.

Selasa, 14 Agustus 2018

KIMIA ORGANOMETALIK


Nurring Tyas
@G33-NURRING
@PROYEK G04

Pencemaran atau polusi meliputi beberapa kategori, yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia organometalik, asam, fisik, radioaktif dan biologi. Senyawa organometalik terdiri dari elemen logam (mettaloid) yang secara kovalen diikat secara langsung pada satu atau lebih atom karbon. Sebanyak 1830 buah senyawa, baik kelompok utama maupun transisi logam diketahui diikat pada atom karbon. Selama 150 tahun berturut-turut ribuan senyawa telah disiapkan dan dipelajari, beberapa senyawa ini mempunyai aplikasi yang luas dalam industri dan pertanian. 

walaupun bersifat lentur, timbal sangat rapuh dan mengkerut pada pendinginan, sulit larut dalam air dingin, air panas dan air asam. Timbal dapat larut dalam asam nitrit, asam asetat dan asam sulfat pekat. Bentuk oksidasi yang paling umum adalah timbal (II) dan senyawa organometalik yang terpenting adalah timbal tetra etil (TEL: tetra ethyl lead), timbal tetra metil (TML: tetra methyl lead) dan timbal stearate. Menurut Suciani (2007) bahwa  logam yang tahan terhadap korosi atau karat, sering digunakan sebagai bahan coating 

Sumber-sumber  yang menyebabkan timbal terdapat dalam udara ada bermacam-macam. Di antara sumber alternatif ini yang tergolong besar adalah pembakaran batu bara, asap dari pabrik-pabrik yang mengolah senyawa timbal alkil, timbal oksida, peleburan biji timbal dan transfer bahan bakar kendaraan bermotor, karena senyawa timbal yang terdapat dalam bahan bakar tersebut dengan sangat mudah menguap.

Kebanyakan industri tekstil juga menghasilkan limbah logam berat yang termasuk dalam kategori berbahaya. Banyak macam elemen logam berat yang dihasilkan dari proses  produksi tekstil, diantaranya Arsen, Cadmium, Krom, Timbal, Tembaga, dan seng. Proses-proses dalam industri tekstil yang menghasilkan limbah cair antara lain pengkajian dan penghilangan kanji, pengelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnan, pencetakan, dan proses penyempurnaan.

Menurut Hasan (2012) bahwa Timbal merupakan salah satu unsur kimia sebagai polutan (bahan pencemar) udara  yang  paling berbahaya. Timbal sering juga disebut dengan timah hitam (Pb; lead). Timbal merupakan logam yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia yang berlangsung seumur hidup karena timbal berakumulasi dalam tubuh manusia. Dalam dosis rendah sekalipun kasus paparan polusi timbal ternyata dapat menimbulkan gangguan pada tubuh tanpa menunjukkan gejala klinik.2-6 Timbal juga terbukti meningkatkan jumlah kematian pada penderita penyakit jantung. Sampai saat ini belum dapat ditentukan berapa kadar terendah dari timbal dalam tubuh yang aman untuk kesehatan.

Pb dapat mencemari udara, tanah, air, tumbuhan, hewan dan bahkan manusia. Pb masuk ke dalam tubuh manusia dapat melalui pencernaan bersamaan dengan tumbuhan yang biasa dikonsumsi manusia seperti padi, teh, dan sayur-sayuran.  Selain melalui pencernaan, Pb masuk ke tubuh manusia melalui sistem pernafasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.