.

Sabtu, 18 Februari 2017

bahan bakar alternatif

1.    Etanol
Menurut Hedi Sasrawan, Etanol adalah jenis utama dari alkohol yang ditemukan di minuman beralkohol, yang dihasilkan oleh fermentasi gula oleh ragi. Ethanol biasa disebut alkohol atau spiritus dan disebut juga etil alkohol dan minuman beralkohol. Zat ini adalah obat psikoaktif neurotoksik dan merupakan salah satu jenis narkoba tertua yang digunakan oleh manusia. Keracunan alkohol dapat terjadi ketika mengonsumsinya secara berlebihan. Etanol juga digunakan sebagai pelarut, antiseptik, bahan bakar, dan cairan alternatif pengganti merkuri untuk mengisi termometer. Cairan ini mudah menguap, mudah terbakar, tidak berwarna, dan memiliki rumus struktur CH3CH2OH. Sering disingkat C2H5OH, C2H6O, atau EtOH.

2.    Description: etanolGas Alam
Pengertian, Komposisi, Manfaat Gas Alam - Apa itu gas alam? Apa komposisinya? dan apa manfaatnya? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan kita jawab melalui artikel ini. Gas alam adalah bahan bakar fosil berbentuk gas. Gas alam merupakan campuran hidrokarbon yang mempunyai daya kembang besar, daya tekan tinggi, berat jenis spesifik yang rendah dan secara alamiah terdapat dalam bentuk gas. Pada umumnya, gas alam terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi yang terdapat dalam kandungan minyak bumi (associated gas). Semua kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, di mana gas itu larut dalam minyak mentah dan seringkali membentuk “cungkup gas” (gas cap) di atas kandungan minyak bumi tersebut. Selain itu, gas alam juga dapat berkumpul pada tambang batu bara dan ladang gas bumi.

3.    Air Laut
Air laut juga dapat dijadikan sebagai biodesel seperti yang telah digunakan pada perindustrian. Air laut yang telah disuling dengan penyuling yang berukuran 0.1 mikron lalu akan mengeluarkan minyak yang berasal dari biota laut dan akan menjadi biodiesel. tetapi yang menjadi penghambat yaitu biaya yang tidak sedikit.

4.    Tenaga Surya
Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.


5.    Urine
Tim peneliti dari Universitas Bath di Inggris, baru-baru ini mengembangkan sel bahan bakar murah yang dibuat dari urin manusia. Mereka mengklaim, bahan bakar alternatif ini dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik, termasuk ponsel. Peneliti dari Departemen Teknik Kimia sekaligus penulis makalah ini, Dr Mirella Di Lorenzo mengatakan, kemampuan untuk memanfaatkan kekuatan kotoran manusia merupakan revolusi dalam bidang listrik.
Para peneliti mengatakan, satu sel mampu menghasilkan 2 watt per meter kubik listrik. Jumlah ini cukup untuk menyalakan sebuah ponsel dalam jumlah yang tidak ditentukan waktunya. Namun, output daya dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menumpuk beberapa sel bersama-sama.


Sumber Data;
Hedi Sasrawan http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/12/etanol-artikel-lengkap.html
http://www.pengertianahli.com/2015/03/pengertian-komposisi-manfaat-gas-alam.html
mutqin muiz, 05 Maret 2013 http://www.kompasiana.com/mutqin/10-bahan-bakar-alternatif-masa-depan_55286a8c6ea83467238b458c
http://www.panelsurya.com/
Dr Mirella 20 APRIL 2016https://m.tempo.co/read/news/2016/04/20/061764403/ilmuwan-bikin-bahan-bakar-alternatif-dari-urin-manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.