.

Minggu, 31 Juli 2016

PENCEMARAN UDARA



PENCEMARAN UDARA
Pencemaran udara atau yang sering kita sebut dengan polusi udara memang sangat mengganggu aktivitas,beberapa tahun terakhir polusi udara menjadi masalah yang tak kunjung selesai.karna di setiap tahunnya tingkat polusi udara semakin meningkat.sebelum kita membahas lebih lanjut tenteng pencemaran udara,alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu apa itu udara serta zat-zat yang ada di dalamnya.
Udara adalah campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi dengan kata lain udara sebagai atmosver di sekaliling bumi.Udara sendiri terdiri dari 3 komponen,yaitu:udara kering,uap air,dan aerosol.kandungan udara kering meliputi 78% nitrogen,20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, 0,003% gas lain(neon,helium,metana,kripton,hidrogen,xenon,ozon,radon).Uap air berasal dari evaporasi(penguapan) air laut,sungai,danau,dan tempat berair lainnya.Aerosol adalah benda berukuran kecil seperti debu,garam,karbon,sulfat,nitrat,kalium,kalsium,serta partikel gunung berapi.
Pencemaran udara adalah masuknya suatu partikel/substansi fisik,kimia atau biologi ke dalam atmosver yang dapat membahayakan keselamatan mahluk hidup.Penyebab terjadinya pencemaran udara sendiri bisa karna faktor alam atau karna perbuatan manusia.Pencemaran udara ada dua,yaitu pencemar primer dan sekunder.Pencemar primer berasal langsung dari pencemaran udara,misalnya karbon monoksida yang langsung di timbulkan karna proses pembakaran.dan pencemar sekunder terbentuk karna reaksi pencemar-pencemar primer di atmosver.pembentukan ozon dalam smog fotokimia.
Penyebab terjadinya pencemaran udara sendiri ada dua,yaitu: secara alamiah dan perbuatan manusia.Pencemaran secara alamiah sendiri di sebabkan karna terjadinya kebakaran,gunung meletus,proses dekomposisi bahan organik,dll.Lalu untuk pencemaran karna perbuatan manusia misalnya:pembakar fosil,kegiatan industri,transportasi,dll.
Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara juga banyak dan bermacam-macam,yaitu:
1.     Dampak kesehatan
Udara yang tercemar dapat masuk melalui sistem pernafasan.adapun penyakit yang ditimbulkan dan umum kita jumpai adalah ISPA(infeksi saluran pernafasan atas).
2.     Dampak terhadap tanaman
Tanaman yang tumbuh di tempat dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi dapat dengan mudah terkena penyakit, seperti:klorosis,nekrosis,dan bintik hitam.
3.     Hujan asam
pH air hujan normalnya 5,6.Namun pada hujan asam hanya sekitar 3-4.Dengan demikian hujan asam banyak menimbulkan beberapa dampak,seperti:mengurangi kualitas air,bersifat korosi,merusak tanaman,melarutkan logam
4.     Efek rumah kaca
Efek rumah kaca sendiri disebabkan karena adanya CO2,CFC,metana,ozon,dan N2O di lapisan troposferyang menyerap panas matahari yang dipantulkan oleh bumi.akibatnya panas terperangkap dalam troposfer dan menyebabkan pemansan global.
5.     Kerusakan lapisan ozon
Lapisan ozon yang berada di statosfer merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari.

Percemaran udara karna kegiatan industri

Industri selalu dikaitkan dengan sumber pencemar karena induatri merupakan suatu kegiatan yang terlihat dengan jelas soal pelepasan senyawa kimia ke dalam lingkungan alam.seperti contoh:asap yang di timbulkan karna proses produksi yang langsung keluar melalui cerobong asap,proses membuang air limbah ke sungai,dll.
Maka dari itu,suatu industri harus lebih jeli lagi dalam mengolah proses pembuangan baik itu limbah maupun asap,atau bisa juga yang lainnya.Agar sisa proses produksi tidak merusak lingkungan.
Apalagi di era kemajuan ilmu teknologi perkembangan serta kemajuan peralatan untuk pengendalian pencemaran udara makin baik dan canggih.


Gambar: https://www.google.com/search?q=industri+minyak+bumi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjGg8b2zZzOAhUKRY8KHZNMAbEQ_AUICCgB&biw=1440&bih=763#imgrc=aA06Nmxra9NUgM%3A


Daftar pustaka:

https://id.wikipedia.org/wiki/Udara
 https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara
 www.ebiologi.com › Ekosistem
alfa hidayat,atep.kimia kontekstual(bagian 2).mercu buana.jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.