.

Selasa, 03 Maret 2020

Produk Industri Kimia





 Perkembangan di dunia industri bervariasi dengan bahan kimia dasar yang dibuat dalam jumlah besar dan beberapa bahan kimia khusus yang dibuat dalam jumlah kecil. Pemilihan reaktor biasanya  oleh jumlah bahan kimia yang akan dibuat.
 Ada beberapa kategorisasi untuk jenis produk dari industri kimia. Sesederhana itu dapat dibagi menjadi tiga kategori:

1.Bahan kimia dasar
2.Bahan kimia khusus

3.Bahan kimia konsumen

Bahan kimia dasar

Bahan kimia dasar dibagi menjadi bahan kimia yang berasal dari minyak, disebut sebagai petrokimia, polimer dan dasar anorganik.
Sebagian besar bahan kimia dasar digunakan dalam industri itu sendiri dan juga dijual ke industri yang berbeda sebelum berubah menjadi produk akhir oleh produsen. Seperti asam asetat dijual kepada produsen cat dan Banyak perusahaan menggunakan sejumlah produk kimianya sebagai intermedia dalam proses produksi mereka sendiri. Biasanya ada kelompok proses yang menggunakan output dari suatu proses sebagai masukan ke yang lain.

Petrokimia dan polimer

Sejumlah besar bahan kimia telah dihasilkan dari minyak bumi dengan perubahan teknologi meningkat. Penggunaan utama untuk petrokimia adalah dalam pembuatan dari berbagai polimer. Hidrokarbon dalam minyak mentah dan gas dipisahkan dengan menggunakan destilasi berdasarkan perbedaan mereka dalam titik 
didih. Hidrokarbon ini kemudian dikonversi ke produk yang lebih berguna dalam industri kimia.

Inorganik dasar
Ini adalah biaya relatif rendah bahan kimia yang digunakan dalam pertanian. Ini diproduksi dalam jumlah yang sangat besar seperti lebih dari juta ton per tahun yang mencakup pupuk yang mengandung klorin, natrium hidroksida, asam sulfat dan nitrat.

Bahan kimia khusus
 Kategori ini terdiri dari berbagai macam bahan kimia yang digunakan untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, pewarna.  Ini termasuk berbagai macam bahan kimia yang digunakan dalam industri seperti tekstil, kertas dan rekayasa.  Kelas ini adalah yang rute keuntungan utama dari setiap industri kimia.

Bahan kimia konsumen
Kelas ini bahan kimia yang termasuk dalam bahan kimia konsumen adalah satu langsung ke pengguna akhir-publik.  Mereka termasuk deterjen, sabun dan perlengkapan mandi lainnya. Banyak penelitian dan temuan yang terjadi dalam produksi yang paling user ramah dan efektif dan lingkungan produk yang aman.

                                      Kesimpulan

Ada banyak berbahan dasar kimia yang bermanfaat bagi kehidupan 
terutama di dunia industri,ini merupakan kemajuan teknologi dimana segala sesuatu bisa dibuat sesuai kebutuhan.Produk industri kimia salah satunya yang sampai saat ini banyak sekali dari produk tersebut telah digunakan oleh manusia sehingga manfaatnya sangat dirasakan sekali sampai saat ini.

Daftar pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.