.

Jumat, 07 Februari 2020

Kimia Pangan

Oleh : Asep Supriyadi (@Q02-Asep)

ABSTRAK
Karbohidrat merupakan kandungan kimia yang umum terdapat pada bahan makanan dan merupakan sumber kalori yang paling utama. Karbohidrat digolongkan ke dalam beberapa jenis berdasarkan aspek-aspek tertentu. Untuk membedakan antara satu jenis karbohidrat dengan karbohidrat yang lainnya dapat dilakukan dengan beberapa pengujian .
dan ada beberapa tipe karbohidrat diantaranya Karbohidrat dapat dicerna dan karbohidrat tidak dapat dicerna dengan adanya data diatas sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan .
 Kata kunci: karbohidrat, dan jenis Pengelompokan.
Pendahuluan
Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi hamper seluruh penduduk dunia, khususnya bagi penduduk negara yang sedang berkembang. Walaupun jumlah kalori yang dapat dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat hanya 4 kalori (kkal) bila dibanding protein dan lemak,karbohidrat merupakan sumber kalori yang murah. Selain itu beberapa golongan karbohidrat menghasilkan serat-serat
             Karbohidrat juga mempunyai peranan penting dalam menentukan karakteristik bahan makanan,misalnya rasa, warna, tekstur dan lain-lain. Sedangkan dalam tubuh,karbohidrat berguna untuk mencegah timbulnya ketosis, pemecahan protein tubuh yang berlebihan,kehilangan mineral, dan berguna untuk membantu metabolisme lemak dan protein.
Jenis-jenis Karbohidrat
Secara alami, ada tiga jenis karbohidrat yang terpenting yaitu monosakarida, oligosakarida dan polisakarida. Polisakarida merupakan kelompok karbohidrat yang paling banyak terdapat di alam. Polisakarida merupakan senyawa makromolekul yang terbentuk dari banyak sekali satuan (unit) monosakarida. Jumlah polisakarida ini terdapat jauh lebih banyak daripada oligo maupun monoakrida.
Karbohidrat dalam Bahan Makanan
 Karbohidrat banyak terdapat pada bahan nabati, baik berupa gula sederhana, heksosa, pentosa, maupun karbohidrat dengan berat molekul yang tinggi seperti pati, pektin,selulosa, dan lignin. Selulosa dan lignin berperan sebagai penyusun dinding sel tanaman. Pada umumnya buah-buahan mengandung monosakarida seperti glukosa dan fruktosa. Disakarida seperti gula tebu(sukrosa atau sakakrosa) banyak terkandung dalam batang tebu; di dalam air susu terdapat laktosa atau gula susu. Beberapa oligosakarida seperti dekstrin terdapat dalam sirup pati, banyak terdapat dalam umbi-umbian;  pektin banyak terdapat dalam buah-buahan.Selama proses pematangan,kandungan pati dalam buah-buahan berubah menjadi gula-gula pereduksi yang akan menimbulkan rasa manis.
Sifat- sifat Karbohidrat
 Monosakarida dan disakarida memiliki rasa manis; oleh sebab itu golongan ini disebut gula. Glukosa(gula anggur) dan fruktosa (gula buah) adalah contoh monosakarida yang banyak dijumpai di alam.Sukrosa ( gula tebu, gula bit) dan laktosa (gula susu) adalah kelompok disakarida yang juga manis. Rasa manis dari gula-gula ini disebabkan oleh gugus hidroksilnya.
Kesimpulan
Karbohidrat dapat dibedakan berdasarkan  fungsi yang terdapat pada senyawa karbohidrat itu sendiri. Selain itu karbohidrat pun dapat dibedakan berdasarkan jumlah sakaridanya. Untuk mengidentifikasikan jenis karbohidrat, dapat dibedakan menjadi dua kelompok karbohidrat dapat dicerna dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna.
Saran
Dalam pemenuhan harian karbohidrat sebaiknya disesuaikan dengan porsi dan kebutuhan kalori tubuh seseorang yang nama ada perbedaan antara kebutuhan kalori pria /wanita dewasa dan anak –anak sehingga terhindar dari berbagai penyakit terutama terutama kegemukan (obesitas).

Daftar pustaka
Winarno, F.G.. (2004).
 Kimia Pangan dan Gizi
. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Almatsier, Sunita. (2001).
 Prinsip Dasar Ilmu Gizi
. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.Haryono, Bambang, dkk. (1996).
 Analisa Bahan Makanan dan Pertanian
. Yogyakarta:Liberty Yogyakarta.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.