.

Selasa, 12 Desember 2023

KIMIA NUKLIR RADIOAKTIVITAS

 

KIMIA NUKLIR DAN DEFINISI RADIOAKTIVITAS SERTA JENIS PELURUHAN PADA RADIOAKTIVITAS

Oleh : ADHITIYA PUTRA WARDHANA

(@Z01-ADHITIYA)



Abstrak

            Kimia nuklir atau kimia inti adalah cabang ilmu Kimia yang mempelajari radioaktivitas, proses nuklir, dan sifat nuklir. Kimia nuklir juga mencakup studi tentang produksi dan penggunaan sumber radioaktif untuk berbagai proses. Termasuk di antaranya adalah radioterapi dalam aplikasi medis, penggunaan pelacak radioaktif dalam industri, sains dan lingkungan dan penggunaan radiasi untuk memodifikasi bahan seperti polimer.

           

Pendahuluan

            Radioaktifitas mula-mula ditemukan oleh Beequerel tahun 1896.Pada tahun 1898 Pierre Currier dan Marie telah menemukan bahwa Polonium danRadium juga memancarkan radiasi yang radioaktif. Radiasi radioaktif memiliki partikel sinar alpha atau partikel α, sinar beta atau pertikel β dan sinar gammaatau partikel γ. Partikel alpha adalah partikel Helium yang terionisasi rangkap yaitu atom-atom helium tanpa tanpa kedua elektron jadi partikel bermuatan duakali muatan atom Hidrogen. Partikel-partikel yang dipancarkan dari suatu intiatom yang radioaktif dengan suatu onti atom yang radioaktif dengan suatukerapatan bervariasi dari 0,1 sampai 0,01 kecepatan cahaya sedangkan partikel beta lebih cepat dari partikel alpha. Radioaktif terdiri dari beberapa bagian,yaitu :

·       Radioaktif alam yang ditunjukan oleh elektron yang ditemukan di alam.

 

·       Radioaktif buatan yang ditunjukan oleh teknik modern transmutasi buatandari elemen-elemen yang lebih ringan dari elemen alam

 

 

Rumusan Masalah

1. Jelaskan definisi radioaktivitas!

2. Jelaskan tipe peluruhan radioaktif!

 

Tujuan

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kimia nuklir radioaktif dan tipe peluruhan pada radioaktif.

 

Pembahasan

1. Definisi Radioaktivitas

            Radioaktivitas adalah sifat radioaktif yang mempunyai unsur-unsur memancarkan sinar alfa atau beta dan terkadang sinar gamma dengan menghancurkan inti atom secara spontan. Radioaktivitas mempunyai kemampuan inti atom yang tak-stabil untuk memancarkan radiasi dan berubah menjadi inti stabil. Proses perubahan ini disebut peluruhan dan inti atom yang tak-stabil disebut radionuklida. Materi yang mengandung radionuklida disebut zat radioaktif.

2. Tipe Peluruhan Radioaktif

            peluruhan radioaktif yaitu peristiwa terurainya beberapa inti atom tertentu secara spontan yang diikuti dengan pancaran partikel alfa (intihelium), partikel beta (elektron), atau radiasi gamma (gelombang elektromagnetikgelombang pendek). Berikut merupakan jenis – jenis peluruhan radioaktif :

·       Peluruhan Radioaktif Alfa

Partikel alfa adalah inti helium. He Setiap kali nukleus melewati peluruhan alfa, ia berubah menjadi nukleus yang berbeda dengan memancarkan partikel alfa.

 

·       Peluruhan Radioaktif Beta

Peluruhan beta adalah ketika nukleus meluruh secara spontan dengan memancarkan elektron atau positron. Ini juga merupakan proses spontan, seperti peluruhan alfa, dengan energi disintegrasi yang pasti dan waktu paruh. Dan, itu mengikuti hukum radioaktif. Peluruhan Beta dapat berupa minus beta atau peluruhan beta plus.

 

·       Peluruhan Radioaktif Gamma

Kita tahu bahwa atom memiliki tingkat energi. Demikian pula, inti juga memiliki tingkat energi. Ketika inti dalam keadaan tereksitasi, ia dapat bertransisi ke keadaan energi lebih rendah dengan memancarkan radiasi elektromagnetik. Selanjutnya, perbedaan antara keadaan energi dalam nukleus adalah di MeV. Oleh karena itu, foton yang dipancarkan oleh inti memiliki energi MeV dan disebut sinar Gamma. Setelah emisi alfa atau beta, kebanyakan radionuklida meninggalkan inti anak dalam keadaan tereksitasi. Inti anak ini mencapai kondisi dasar dengan memancarkan satu atau beberapa sinar gamma.

 


·       Peluruhan Neutron

Emisi neutron adalah proses peluruhan dimana satu atau lebih neutron dikeluarkan dari inti. Hal ini dapat terjadi pada inti yang kaya neutron/miskin proton. Karena hanya satu atau lebih neutron yang hilang, atom tidak bertransmutasi menjadi unsur lain tetapi menjadi isotop berbeda dari unsur aslinya.

Neutron adalah partikel subatom yang merupakan salah satu bahan penyusun dasar inti  atom . Mereka netral, tidak bermuatan listrik dan memiliki massa yang mirip dengan massa gabungan satu proton ditambah satu elektron. Neutron yang terisolasi tidak stabil dan meluruh dengan memancarkan elektron dan menjadi proton dengan waktu paruh 10,5 menit. Jika hal ini terjadi ketika neutron masih menjadi bagian dari atom maka hal ini disebut peluruhan beta .

 

Kesimpulan

            Berdasarkan uraian artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Kimia Nuklir dan Radioaktivitas merupakan dua konsep yang erat kaitannya dan memiliki dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Radioaktivitas merujuk pada sifat inti atom yang mengalami peluruhan spontan, melepaskan energi dalam bentuk radiasi. Jenis radiasi yang umum adalah alfa, beta, dan gamma. Radioaktivitas digunakan dalam bidang medis untuk pengobatan kanker (terapi radiasi) dan diagnostik (penggunaan tracer radioaktif untuk pencitraan medis).

 

Daftar Pustaka

admin. (2009). Radioaktif. Retrieved from ukinstitute.org: https://ukinstitute.org/radioaktif/ (Diakses pada 12 Desember 2023)

arpansa. (2020). Other types of radioactive decay. Retrieved from www-arpansa-gov-au.translate.goog: https://www-arpansa-gov-au.translate.goog/understanding-radiation/what-is-radiation/ionising-radiation/radiation-decay?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc (Diakses pada 12 Desember 2023)

Fayanto, S. (2016). PELURUHAN ZAT RADIOAKTIF. Retrieved from www.academia.edu: https://www.academia.edu/30629074/PELURUHAN_ZAT_RADIOAKTIF (Diakses pada 12 Desember 2023)

STEKOM. (2018). Kimia nuklir. Retrieved from p2k.stekom.ac.id: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kimia_nuklir (Diakses pada 12 Desember 2023)

Suyud. (2019). Radioaktivitas Adalah: Pengertian, Arti dan Definisinya. Retrieved from www.depkes.org: https://www.depkes.org/blog/radioaktivitas/ (Diakses pada 12 Desember 2023)

usaha321.net. (2013). 3 Jenis Peluruhan Radioaktif (alfa, gamma, beta). Retrieved from blog.usaha321.net: https://blog.usaha321.net/peluruhan-radioaktif.html (Diakses pada 12 Desember 2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.