.

Minggu, 23 September 2018

Nuklir Sebaga Kebutuhan Masa Depan

Oleh : Faisal Raf Prayogo
(@K06-Faisal)

    Nuklir biasanya identik dengan senjata seperti bom atom atau pun radiasi nuklir yang berbahaya. secara umum, nuklir berasal dari kata nukleus yang berarti inti, jadi nuklir adalah inti atom yang mengandung proton dan neutron.
    Pada kali ini, saya akan mengulas tentang nuklir yang katanya hanya membahayakan lingkungan. disini yang akan saya bahas itu adalah Teknologi Nuklir. karena, sudah banyak manfaat nya bagi kehidupan kita.Teknologi nuklir sudah banyak sekali perkembangannya, seperti reaktor nuklir. sangat berbeda reaktor nuklir dengan senjata nuklir secara teknis dan pengembangannya. Energi nuklir yang dihasilkan di sebuah reaktor nuklir dimanfaatkan menjadi energi listrik yang bisa menjadi kontributor kompetitif dengan sumber energi listrik lainnya seperti batu bara, minyak, gas, air, dan lainnya.
Kata Kunci : Nuklir, Reaktor Nuklir Teknologi Nuklir

    Dengan meningkatnya populasi penduduk, membuat sumber daya fosil menyusut., yang mengakibatkan cepat berkurangnya sumber daya alam. maka dari itu, dibutuhkan energi lain untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam tersebut. para ilmuwan sudah banyak mengembangkan teknologi nuklir ini untuk kehidupan kita yang akan datang.
    menurut Wikipedia, reaktor nuklir adalah suatu tempat atau perangkat yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai pada laju yang tetap. berbda dengan bom nuklir yang reaksinya tidak beraturan yang mengakibatkan ledakan dahsyat. pada zaman sekarang sudah banyak energi nuklir yang dipakai untuk kehidupan sehari-hari.
   Teknologi nuklir zaman sekarang sudah sangat berkembang bagi kehidapan kita dimasa depan, seperti :
1. Pembangkit Listrik, dengan menggunakan reaktor nuklir kita dapat menggunakannya untuk pembangkit listrik, dengan menggunakan reaktor nuklir lebih efisien. karena, tidak akan menghasilkan emisi gas rumah kaca pada operasi normal. Dan juga menghasilkan lmbah padat yang minim.
2. Bidang pertanian, mungkin ini terlihat aneh. tetapi nuklir disini sangat banyak manfaatnya seperti menghancurkan mikroorganisme, virus, bakteri maupun serangga yang diperkirakan ada pada makanan. mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui. pemerintah harus memberi arahan untuk penggunaan nuklir ini tidak berbahaya bagi hasil panen atau makanan.
3. Bidang Industri, pada bidang ini sudah tidak aneh untuk didengar karena sudah lazim untuk perindustrian. pada bidang ini, nuklir dimanfaatkan untuk eksplorasi minyak dan gas, teknologi nuklir sangat berguna dan dibutuhkan untuk menentukan sifat dari bebatuan yang ada di sekitar seperti porositas maupun litografi.
4. Bidang Medis, nuklir juga dimanfaatkan dalam bidang ini, teknologi yang digunakan ada 2 yaitu diagnosa dan terapi radiasi. Sinar X contohnya yang di gunakan untuk perawatan bagi pasien yang menderita kanker
5. Bidang Hidrologi, pemanfaatan nuklir seperti untuk menguji kecepatan aliran sungai atau lumpur

    Kesadaran bersama akan pentingnya produksi energi yang berkesinambungan dengan bahan bakar yang terbarukan serta ramah pada lingkungan merupakan tanggung jawab dan kebutuhan bersama. Energi nuklir sudah melewati banyak fase dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan sehingga tidak hanya berkaitan pada level keamanan reaktr yang tinggi dan berlapis akan tetapi berkaitan dengan dapat digunakannya energi nuklir untuk berbagai kehidupan sehari-hari.
    Pilihan energi nuklir sebagai salah satu opsi energi yang bersi disadari oleh salah satu seorang yaitu Dr. Patrick Moore, PhD. ia berpandangan bahwa "Nuclear energy is the only non-greenhouse gasemitting power source that can effectively replace fossil fuels and satisfy global demand". pandangan More mensiratkan adanya sebuah kesadaran ahli lingkungan hidup akan kebutuhan energi yang bersih dan berkesinambungan dengan memlih opsi energi nuklir.

DAFTAR PUSTAKA
Permana, sidik. 2005. "Energi Nuklir dan Kebutuhan Energi Masa Depan" dan https://ansn.bapeten.go.id/files/files_inovasi_Vol.5_XVII_November_2005_page_21.pdf . diakses pada 23 september 2018.
Plimbi. 2014. dengan artkel "Inilah Beberapa Manfaat Teknologi Nuklir Selain Untuk Senjata" dan http://www.plimbi.com/article/139951/inilah-beberapa-manfaat-teknologi-nuklir-selain-un . diakses pada 23 september 2018.
Kurniawan, Anggi Budi. 2014. dengan artikel "Nuklir itu apa sih? Bom ya?" dan http://anggi2515.blogspot.com/2014/10/nuklir-itu-apa-sih.html# . diakses pada 23 september 2018.
Artikel dari Wikipedia tentang Reaktr Nuklir dan https://id.wikipedia.org/wiki/Reaktor_nuklir . diakses pada 23 september 2018.
Mulvia, rahmad Hani, 2015. dengan artikel "Manfaat Teknlogi Nuklir" dan https://rahmadhanimulvia.wordpress.com/2015/02/18/manfaat-teknologi-nuklir/ . diakses pada 23 september 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.