.

Sabtu, 29 Februari 2020

Teknologi Hijau


Q02-Asep

Kata kunci : teknologi hijau

Soemarno (2011) Teknologi hijau adalah aplikasi sains alam sekitar untuk memelihara sumber daya alam serta mengelola dampak negatif akibat aktivitas manusia.
Teknologi hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan. Apabila kita menggunakan teknologi hijau, kita menggunakan sumber daya seperti energi, air, dan sebagainya secara minimum untuk menghasilkan sesuatu produk.

Hanif, Muhammad (2014) Pengembangan kimia hijau adalah penggunaan fluida superkritis sebagai pelarut hijau. Sebagai sebuah teknologi hijau, ekstraksi fluida superkritis (EFS) memiliki potensi untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan ekstraksi pelarut organik, khususnya kecepatan dan penggunaan volume pelarut yang rendah.

Hamdani, Asrining putri dkk (2015) Teknologi Hijau adalah Teknologi yang mempertimbangkan penghematan dalam penggunaan sumberdaya alam dan menjaga keberlangsungan ketersediaannya serta meminimalisasi dampak negatif bahkan berusaha meningkatkan kualitas hidup manusia, oleh sebab itu rancangan arsitektur yang memenuhi kriteria pertimbangan tersebut disebut “Arsitektur berTeknologi Hijau”.

Kemudian menurut Ghilad (2016) , bahwa teknologi ramah lingkungan adalah sebuah metode atau sistem untuk mencapai tujuan tertentu yang mana dalam pelaksanaannya mengacu pada wawasan lingkungan dan atau memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan di sekitarnya. Dalam konteks ini telah banyak beredar meliputi beberapa aspek dalam kehidupan manusia, termasuk dalam sektor elektronik konsumen. Dan untuk bisa mendapatkan teknologi ini dibutuhkan biaya cukup mahal bila dibandingkan membeli peralatan dengan teknologi konvensional. Kondisi tersebut tentu menjadi tantangan bagi kita utamanya para pengembang untuk menciptakan teknologi hijau yang ramah akan lingkungan namun juga terjangkau harganya (murah).
Menurut (Menperin) Hidayat  (2011), bahwa teknologi hijau adalah teknik yang menghasilkan energi dan atau produk yang tidak mencemari lingkungan hidup. Ditegaskan juga bahwa lingkup Teknologi Hijau mencakup bidang-bidang seperti energi terbarukan (renewable energy), bangunan hijau/ramah lingkungan (green building), kimia hijau (green chemistry), dan teknologi nano hijau (green nanotechnology). Bangunan hijau (green building) mendapat perhatian penting di bidang teknologi hijau

Daftar Pustaka
·        
           Hidayat, A.A dan M. Kholil. 2018. KIMIA DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN INDUSTRI. Jakarta, september 2018.
·         Ghilad. 2016. Pengertian Teknologi Ramah Lingkungan Beserta contohnya. Dalam https://satujam.com/teknologi-ramah-lingkungan/. (Di akses 18 Desember 2018).
Hanif, Muhammad. 2014. Aplikasi Teknologi Hijau, Vol 15, No.1, Januari 2014. http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JTL/article/view/1457/1249. (diakses pada 18 Desember 2018
Hamdani, Asriningputri dkk. 2015. Teknologi Hijau Warisan Nenek Moyang Ditanah Parahyangan. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. http://journal.uii.ac.id/JSTL/article/view/3507/3100. (diakses pada 18 Desember 2018)


1 komentar:

  1. @Q01 - WAWAN

    Apakah contoh teknologi hijau di kehidupan kita?
    Artikel bermanfaat terimakasih.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.