.

Jumat, 29 Juli 2016

PERANAN KIMIA DALAM SETIAP BIDANG PEKERJAAN MANUSIA


PERANAN KIMIA 
DALAM SETIAP BIDANG PEKERJAAN MANUSIA


Mungkin ada yang bertanya, apa manfaatnya mempelajari ilmu kimia? Sudah barang tentu semua ilmu berguna dan perlu dipelajari. Manfaat yang segera kita dapat ketika mempelajari ilmu kimia adalah pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya. Manfaat yang lebih jauh dari belajar ilmu kimia adalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita. Dunia modem sekarang ini merupakan dunia di mana
seseorang menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia.

         Pikirkanlah tentang sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik, obat-obatan, pupuk, pestisida, baban bakar, cat, bumbu masak, dan berbagai jenis makanan olahan, semuanya merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia. Hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsung, mengalami sentuhan kimia.



         Bukan hanya bahan keperluan sehari-hari, ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk teknologi seperti pesawat televisi, mesin pendingin, dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerlukan komposisi dan sifat khusus yang dihasilkan oleh para ahli kimia. Sebagai contoh pikirkanlah industri mobil, mulai dari logam untuk kerangka dan mesinnya, cat, ban, plastik serta kaca untuk komponen lainnya, semuanya  memerlukan pengetahuan kimia. Di masa yang akan datang, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam semakin terbatas, peranan ilmu kimia akan semakin penting.

          Dalam berbagai bidang pekerjaan, peranan kimia sudah sangat penting untuk mempermudah melakanakannya. Peranan kimia dalam berbagai bidang pekerjaan manusia antara lain :

1. Di bidang pertanian
          Ambil contoh ketika tumbuhan membutuhkan air serta tanah yang subur. Namun dibidang pertanian modern, telah menggunakan pupuk dan pestisida. manfaat pupuk untuk tumbuhan ialah Merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun serat Meningkatkan mutu dan jumlah hasil yang baik. karena pupuk adalah senyawa kimia anarganik yang dijumpai di alam atau dibuat manusia yang memiliki nilai hara langsung atau tidak langsung bagi tanaman. Penggunaan pestisida dapat memusnahkan hama-hama, dan meningkatkan produksi tumbuhan dengan cepat. namun dapat membahayakan bagi kesehatan manusia.

2. Di bidang kedokteran 
         Di bidang ini banyak dijumpai manfaatnya, seperti obat-obatan yang membantu penyembuhan pasien, karena obat adalah hasil dari penelitian dibidang kimia farmasi.

3. Di bidang pangan
        Adanya komposisi pada makanan, yang bermanfaat bagi manusia. penggunaan mikroorganisme/bakteri pada makanan, contoh pembuatan kecap, tempe, dan yoghurt.

4. Di bidang industri/pabrik
        Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.

5. Di bidang Hukum
        Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
Manfaat terakhir dari kimia adalah masalah pembentukan sikap. Dalam mempelajari ilmu kimia, kita senantiasa berhadapan dengan masalah dan memecahkannya secara sistematis. Sering kali masalah dalam ilmu kimia tergolong rumit dan kompleks sehingga ada kesan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang sukar. Sebenarnya kerumitan itu akan menjadi suatu keuntungan jika disikapi dengan benar. Kita menjadi terbiasa menghadapi masalah, memecahkannya secara logis dan terencana. Kebiasan itu akan membantu kita dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari. Di atas segalanya itu, ilmu kimia akan menunjukkan kepada Anda betapa teratumya alam ini, baik alam makro maupun mikro. Kiranya semuanya itu akan menambah kekaguman kita kepada Sang Pencipta.







Referensi
http://brainly.co.id/tugas/373629
http://www.pelajaransekolahonline.com/2016/14/manfaat-peranan-ilmu-kimia-dalam-kehidupan-dan-iptek.html
http://www.bukusekolah.org/2016/02/peranan-ilmu-kimia-dalam-kehidupan.html
https://bertzzie.com/post/23/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi-sebuah-pengenalan
https://anikunindra.wordpress.com/2015/11/01/berkenalan-dengan-ilmu-kimia/


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.