.

Senin, 24 September 2018

STOIKIOMETRI


Dibuat oleh :
1. Karlen Alfani.A ( @K07-Karlen )
2. Nia Wulandari          ( @K09-Nia     )
3. Musela Carentia ( @K11-Musela )







MASSA ATOM
            Sampai saat ini belum ada alat yang mampu menakar massa isotop atom sebenarnya sebab atom berukuran sangat kecil. Penentuan massa isotop atom dilakukan dengan cara membandingkan massa isotop atom yang akan ditentukan terhadap massa isotop atom yang akan ditentukan terhadap massa isotop atom unsur tertentu yang massanya telah ditetapkan. Dangan cara berikut ini, massa isotop atom setiap unsur dapat ditentukan.

A.    Standar Satuan Massa Atom
Pada awalnya, massa atom suatu unsur ditentukan dengan cara mengukur massa salah satu unsur yang bersenyawa dengan unsur lain. Minsalnya untuk mengetahui massa atom oksigen perlu dikeatuhi massa atom hidrogen, atau sebaliknya.
            Selanjutnya, yang dijadikan standar massa atom adalah atom unsur oksigen. Alasan unsur oksigen digunakan sebagai standar massa atom sebab selain dapat bersenyawa dengan banyak unsur juga sebagian besar unsur menghasilkan massa atom berupa bilangan bulat yang sederhana. Sebagai standar massa atom, massa atom unsur lain ditetapkan sebesar 16,00 Dalton.

B.     Spektrometer dan Isotop.
a.       Spektrometer
Prinsip kerja spektrometer massa adalah : Atom diionisasi sehingga dihasilkan spesi bermuatan positif. Selanjutnya, ion yang terbentuk dipercepat oleh medan listrik dan dilewatkan melalui suatu magnet pengurai.
b.      Isotop
Massa atom untuk tiap atom tidak khas, dalam arti atom suatu unsur yang sama, mungkin memiliki massa yang berbeda. Isotop adalah,  unsur yang mempunyai nomor atom yang sama tetapi nomor massa yang berbeda.

C.     Massa Atom Relatif (Ar)
 IUPAC telah menetapkan 1 sma = 1/12 massa satu atom C-12 isotop.




 
Para ahli memutuskan untuk menggunakan C–12 atau isotop 12C karena mempunyai kestabilan inti yang inert dibanding atom lainnya. Isotop atom C–12 mempunyai massa atom 12 sma. Satu sma sama dengan 1,6605655 x 10–24g. Dengan digunakannya isotop 12C sebagai standar maka dapat ditentukan massa atom unsur yang lain.

Massa atom relatif suatu unsur (Ar ) adalah bilangan yang menyatakan perbandingan massa satu atom unsur tersebut dengan 1/12 massa satu atom C–12.








D.    Massa Molekul Relatif (Mr)
Molekul merupakan gabungan dari beberapa atom unsur dengan perbandingan tertentu.
Massa molekul unsur atau senyawa dinyatakan oleh massa molekul relatif (Mr). Massa molekul relatif adalah perbandingan massa molekul unsur atau senyawa terhadap 1/12 × massa atom C-12. Secara matematis Mr dinyatakan sebagai berikut.
 









Contoh Soal dan Pembahasan












DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

  1. @K08-Ryan, @K10-DWI, @K12-Aris, @Kel-K04

    soal:Bagaimana penulisan Emas(III) Oksida dan Tembaga(II) Fosfat?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.