivitas yang melebihi batas yang diijinkan (Clearance level) yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Definisi tersebut digunakan di dalam peraturan perundang-undangan. Pengertian limbah radioaktif yang lain mendefinisikan sebagai zat radioaktif yang sudah tidak dapat digunakan lagi, dan/atau bahan serta peralatan yang terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif dan sudah tidak dapat difungsikan/dimanfaatkan. Bahan atau peralatan tersebut terkena atau menjadi radioaktif kemungkinan karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion.
-          Limbah minyak adalah buangan yang berasal dari hasil eksplorasi produksi minyak, pemeliharaan fasilitas produksi, fasilitas penyimpanan, pemrosesan, dan tangki penyimpanan minyak pada kapal laut. Limbah minyak bersifat mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, dan bersifat korosif. Limbah minyak merupakan bahan berbahaya dan beracun (B3), karena sifatnya, konsentrasi maupun jumlahnya dapat mencemarkan dan membahayakan lingkungan hidup, serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya
-          Limbah Plastik, plastik merupakan salah satu sumber polutan yang berdampak pada tercemarnya air sungai maupun lautan. Masuknya plastik kedalam kategori yang menyebabkan pencemaran air adalah sulitnya tempat pembuangan karena produksi plastik dari hari ke hari semakin bertambah dan susahnya untuk larut secara alami.



Charateristic, Impact, and Removal of PCBs (Polychlorinated biphenyls)
https://catatannanto.wordpress.com/2013/05/30/charateristic-impact-and-removal-of-pcbs-polychlorinated-biphenyls/

Modul Kimia dan Pengethuan Lingkungan Industri.
@08-2015-KLPI 09 Standar P.word
Sumber Air Limbah
Limbah Minyak

Air
Limbah radioaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.