.

Sabtu, 30 Juli 2016

Peranan Obat sebagai Industri Kimia Dasar

Dikutip dari Kasifikasi berdasarkan SK Menteri Perindustrian No.19/M/I/1986 obat termasuk industri kimia dasar.
A.   Industri proses kimia adalah industri yang mengolah bahan baku / bahan mentah menjadi suatu hasil / produk dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Proses-proses kimia yang dilakukan dalam industri proses kimia adalah reaksi kimia dan peristiwa kimia fisik.Peristiwa kimia fisik antara lain :
1.     Pencampuran molekuler bahan-bahan dengan rumus dan struktur molekul yang berlainan.
2.     Pengubahan fase, antara lain : penguapan, pengembunan, pengkristalan
3.     Pemisahan campuran menjadi zat-zat penyusunnya yang lebih murni
B.   Proses Pembuatan Obat
Menurut PerMenKes 917/Menkes/Per/x/1993, obat (jadi) adalah sediaan atau paduan-paduan yang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki secara fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosa, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi.
Proses Industri pembuatan obat sendiri diatur oleh CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) yang mengatur segala aspek produksi pembuatan obat dari awal produksi hingga akhir produksi berjalanan memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Obat sendiri terdiri dari beberapa bentuk sediaan solid, semi solid, liquid, dry syrup, dan injeksi (BPOM, CPOB, 2012).
Sumber :  (milik pribadi)
Sumber :  (milik pribadi)

Yuk Kita Pahami bagaimana proses pembuatan obat J !
(Sumber : farmakalbe, 2015)

proses produksi itu sendiri (proses pencampuran, pencetakan), sampai dengan packing atau pembungkusan.Masing-masing jenis obat mempunyai jenis dan kataristik tersendiri dalam proses produksinya walaupun ada beberapa jenis obat yang mempunyai proses produksi yang hampir sama. Adanya karakteristik dan proses produksi yang berbeda-beda ini menyebabkan masing-masing perusahaan juga mempunyai perbedaan dalam proses produksinya. Ada perusahaan yang sangat sederhana dalam proses produksinya dalam arti proses produksi tidak memerlukan teknologi yang tinggi yaitu hanya melakukan proses pencampuran (mixing) saja. Namun, ada pula perusahaan yang membutuhkan teknologi tinggi dalam proses produksinya, misalnya untuk membuat obat tertentu dibutuhkan proses pencampuran dalam kondisi suhu dibawah 100 derajat C dalam ruangan hampa udara.Suatu bahan baku tertentu dapat digunakan untuk memproduksi beberapa macam obat-obatan melalui proses pencampuran dengan bahan pembantu yang berlainan. Misalnya ekstrak G tersebut dicampur dengan bahan baku A jadi obat AG, sedangkan ekstrak G tersebut apabila dicampur dengan bahan baku B akan menjadi obat BG.
Selain itu dalam bidang pengolahan bahan kimia (khususnya dalam bidang farmasi) terdapat karakteristik yang cukup unik. Misalnya suatu bahan baku W, satu bagiannya (salah satu kandungan dalam bahan baku W) dapat digunakan untuk memproduksi obat J dan pada bagian lainnya dapat digunakan untuk memproduksi obat K dimana proses produksi untuk obat J dan obat K tersebut dapat dilakukan secara bersamaan (atau hampir bersamaan).Dengan adanya karakteristik yang berbeda-beda, proses produksi yang cukup rumit, bahan baku yang dapat digunakan untuk memproduksi beberapa jenis obat/produk, serta semakin berkembangnya teknologi proses produksi; pemeriksa pajak harus memahami benar kegiatan produksi dari wajib pajak yang diperiksa.

C.   Bagaimana obat dapat diklasifikasikan sebagai Industri Kimia Dasar?
Obat merupakan zat yang berbahaya dan beracun jika penggunaan tidak sesuai sedangkan obat dapat juga menyembuhkan orang yang sakit. Industri kimia dasar merupakan industri yang mengolah bahan baku menjadi bahan setengah jadi ataupun barang jadi melalui proses kimia baik secara fisik maupun kimia dengan adanya perubahan. Obat sendiri seperti tablet berasal dari bahan baku berupa serbuk maupun larutan yang dicampur menjadi satu dan mengubah bentuknya setelah dikeringkan dan kemudian melalui proses pencetakan itu sendiri obat dapat berubah bentuk dari serbuk menjadi sebuah tablet. Dan mengubah zat kimia menjadi obat yang menyembuhkan.

D.   Peranan obat sebagai Industri Kimia Dasar
1.    Obat sebagai zat yang dapat menyembuhkan.
2.    Menambah variasi maupun lapangan pekerjaan
3.    Memperbesar kegunaan bahan mentah
MMind Mapping 


Daftar Pustaka
Koenan, dkk.1989.Kimia UntukUniversitas. Jakarta Erlangga.
Petruci, Ralp H dan Suminar. 1987. Kimia Dasar Prinsip dan Terapan Modern.
Jakarta : Erlangga.
Purwoko, Agus Abhr.2006. Kimia DasarJilid 1.Mataram: Mataram University Press.
Syukri, S. 1999. Kimia Dasar I. Bandung : ITB.

Syukri.1999. Kimia Dasar Jilid 2.Bandung: UI Press.
Dikutip dari kristina.wordpress.com, Industri Indonesia, 2012
Dikutip dari kesehatan .blogspot.co.id,Proses produksi, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.