.

Rabu, 05 Oktober 2016

Ikatan Kovalen dan Senyawa Kovalen

Di Post Oleh : Raniyah Vanka Dira dan Siti Sarah Rizkiya

IKATAN KOVALEN
Ikatan kovalen merupakan salah satu ikatan kimia yang terjadi akibat penggunaan pasangan elektron bersama, dimana hanya bisa dilihat dengan struktur Lewis.

Ada beberapa atom yang sukar melepas atau menerima elektron karena memerlukan atau membebaskan energi yang besar untuk berlangsungnya proses tersebut. Untuk membentuk konfigurasi elektron gas mulia, atom-atom ini saling berikatan melalui pemakaian pasangan elektron bersama. Pemakaian pasangan elektron bersama terjadi pada atom-atom nonlogam. Ikatan antaratom nonlogam yang terjadi melalui pemakaian pasangan elektron bersama disebut ikatan kovalen.
MACAM MACAM IKATAN KOVALEN
1. Ikatan Kovalen Tunggal
Merupakan ikatan kovalen dengan jumlah pasangan elektron yang digunakan bersaam berjumlah satu pasang. Contohnya ikatan pada beberapa senyawa diatomik dari unsur golongan 7 seperti Cl2, Br2, dan F2. Berikut mekanisme pembentukan ikatan kovalen tunggal pada Cl2.



2. Ikatan Kovalen Rangkap Dua

Kalau kovalen tunggal jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama adalah sepasang (2 buah elektron), dalam ikatan kovalen rangkap dua ada dua pasang (4 buah) elektron yang digunakan bersama. Contohnya pada senyawa oksigen (O2)


 3. Ikatan Kovalen Rangkap Tiga
Kalau ditanya berpa jumlah pasangan elektron yang digunakan dalam ikatan kovalen rangkap 3 jawabannya adalah 3 pasang (6 buah elektron). Contohnya pada pembentukan senyawa diatomik dari N2.


PENYIMPANGAN KAIDAH OKTET

Kaida oktet sangat bermanfaat untuk meramalkan senyawa yang akan dibentuk leh unsur-unsur. Namun, ada pengecualian atas kaidah ini. Beberapa senyawa bersifat stabil meskipun tidak memenuhi kaidah oktet, misalnya BF3. Atom 5B memiliki konfigurasi elektron 5B: 2,3. Atom B ini memiliki tiga elektron valensi. Distribusi elektron valensi atom B dan pembentukan ikatan pada BF3 sebagai berikut. 
Elektron yang dilingkari pada atom B hanya berjumlah enam sehingga kurang dua elektron untuk memenuhi kaidah oktet. Jadi, senyawa BF3 tidak mengikuti kaidah oktet. Hal ini juga berlaku untuk senyawa Boron lainnya, seperti BH3 dan BCl3.
Bagaimana struktur Lewis PCl5? Konfigurasi elektron atom 15P: 2, 8, 5. Atom P memiliki elektron valensi lima. Oleh karena dalam senyawa PCl5 satu atom P mengikat lima atom Cl, elektron valensi pada atom P harus terdistribusi pada lima posisi. Setiap atom Cl menerima satu elektron dari atom P.
Pada atom P yang dilingkari terdapat sepuluh elektron (kelebihan dua elektron) untuk memenuhi kaidah oktet. Jadi, senyawa PCl5 juga tidak memenuhi kaidah oktet.
SENYAWA KOVALEN
Apa itu Senyawa kovalen?
Senyawa yang terbentuk dari dua atau lebih unsur non-logam, seperti karbon dan hidrogen, yang disebut senyawa kovalen. Dalam senyawa kovalen, atom dari unsur-unsur yang berbeda ada di dalam molekul oleh ikatan kovalen.
Ini adalah ikatan kimia dengan atom berbagi elektron valensi. Gaya tarik antara elektron bersama dan inti positif dari kedua atom memegang atom bersama-sama dalam molekul. Molekul adalah partikel terkecil dari suatu senyawa kovalen yang masih memiliki sifat-sifat senyawa.
Yang terbesar, molekul kovalen yang paling kompleks memiliki ribuan atom. Contoh termasuk protein dan karbohidrat, yang merupakan senyawa pada makhluk hidup. Yang terkecil, senyawa kovalen sederhana memiliki molekul dengan hanya dua atom. Contohnya adalah hidrogen klorida (HCl).

Penamaan dan Menulis Rumus untuk senyawa kovalen

1.      Pahami arti senyawa kovalen. 
Senyawa kovalen terbentuk dari dua unsur non logam atau lebih. Nam sneyawa didasarkan pada banyaknya atom yang ada. Awalan yang ditambahkan pada nama senyawa adalah istilah Latin untuk jumlah molekul.


2.  Pelajari awalannya. 
Ingatlah awalannya hingga 8 atom:
1 atom – “Mono-“
2 atom – “Di-“
3 atom – “Tri-“
4 atom – “Tetra-“
5 atom – “Penta-“
6 atom – “Heksa-“
7 atom – “Hepta-“
8 atom – “Okta-“


3. Berilah nama senyawa. 
Dengan menggunakan awalan yang benar, berilah nama senyawa yang baru. Kamu menambahkan awalan ke bagian senyawa manapun yang memiliki atom banyak.



Sifat Senyawa kovalen

Ikatan kovalen pada senyawa kovalen bertanggung jawab untuk banyak sifat senyawa. Karena elektron valensi dibagi dalam senyawa kovalen, bukan ditransfer antara atom seperti mereka dalam senyawa ionik, senyawa kovalen memiliki sifat yang sangat berbeda dari senyawa ionik.

  1. Banyak senyawa kovalen, terutama yang mengandung karbon dan hidrogen, mudah terbakar. Sebaliknya, banyak senyawa ion tidak membakar.
  2. Banyak senyawa kovalen tidak larut dalam air, sedangkan sebagian besar senyawa ionik larut dengan baik dalam air.
  3. Tidak seperti senyawa ionik, senyawa kovalen tidak memiliki elektron yag bebas bergerak, sehingga mereka tidak bisa menghantarkan listrik.
  4. Molekul-molekul individu senyawa kovalen lebih mudah dipisahkan dari ion dalam kristal, sehingga sebagian besar senyawa kovalen memiliki titik didih yang relatif rendah. Hal ini menjelaskan mengapa banyak dari mereka menjadi cairan atau gas pada suhu kamar.

Daftar Pustaka

1. Fungsi. 2016. Pengertian, contoh senyawa kovalen, sifat dan penamaan http://fungsi.web.id/2015/05/pengertian-contoh-senyawa-kovalen-sifat-dan-penamaan.html (diakses tgl 5 Oktober 2016)

2. Anonim. 2011. Pengertian dan Jenis-jenis Ikatan Kovalen.

3. Anonim. 2016 Cara Memberi Nama Senyawa Kimia. http://id.wikihow.com/Memberi-Nama-Senyawa-Kimia (diakses tgl 5 Oktober 2016)
4. Hasannudin. 2015. Ikatan Kovalen. http://kimiadasar.com/ikatan-kovalen/ (diakss tgl 5 Oktober 2016)
5. Anonim. 2013. Macam-macam Ikatan Kovalen. http://rumushitung.com/2013/09/04/ikatan-kovalen-sifat-senyawa-kovalen/ (diakses tgl 5 Oktober 2016) 

1 komentar:

  1. @A13-RIFKA

    POINT 3

    alhamdulillah ya sesuatu jd menambah wawasan saya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.