.

Minggu, 31 Juli 2016

Kegunaan Polimer Di Industri

Secara pengertian, polimer ialah rangkaian atom yang panjang dan berulang-ulang dan dihasilkan dari sambungan beberapa molekul lain yang di namakan monomer. Monomer-monomer ini imungin serupa, atau mungkin juga mempunyai satu atau lebih kumpulan kimia yang di ganti


Di dunia, polimer telah berubah dari produk murah untuk bahan pengganti produk alami hingga bisa menjadi menyediakan bahan berkualitas tinggi untuk berbagai macam aplikasi. Kemajuan lebih lanjut dan terobosan-terobosan seputar polimer terus berkembang dari tahun ke tahun. Beberapa bahan yang polimer yang akrab di sebut adalah plastik, serat, dan karet. (Polymer Science and Engineering : The Shifting Research Frontier, 1994)

  • Plastik


Kata "plastik" sering digunakan sebagai sinonim untuk "polimer " tapi arti dari "polimer” didasarkan pada ukuran molekul sementara "plastik" didefinisikan dalam hal deformabilitas. Plastik adalah bahan polimer yang dibentuk menjadi berbagai bentuk tiga dimensi, sering dengan pencetakan atau meleleh proses ekstrusi. mereka mempertahankan bentuk mereka ketika pasukan deformasi dihapus, tidak seperti beberapa polimer lain seperti elastomer, yang kembali ke bentuk aslinya. Plastik biasanya dikategorikan sebagai termoplastik atau termoset, tergantung pada perilaku pengolahan mereka.
Contoh penggunaan plastik di industri adalah kantung belanjaan yang setiap hari manusia gunakan untuk membawa barang-barang belanjaan.

  • Serat

adalah suatu jenis abahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh. Contoh serat yang paling sering dijumpai adalah serat pada kain. Material ini sangat penting dalam ilmu Biologi baik hewan maupun tumbuhan sebagai pengikat dalam tubuhu. Manusia menggunakan serat dalam banyak hal : untuk membuat tali, kain, atau kertas. Serat dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu serat alami dan serat sintetis (serat buatan manusia). Serat sintetis dapat di produksi secara murah dalam jumlah yang besar. Namun, serat alami memiliki berbagai kelebihan khususnya dalam hal kenyamanan.

Contoh penggunaan serat di industri adalah Fiber Optik. Fiber optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah dari sinal laser atau LED.

  • Karet

Karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Karet adalah polimer dari satuan isoprena (politerpena) yang tersusun.

contoh penggunaan karet di industr adalah ban. Ban adalah jenis karet yang sering di gunakan di dunia industi.
Sebagian besar ban yang ada sekarang, terutama yang digunakan untuk kendaraan bermoto, diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja.











Referensi :
  • Anonihttp://www.nap.edu/read/2307/chapter/5
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Karet
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Polimer
  • http://siandroid.blogspot.co.id/2015/08/apa-itu-baterai-li-po-dan-apa.html

Mind Map




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.