.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Pengolahan Limbah



Abstrak

Pengolahan Limbah (sewerage system) merupakan proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga, pada proses pengolahan limbah terjadi proses fisika, kimia dan biologi yang bertujuan untuk menghilangkan kontaminan yang terkandung didalamnya, baik itu kontaminan fisik, kimia,  maupun biologi. Selain itu pengolahan limbah juga bertujuan untuk menghasilkan aliran limbah atau efluen yang telah diolah dari limbah padat atau lumpur yang cocok untuk pembuangan dan dapat dapat dipergunakan kembali terhadap lingkungan setelah diolah atau bahkan dapat dibuang secara langsung ke lingkungan secara aman tanpa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Isi

Limbah merupakan permasalahan utama dan serius dalam lingkungan. Adapun limbah yang berada di tengah masyarakat sebagai berikut :
– Limbah sampah organik (makanan ternak, komposting, biogas)
– Limbah sampah an-organik (plastik, logam, kaca)
– Limbah industri
– Limbah pembakaran
dll

Sebelum limbah di buang ke lingkungan, limbah harus diolah terlebih dahulu agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Pengolahan limbah adalah proses penghilangan kontaminan dari air limbah dan limbah rumah tangga, pada proses pengolahan limbah terjadi proses fisika, kimia dan biologi yang bertujuan untuk menghilangkan kontaminan yang terkandung didalamnya, baik itu kontaminan fisik, kimia, maupun biologi. Pengolahan limbah juga merupakan salah satu contoh dari aplikasi bioteknologi dalam sektor lingkungan.
Pengolahan limbah dapat dilakukan secara langsung atau tanpa di daur ulang dan mengolah limbah dengan di daur ulang. Pengolahan limbah pada limbah cair industri juga dapat menggunakan absorben yang cocok dengan cemaran yang dihasilkan. Agar dapat menyerap cemaran yang terkandung secara baik.

Daftar Pustaka

Handayani, Sih, Nasir,  M., Saputro, Edy Purwo. 2015. Manajemen Pengolahan Limbah Industri. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/viewFile/2313/1575&ved=2ahUKEwiiuLyM1NLcAhUSb30KHe3UDsIQFjADegQICBAB&usg=AOvVaw12jAjWy6M4QJRL5e3h7rUK

Hidayat, Atep Afia, Kholil, Muhammad. 2017. Kimia, Industri, dan Teknologi Hijau

http://www.pelajaran.co.id/2016/17/pengertian-dan-cara-penanganan-limbah-terlengkap.html

www.google.co.id/amp/s/bisakimia.com/2015/02/24/pengolahan-limbah-dan-contohnya/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.