.

Jumat, 29 Juli 2016

Apa Itu Energi Terbarukan ?

Apa itu energi terbarukan ?
Energi terbarukan merupakan sub cabang dari pembelajaran Kimia Kontekstual. Kimia kontekstual atau bisa juga di sebut Kimia Kekinian, karena pembahasannya mengenai topik yang sedang hangat di perbincangkan atau dengan kata lain sedang menjadi trending topic.

Apa yang di maksud energi terbarukan ? sebelum nya mari simak pengertian video berikut

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber yang tidak dapat di kuras habis, dan dapat digunakan secara berulang-ulang. Beberapa sumber energi terbarukan yang paling sering di gunakan adalah :

  • Tenaga matahari

Memanfaat kan sinar matahari untuk energi. Contohnya, lampu penerangan jalan tenaga cahaya matahari yang di isi saat siang hari dan digunakan pada saat malam hari.
  • Udara

Memanfaatkan gerak angin untuk menghasilkan listrik. Contohnya, turbin angin yang di pasang di padang rumput untuk di manfaatkan kekuatan angin sehingga membuat baling-baling berputar dan menghasilkan energy unutk membuat listrik.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Memanfaatkan gerak air untuk menghasilkan tenaga.
  • BioMassa

Memanfaatkan bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat di gunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Contohnya, Biogas kotoran manusia, material tanaman, pupuk kandang, dll
  • Pasang-Surut Air laut

Memanfaatkan Naik-Turun / Pasang-Surut air laut untuk menghasilkan listrik. Contohnya, saat air pasang, air akan di simpan di bendungan, dan ketika air surut, air akan di salurkan melalui pipa untuk menggerakan turbin
  • Panas Bumi

Memanfaatkan panas dari dalam bumi untuk menghasilkan energy. Contohnya, pembangkit listrik menggunakan air panas dari tanah untuk memanskan cairan lain, seperti Isobutene, yang di panaskan pada temperatur rendah yang lebih rendah dari air. Ketika cairan ini menguap dan mengembang, maka cairan ini akan menggerakan turbin generator

Energi Nuklir tidak termasuk energi terbarukan tetapi termasuk sumber energi alternatif.

Energi terbarukan menyumbang sedikit pasokan energi dari catatan dunia, energi terbarukan juga pasokan energi tercepat yang tumbuh di dunia. Energi terbarukan merupakan energi yang paling banyak di cari, karena merupakan sumber energi bersih, karena energi ini tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca ataupun polusi udara. Walaupun Energi terbarukan merupakan energi yang baik bagi lingkungan, energi ini mempunyai tantangan seperti :
·         Efisiensi yang rendah
·         Membutuhkan modal yang tinggi
·         Bahan & alat yang di butuhkan

Referensi :
  • anonim http://www.amazine.co/27020/apa-itu-energi-biomassa-definisi-dan-4-contohnya/
  • anonim http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/geothermal/
  • anonim https://www.studentenergy.org/topics/renewable-energy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.