.

Senin, 24 September 2018

Sampah Plastik Jadi Aspal

Lintang Gurun (@J09-Lintang)
41618010038




Abstrak

Limbah plastik sangat banyak di bumi, bahkan malah menyebabkan masalah di bumi hingga merusak ekosistem bumi. Maka dari itu, manusia harus mengurangi limbah plastik dengan mengolahnya dan mendaur ulang. Daur ulang ini sebaiknya diolah menjadi campuran bahan atau diolah menjadi biji plastik lagi. Salah satu bahan campuran limbah plastik adalah aspal. Plastik menambah kekuatan aspal supaya lebih tahan air.

Kata Kunci : Asphalt and Plastic Waste

Pendahuluan

Menurut Purnamasari dan Suryaman (2010), “Jalan raya merupakan tulang punggung suatu kawasan dalam menyalurkan beban penumpang barang dan jasa, selain itu jalan juga merupakan bagian dari infrastruktur guna membuka daerah yang terisolir; untuk pertahanan nasional dan untuk pengembangan tingkat sosial; ekonomi dan budaya dari suatu daerah, sehingga konstruksi badanjalan harus kuat dan tahan terhadap beban lalu lintas yang berlalu lalang setiap hari.” aspal yang kuat dan tahan lama adalah aspal yang bagus dan berkualitas akan berdampak baik untuk grip ban dan tahan disegala cuaca. Jika aspal memiliki kualitas yang baik akan memberikan efisiensi yang baik.

Permasalahan

Aspal semakin lama ditambang maka akan habis, karena aspal (Asphalt) merupakan sumber energi tidak terbarukan dan jumlahnya terbatas. Jika aspal diambil terus menerus maka akan habis juga dan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Jika aspal sudah habis maka bagaimana nasib jalan raya? Bagaimana dengan kehidupan tanpa adanya jalan raya? Dan apakah kualitas aspal sudah sempurna? Maka dari itu, butuh adanya upaya penyempurnaan aspal. Salah stu inovasi yang harus dilakukan adalah aspal yang menyerap air lebih banyak supaya cepat kering dan memiliki grip yang baik terhadap ban dengan biaya yang murah dan ramah lingkungan tentunya.

Pembahasan 

Aspal yang memiliki penyerapan air yang sangat baik adalah aspal yang memiliki kualitas baik dimana aspal yang memiliki penyerapan air bagus akan cepat kering dan membuatnya lebih tahan lama. Jika aspal tersebut memiliki kriteria tersebut maka angka kecelakaan akibat jalan yang licin akan berkurang. Ditambah lagi akan membuat pengeluaran untuk aspal akan berkurang. Pemanfaatan plastik pada aspal pun akan menguatkan aspal supaya tahan lama sehingga menghemat pengeluaran. Dan yang terpenting jika menggunakan limbah plastik akan menerapkan konsep go green.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah kualitas aspal yang baik menimbulkan efek yang baik pula. Dengan memanfaatkan limbah plastik yang ada untuk bahan campuran aspal akan mengurangi dampak akibat limbah plastik dan menerapkan konsep go green.

Daftar Pustaka

Purnamasari,Eliza. Dan Suryaman, Fransiskus. 2010. PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH BOTOL PLASTIK SEBAGAI BAHAN TAMBAH TERHADAP KARAKTERISTIK LAPIS ASPAL BETON (LASTON) http://ft.uajy.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/I45-Eliza_397-404_.pdf (diakses pada 24 September 2018)

Rahmawati, Anita. dan Rizana, Rama. 2013. Material PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PLASTIK POLIPROPILENA SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT PADA CAMPURAN LASTON TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL
http://konteks.id/p/07-114.pdf (Diakses pada 24 September 2018)

Mokoginta, Ilham. Erwan, Komala. dan Sulandari, Eti. 2010.  PENGARUH PENAMBAHAN PLASTIK LOW LINIER DENSITY POLYETHYLENE (LLDPE) PADA LAPISAN ASPAL BETON (AC-BC) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK MARSHALL. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/27375/75676577805 (Diakses pada 24 September 2018)

Hidayat, Atep Afia. Kholil, Muhammad. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media

Lopang, Ita. Tedjakusuma, Nicholas. Dkk. 2018.
 THE EFFECTS OF HDPE PLASTICS ADDITION IN ASPHALT MIXTURES WITH CONCRETE WASTE AS THE COARSE AGGREGATES http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/TIK/article/view/1598/1704 
(Diakses pada 24 September 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.