.

Senin, 01 Oktober 2018

KIMIA INDUSTRI


oleh : @K16-Syaiful (Syaiful Hidayat)

ABSTRAK
kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat. Dan banyak digunakan oleh Negara-negara maju di dunia, para ilmuwan kimia berperan penting dalam produk kimia, dan zat khusus yang digunakan di kimia industri berdampak kepada lingkungan sekitar kimia industri. industri kimia menggunakan hasil dan reaksi kimia yang umum untuk meningkatkannya dalam skala industri. 

kata kunci : kimia industri, bahan kimia,

Bahan kimia dasar diproduksi dalam jumlah besar, terutama dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen (ECI,2013). Bahan kimia dasar biasanya relative murah antara lain polimer, petrokimia, bahan kimia industri dasar, bahan kimia organik dan pupuk.
·        Bahan Petrokimia
Petrokimia adalah produk kimia yang berasal dari minyak bumi. Beberapa senyawa kimia yang terbuat dari minyak bumi yang juga diperoleh dari bahan bakar fosil lain, seperti batubara atau gas alam, atau sumber-sumber yang terbarukan seperti jagung atau tebu. Dua kelas petrokimia yaitu olefin (termasuk etilen dan propilen) dan aromatic (termasuk benzena, toluena dan isomernya silen) Olefin dihasilkan oleh kilang minyak Aromatik dihasilkan dengan cracking cairan katalitik dari fraksi minyak bumi. cara membuat olefin dengan cracking uap gas alam cair seperti etana dan propane. Dan aromatics diproduksi oleh reformasi katalitik dari nafta.
·         Bahan Polimer
senyawa molekul besar berbentuk rantai atau jaringan yang tersusun dari gabungan ribuan hingga jutaan unit pembangun yang berulang. Plastik pembungkus, botol plastik, styrofoam, nilon, dan pipa paralon termasuk material yang disebut polimer.
·         Bahan Anorganik
Bahan anorganik adalah bahan yg tidak dapat diuraikan. jikalau bisa membutuhkan waktu hingga jutaan tahun lamanya. bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. contoh bahan anorganik : semua benda yg berasal plastic.
Sebagai bahan kimia yang digunakan di industri kimia juga berdampak di lingkungan sekitar industri, masalah indutri kimia yang seing didapat yaitu, polusi bahan kimia, pelepasan bahan kimia yang beracun, gas rumah kaca dan lainnya. cara mengatasinya dengan menggunakan bahan kimia khusus yang dibuat di industri kimia agar mengurangi dampak lingkungan.

KESIMPULAN

Kimia industri adalah suatu proses dari bahan mentah yang beguna di era globalisasi sekarang tetapi setiap proses maka lihat lah dampak yang terjadi di lingkungan sekitar industri dan buatlah industri mengurangi dampak-dampak tersebut agar lingkunga tetap terjaga.

DAFTAR PUSTAKA

Afia, Atep Hidayat dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan pengetahuan lingkungan industri. Yogyakarta : Penerbit Wahana Resolusi.
tuwiitii, 2012, bahan kimia
anonym, 2018, bahan kimia
Wikipedia, 2018, kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.