.

Minggu, 08 September 2019

Kemutakhiran Kimia


Oleh : Satria Hotma Hizkia @N19-SATRIA        
  
Abstrak
            Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi, kimia pun ikut mengalami perkembangan di bidangnya. Bioteknologi adalah salah satu bidang yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dan sebagainya, maupun produk dari makhluk hidup tersebut.
Bioteknologi memiliki peranan dalam beberapa sektor yakni kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Pekembangan Bioteknologi di sektor kesehatan mendukung pula perkembangan terapi gen sebagai salah satu alternatif solusi masalah kesehatan. Begitu juga di sektor pertanian dan lingkungan, bioteknologi dapat jadi alternatif solusi dalam bidang tersebut.

Kata kunci : Kemutakhiran Kimia, Bioteknologi, Terapi Gen, Tanaman GM.


1.     Pendahuluan
            Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi, kimia pun ikut mengalami perkembangan di bidangnya. Misalnya dalam bidang bioteknologi yang selalu diperbaharui implementasinya melalui riset-riset yang dilakukan oleh para peneliti.
            Bioteknologi mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dan sebagainya, maupun produk dari makhluk hidup tersebut (enzim dan sebagainya) dalam proses produksi untuk menghasilkan produk tertentu, sehingga bioteknologi menggunakan penerapan ilmu tentang makhluk hidup dan teknologi yang melibatkan proses biologi untuk menghasilkan produk yang bermanfaat.

2.      Permasalahan
2.1     Apa peran bioteknologi dalam sektor kesehatan ?
2.2     Apa peran bioteknologi dalam sektor pertanian ?
2.3     Apa peran bioteknologi dalam sektor lingkungan ?


3.      Pembahasan
Peran bioteknologi dalam beberapa sektor :

3.1     Kesehatan
Salah satu perkembangan bioteknologi di bidang kesehatan adalah terapi gen. Terapi gen dapat digunakan untuk mengbati penyakit, baik yang bersifat genetis maupun yang bukan. Adanya terapi gen memberikan pilihan lain bagi penderita penyakit tertentu untuk memilih metode pengobatan.

3.2     Pertanian
     Tanaman rekayasa genetika seperti jagung, kacang kedelai dan kapas yang tahan cekaman hama atau efek sampingnya, telah dikembangkan dengan menggunakan bioteknologi dan berkembang di banyak negara maju dan negara berkembang. Tanaman GM (Genetically Modified) memerlukan penggunaan bahan kimia lebih sedikit, namun memiliki hasil yang lebih baik. Dengan demikian, bioteknologi sangat diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ketersediaan pangan.
    
3.3     Lingkungan
   Bioteknologi dapat berperan dalam mencegah kerusakan lingkungan, yaitu dengan menggunakan mikroorganisme hasil rekayasa genetik organisme hidup atau bagian bagian yang mampu mendekomposisi senyawa toksik dalam air, udara, tanah, buangan padat, dan buangan industri. Ada beberapa cara dalam pengolahan limbah khususnya jenis B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), salah satunya adalah dengan netralisasi. Proses netralisasi dengan bahan kimia dilakukan dengan menambahkan bahan yang bersifat asam kuat atau basa kuat.

4.      Kesimpulan
            Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, dapat diketahui bahwa kimia saat ini turut berkembang dan berperan seiring dengan berkembangnya zaman. Peranan kimia dalam bidang bioteknologi sudah merambah ke beberapa sektor kehidupan, misalnya sektor kesehatan, pertanian dan lingkungan.

Referensi
Hidayat, Atep Afia., Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri.      Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi. 

Ika, Dwi. 2013. Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Indonesia. Tekonologi-Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.Com/Kjhgfdsa/551b91e58133110a0a9de774/Pengelolaan-Limbah-Bahan-Berbahaya-Dan-Beracun-B3-Di-Indonesia

Pabendon, Marcia Bunga. 2013. Peran Penelitian Bioteknologi Menunjang Pertanian         Bioindustri. Seminar Nasional Serealia. 

Rahadjanto, Abdulkadir. 2011. Peranan Bioteknologi dalam Restorasi Lingkungan. Vol 14.          No.1, Januari-Juni.

Wahyono, Poncojari. 2001. Bioteknologi, Sebuah Ilmu Masa Depan yang Menjanjikan. Jurnal      Ilmiah Bestari. No. 31, Th. XIV, 2001.

Widyastuti, Dyah Ayu. 2017. Gene Therapy: From Biotechnology To Health. Journal of   Biology. Vol 10 (1):49-62. 


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.