.

Kamis, 12 September 2019

MINYAK BUMI



ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

 ABSTRAK
Minyak bumi merupakan sumber energi dengan konsumsi terbesar di dunia jika dibandingkan dengan energi lainnya. Dilihat dari kegunaanya, sekitar 77% menggunakan minyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di antaranya sebagai bahan bakar kendaraan, bahan bakar pembangkit listrik, dan lain-lain. Produksi minyak bumi di Indonesia mengalami penurunan dikarenakan sumur minyak bumi yang ada di Indonesia telah berumur tua dan kilang minyak yang tidak memadai. Sedangkan konsumsi minyak bumi di Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan minyak bumi di Indonesia, maka diperlukan pengembangan energi terbarukan salah satu cara dengan menambahkan zat lain ke dalam minyak solar untuk mengurangi konsumsi minyak solar.  

Kata kunci: Minyak bumi

I. PENDAHULUAN

Minyak bumi atau petroleum - bahan bakar fosil yang merupakan bahan baku untuk bahan bakar minyak, bensin dan banyak produk-produk kimia - merupakan sumber energi yang penting karena minyak memiliki persentase yang signifikan dalam memenuhi konsumsi energi dunia. Citra yang sangat negatif dari minyak adalah - mirip dengan pembakaran batubara - pemakaian bahan bakar minyak adalah kontributor terbesar untuk peningkatan CO2 di atmosfir bumi. Tumpahan-tumpahan minyak dari kapal-kapal tanker juga telah menyebabkan kerusakan berat pada lingkungan hidup bumi.

    II.            PERMASALAHAN

Penggunaan minyak bumi mengalami peningkatan dari hari kehari seiring dengan kemajuan peradaban manusia modern, terutama yang digunkan untuk kendaraan bermotor, sedangkan sumur-sumur minyak baru tidak banyak ditemukan, kejadian ini menghawatirkan terjadinya penurunan cadangan minyak bumi tersebut apabilah exploitasi terus dilaksanakan, oleh sebab itu perlu pemikiran cara-cara untuk lebih memperpanjang cadangan minyak bumi bagi kelangsungan hidup manusia.

   III.           PEMBAHASAN


a.       Pengertian
Minyak bumi adalah campuran kompleks hidrokarbon yang terjadi di bumi dalam bentuk cair, gas, atau padat. Minyak bumi juga disebut dengan minyak mentah, tetapi, sebagai istilah teknis, minyak bumi juga mencakup gas alam dan bentuk kental atau padat yang dikenal sebagai bitumen, yang ditemukan di pasir tar. Fase cair dan gas dari minyak bumi merupakan yang paling penting dari bahan bakar fosil primer.
b.       Istilah
Minyak bumi sendiri  adalah istilah luas yang mengelompokkan kombinasi cairan dan gas organik yang terbentuk setelah kerogen dipanaskan dan dikompresi dalam jangka waktu yang lama. Campuran ini bisa sangat kompleks, tetapi komponen gas utama dari minyak bumi adalah gas alam yang sebagian besar metana – sedangkan komponen cairan utama adalah minyak mentah .Minyak mentah itu sendiri adalah campuran hidrokarbon dan minyak bumi yang kompleks, sehingga komposisi minyak bumi yang tepat tidak pernah sama. Bahan bakar sekunder seperti bensin , minyak tanah , minyak pemanas , dan bahan bakar diesel semuanya termasuk dalam definisi “minyak bumi”.
c.        Manfaat minyak bumi
·         Sumber Gas Cair
Produk yang sering kita gunakan untuk kebutuhan dapur adalah seperti gas. Gas cair atau yang lebih sering kita kenal dengan nama LPG juga didapatkan dari hasil pengolahan minyak bumi
·         Industri Kimia                                                                                                            
 Senyawa yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi ternyata juga sangat berperan untuk memproduksi beberapa produk kimia..                                           
·         Produksi Bahan Serat                                                                                                
        Berbagai jenis bahan serat seperti rayon, polyester, nilon dan bahan tekstil sintetis ternyata juga memakai komponen dari minyak bumi.
 

   IV.        KESIMPULAN

Sebagai upaya untuk memperpanjang minyak bumi dapat kita lakukan dengan cara  Mengurangi konsumsi BBM yang berasal dari minyak bumi  Penghematan pemakaian energi Menggunakan energi alternatif Mengembangkan teknologi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan energi lokal Memelihara sumur-sumur tua yang telah diskploitasi agar tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan diharapkan dapat di ekspoitasi kembali pada masa akan yang akan datang.



Daftar pusaka
Riswiwayanto, 2009, Kimia Organik, Depatemen Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia,
Bevan, David, CIE As and A-level Chermistry revision guide, Hodder Education, London UK, 2011
Wiratraman, R. H. P. (2008), Good Governance dan Mitos Ketatanegaraan Neo-Liberal, Jurnal Bersatu, Jakarta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.