.

Minggu, 30 September 2018

INDUSTRI PETROKIMIA





Abstrak          :
Apa itu Petrokimia? Petrokimia adalah bahan kimia apapun yang diperoleh dari bahan bakar fosil. Ini termasuk bahan bakar fosil yang telah dipurifikasi seperti metanapropanabutanabensinminyak tanahbahan bakar dieselbahan bakar pesawat, dan juga termasuk berbagai bahan kimia untuk pertanian seperti pestisidaherbisida, dan pupuk, serta bahan-bahan seperti plastikaspal, dan serat buatan

Kata kunci     : petrokimia, industri, plastik

Plastik merupakan barang yang tidak asing bagi kehidupan manusia, karena hampir semua peralatan baik rumah tangga, industri kecil hingga industri besar menggunakan plastik. Plastik adalah polimer rantai-panjang dari atom yang mengikat satu sama lain. Bahan dasar plastik yang utama adalah dari minyak mentah atau minyak bumi (crude oil) dan gas bumi atau gas alam yang telah mengalami proses lebih lanjut sehingga menjadi produk petrokimia. Secara umum minyak bumi diproses melalui proses pemurnian bersama dengan gas bumi sehingga menjadi produk petrokimia, selanjutnya produk petrokima tersebut diproses lebih lanjut sehingga menjadi pelet atau bijih plastik, akhirnya dari bijih plastik tersebut dapat dibuat aneka jenis produk plastik sesuai dengan peruntukannya.
Produk-produk petrokimia merupakan produk strategis karena merupakan bahan baku bagi industri hilirnya seperti industri plastik dan industri yang lain seperti industri tekstil, karet sintetik, kosmetik, pestisida, bahan pembersih, bahan farmasi, bahan peledak, kulit imitasi dan lain-lain. Pada umumnya produk plastik dari petrokimia berupa barang-barang atau bahan-bahan yang dalam kehidupan sehari-hari banyak dipakai di rumah tangga seperti sisir, botol plastik, kantong plastik, sampul plastik, ember plastik, gigi palsu, pipa paralon, produk elektronik, komputer, peralatan telekomunikasi, hingga plastik untuk industri sepeda, motor, mobil, kereta api hingga pesawat terbang

Industri petrokimia secara umum dibagi menjadi dua bagian besar yaitu :
1. Industri petrokimia hulu, yaitu mengolah produk dasar (produk primer) menjadi produk setengah jadi (produk antara). Contohnya seperti methanol, ethylene, prophylene, benzene, toluene, xylene, fuel coproducts, pyrolisis gasoline, pyrolisis fuel oil.
2. Industri petrokimia hilir, yaitu mengolah produk setengah jadi menjadi produk jadi yang siap pakai. Contohnya seperti plastik dan aneka jenis produk plastik, pelarut (solvent), zat peledak, karet sintetis, nilon dll.

Sedangkan secara umum untuk memperoleh produk petrokimia dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan proses, yaitu:
a. Mengubah minyak dan gas bumi menjadi bahan dasar petrokimia;
b. Mengubah bahan dasar petrokimia menjadi produk setengah jadi;
c. Mengubah produk setengah jadi menjadi produk akhir

Secara umum ada 3 (tiga) bahan dasar yang digunakan dalam industri petrokimia yaitu:
1. Olefin
2. Aromatik
3. Syn-Gas (Gas Sintetis)

Penggunaan dan Pemanfaatan Petrokimia Menurut Sektor Industri :
a.    Penggunaan Dalam Industri Pupuk Dan Pestisida
1). Produk amoniak/ urea dalam negeri sebagian besar digunakan sebagai pupuk pertanian, dan adhesive urea formaldehida.
2). Dalam industri pestisida, sebagaian bahan aktif pestisida, pelarut dan aditifnya merupakan produk akhir petrokimia seperti senyawa carbamate, thiocarbamate, surfaktan organik, organoklorida, alkohol, dsb.
b. Penggunaan dalam Industri Serat Sintetik.Produk petrokimia yang digunakan untuk serat sintetik adalah TPA (terepthalic acid), DMT (dimethyl terepthalate), PTA (purified terepthalic acid), dan kaprolaktam.s
c. Penggunaan dalam Industri Bahan PlastikPE (polietilena), PP (polipropilena), PVC (poli vinil klorida), dan PS (polistirena).
d.  Penggunaan Dalam Industri Adhesive ResinUrea formaldehida, melamin formaldehida dan fenol formaldehida.
e. Penggunaan dalam Industri Deterjen.Alkil benzena, alkil benzene sulfonat (ABS), dan selulosa karboksi metil (CMC)\


DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.2017. Petrokimia. https://id.wikipedia.org/wiki/Petrokimia (diakses pada 30 September 2018)
Sulystyono. PENGGUNAAN PRODUK PLASTIK DARI PETROKIMIA DENGAN BAHAN DASAR MINYAK DAN GAS BUMI MANFAAT DAN BAHAYANYA BAGI KESEHATAN DAN LINGKUNGAN. http://pusdiklatmigas.esdm.go.id/file/T7_Penggunaan_Plastik___Sulistyono.pdf (diakses pada 30 September 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.