.

Sabtu, 22 September 2018

Nuklir Sebagai Sumber Energi


Oleh : Andika Yudistira (@J08-Andika, @ProyekJ02)

Abstrak
Nuklir merupakan salah satu bagian yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom) yang tersusun atas dua partikel fundamental, yaitu proton dan neutron. Lalu apa itu Reaksi Nuklir? Reaksi Nuklir yaitu sebuah proses dua nuclei atau partikel nuklir saling bertabrakan. Reaksi mempunyai sebuah prinsip yang dapat melibatkan dua atau lebih partikel yang bertabrakan, tetapi kejadian itu sangat jarang ditemui. Energi nuklir dapat dihasilkan didalam inti atom melalui dua jenis reaksi nuklir, yaitu Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi (ngok, 2011).

Kata Kunci : Nuklir Sebagai Sumber Energi

Reaksi Nuklir mempunyai dua jenis reaksi, yaitu Reaksi Fusi dan Reaksi Fisi. Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui tentang Reaksi Fisi dan Fusi itu, berikut penjelasan tentang kedua reaksi tersebut, yaitu :
  • Reaksi Fisi, yaitu sebuah reaksi pada inti atom denganproses pembelahan dua atau lebih inti atom baru yang lebih ringan. Pada saat proses terjadinya Reaksi Fisi akan memancarkan energi dan juga partikel, seperti neutron. Yang dapat menyebabkan suatu atom yang mengalami Reaksi Fisi yaitu datangnya sebuah neutron kedalam atom sehingga terjadi sebuah ketidakstabilan dan setelah itu atom tersebut akan terbelah.(Kreatif, 2017)
  • Reaksi Fusi, yaitu sebuah reaksi yang menggabungkan inti-inti atom menjadi inti yang lebih berat dengan cara memancarkan energi. Reaksi Fusi merupakan kebalikan dari Reaksi Fisi, perbedaannya yaitu jika pada Reaksi Fisi terjadi pembelahan inti atom, pada Reaksi Fusi ini terjadi sebuah penggabungan inti atom, dan kesamaan kedua reaksi ini yaitu sama-sama menghasilkan energi yang besar. Serta pada Reaksi Fusi ini selalu dapat menghasilkan neutron  yang baru setelah itu membuat Reaksi Fusi menjadi continu (Kreatif, 2017).
Energi Nuklir dapat kita manfaatkan sebagai sumber energi. Lalu apa saja manfaat Nuklir sebagai sumber energi yang bermanfaat bagi manusia? disini saya akan menjelaskan salah satu manfaat nuklir bagi kehidupan manusia yaitu : Sebagai penghasil energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, dari Nuklir inilah PLN dapat menghasilkan daya energi yang lebih besar daripada Pembangkit lainnya, dan sisi positif dari PLTN ini yaitu dari limbah dan biaya operasionalnya pun lebih rendah. Namun penggunaan Nuklir tersebut juga mempunyai hambatan serius dalam pengembangan teknologi nuklir. Menurut Diputi Kepala Tenaga Atom Nasional (BATAN) Bidang Pengembangan Energi Nuklir, Adiwardoyo "Pertama, penerimaan masyarakat terhadap energi nuklir masih kurang.Penyebabnya yaitu salah satu gambaran Tragedi Nuklir yang pernah terjadi. Kedua, untuk penggarapan proyek besar seperti PLTN dibutuhkan dana yang sangat besar. Hal ini dibutuhkan iklim ekonomi yang kondusif sehingga dana investasi asing dapat masuk kedalam negeri." ujar Adi pada seminar mengenai pemanfaatan energi nuklir, yang diselenggarakan oleh Women in Nuclear (WIN) Indonesia di Gedung Peragaan Sains dan Teknologi Nuklir (Parasten). Jakarta, Selasa (11/11). (kpip-pltn.blogspot.com).

Dalam pemanfaatan Nuklir tentunya pasti akan timbul berbagai dampak dari penggunaan Nuklir tersebut, adapun Dampak Positif dan Dampak Negatif penggunaan Energi Nuklir sebagai sumber energi, antara lain :

- Dampak Positif :
  1. Penggunaan energi nuklir akan berdampak pada penghematan bahan bakar fosil dan perlindungan alam. Pembangkit listrik telah bertanggung jawab atas 25% konsumsi bahan bakar fosil dunia. Dengan energi nuklir ini untuk pembangkit listrik akan menghemat bahan bakar fosil, sehingga cadangannya akan bertahan lama.
  2. Pada eksplorasi minyak dan gas, teknologi nuklir berguna untuk menentukan sifat bebatuan sekitar seperti porositas dan litografi. Teknologi ini melibatkan penggunaan neutron atau sumber energi sinar gamma dan detektor radiasi yang ditanam pada bebatuan yang akan diteliti.
  3. Dalam operasi normal PLTN sangat sedikit menyebabkan kerusakan lingkungan dan bermanfaat bila mereka menghentikan pembangkit-pembangkit yang mengemisi CO2 , S02 , dan NOx. Dengan ini mereka akan membantu mengurangi hujan asam dan membatasi emisi gas rumah kaca.
- Dampak Negatif :
  1. Reaktor Nuklir sangat membahayakan dan mengancam jiwa manusia. Radiasi yang diakibatkan oleh reaktor ini ada dua yaitu : Radiasi Langsung dan Radiasi Tak Langsung.
  2. Nuklir bisa disalah gunakan untuk memusnahkan massal. Dalam hal ini tidak ada yang tidak mungkin, karena Nuklir adalah salah satu senjata yang sangat ampuh untuk memusnahkan lawan atau musuh.
(Sumber Dampak Penggunaan Nuklir : Firman, 2011)

Jadi kesimpulannya Nuklir merupakan salah satu opsi manusia yang dapat terus dikembangkan teknologi dan energinya, karna Nuklir merupakan salah satu energi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dapat sebagai energi yang dapat menggantikan bahan bakar fosil, jika kelak bahan bakar fosil sudah habis cadangannya dan tidak dapat diperbaharui lagi. Serta Nuklir juga dapat menjadi senjata makantuan bagi kita karna penggunaan Nuklir juga mempunyai resiko sangat tinggi bagi kehidupan manusia dan dapat disalah gunakan juga untuk melakukan kejahatan serta pemusnahan massal .


DAFTAR PUSTAKA :
  1. Hidayat, Atep Afia. Kholil, Muhammad. 2017, Kimia, Industri dan Teknologi Hijau, Petona Media.
  2. Ngok. Ngek, 2011, Nuklir Sebagai Sumber Energi, daconanholic, Dalam : http://daconanholic.blogspot.com/2011/03/nuklir-sebagai-sumber-energi.html , (Diunduh 21 September 2018).
  3. Kreatif. Sisi, 2017, Pengertian Reaksi Fisi dan Fusi Nuklir, www.sisikreatif.com, Dalam : https://www.sisikreatif.com/2017/08/pengertian-reaksi-fisi-dan-fusi-nuklir.html , (Diunduh 22 September 2018).
  4. Anonim, 2010, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, kpip-pltn.blogspot.com, Dalam : http://kpip-pltn.blogspot.com/p/manfaat-nuklir.html , (Diunduh 22 September 2018).
  5. Firman. Yudha Bagus, 2011, Dampak Positif dan Dampak Negatif Teknologi Nuklir, yudhabagusfirman, Dalam : http://yudhabagusfirman.blogspot.com/2011/05/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html (Diunduh 22 September 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.