.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Dampak Pencemaran Udara Serta Solusinya



Pendahuluan
Pencemaran udara merupakan masalah yang memerlukan perhatian khusus, khususnya untuk daerah-daerah kota besar. Pencemaran udara yang ada dapat berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik ataupun partikel-partikel yang lain. Saat ini mulai dilakukan upaya pemantauan pencemaran udara.
Pencemaran udara akan terus berlangsung sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi. Dengan semakin berkembangnya kehidupan ekonomi, masyarakat akan semakin banyak menggunakan bahan-bahan berteknologi tinggi yang dapat menimbulkan pencemaran udara seperti motor dan mobil. Hal ini memberikan kontribusi besar dalam menurunkan kwalitas udara yang dapat mengganggu kenyamanan, kesehatan dan bahkan keseimbangan iklim global.

Pembahasan
Dampak polusi udara

Polusi udara merupakan kondisi yang benar- benar tidak baik. Bukan hanya polusi udara saja, namun juga polusi yang lainnya, seperti polusi airpolusi tanah, bahkan polusi suara. Hal ini karena memang polusi merupakan kondisi yang merugikan karena keberadaannya tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik, bahkan semakin buruk saja. Adapun hal ini juga sudah termasuk polusi udara.
Polusi udara merupakan kondisi dimana udara yang kita hidrup sehari- hari akan berkeadaan buruk. Kondisi buruk yang dimaksud adalah jauh berbeda dengan indikator udara normal. Polusi udara ini dapat menganggu kegiatan atau aktivitas manusia dan bahkan menyebabkan berbagai macam dampak buruk bagi kesehatan manusia. Dampak polusi udara ini sangat bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari- hari atau kondisi di lingkungan sekitar kita.
Adapun berbagai macam dampak dari polusi udara (baca: sifat-sifat udara) yang dapat kita rasakan antara lain sebagai berikut:
1.      Terjadinya gangguan pernafasan seperti misal gangguan paru- paru. Polusi udara sangat mudah sekali menyebabkan datangnya berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan paru- paru.
2.      Mengganggu kesehatan kulit, sehingga kulit akan nampak kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, keruput dini, flek hitam, hingga penyakit kanker kulit.
3.      Menyebabkan kambuhnya penyakit asma. Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan paru- paru dan sering timbul ketika menghirup udara yang koton selama beberapa waktu
4.      Menimbulkan penyakit batuk. Tindak lanjut dari penyakit pernafasan adalah batuk. Batuk ini akan sering muncul ketika banyak menghirup udara yang kotor dan tidak steril
5.      Mengganggu pandangan (misalnya asap kebakaran hutan yang ada di Sumatera)
6.      Menimbulkan stress dan juga cepat naik emosi
7.      Memicu terjadinya hujan asam. Penceraman udara atau polusi udara yang terlalu lama akan memicu terjadinya hujan asam. proses terjadinya hujan asam bisa dimulai ketika dana belerang atau sulfur dan juga nitrogen bereaksi dengan oksigen yang berada di udara. Hal ini tentu akan memicu timbulnya nitrogen dioksida. Kemudian nitrogen dioksida ini kemudian bereaksi lagi dengan uap air yang kemudian membentuk asam nitrat dan juga asam sulfat. Asam nitrat dan juga asam sulfat inilah yang akan bergejolak dan mengalami kondensasi membentuk awan yang kemudian turun menjadi hujan.
8.      Menimbulkan terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan dampak jangka panjang dari adanya polusi udara. Polusi udara dalam kategori tinggi dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu singkat akan memicu terjadinya pemanasan global (baca: penyebab pemanasan global).
9.      Mengganggu pertumbuhan tanaman
10.  Polusi udara juga akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Contoh penyakit yang bisa menyerang tanaman ketika dalam lingkungan udara yang berpolusi adalah klorosis, nekrosis, dan juga bintik hitam.
Itulah beberapa dampak yang dapat muncul akibat polusi udara yang semuanya merupakan dampak negatif. Dampak- dampak buruk tersebut dapat terjadi dan menjadi lebih parah apabila kita membiarkan atau tidak mengupayakan sesuatu untuk mengatasi polusi udara. Mengingat semakin majunya zaman, maka kita harus semakin waspada terhadap polusi udara dan juga mengupayakan berbagai macam cara agar lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi
Solusi terhadap Polusi Udara
Polusi udara akan terus menjadi ancaman bagi kita apabila kita sebagai manusia tidak segera bertindak dengan melakukan upaya- upaya yang dapat menyelamatkan lingkungan dari polusi udara. Ada berbagai macam upaya atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polusi udara, antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi. Penyuluhan bisa dilakukan secara berkala melalui forum- forum dalam masyarakat dan juga kegiatan sekolah agar anak- anak pun mempunyai kesadaran dini tentang pentingnya udara bersih.
2.      Penegakan kembali peraturan atau perundang- undangan tentang lingkungan. Hal ini akan membantu karena masyarakat masih takut dengan hukum pidana daripada sekedar ada seruan saja.
3.      Melalukan penyaringan terhadap asap atau limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas agar tidak terllau membahayakan kesehatan Bumi. Hal ini terutama harus dilakukan oleh pabrik- pabrik atau lokasi- lokasi yang membuang asap sebagai salah satu limbahnya.
4.      Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai pembangkit listrik atau energi yang lainnya. Hal ini karena bahan bakar fosil dapat menghasilkan polutan sehingga sangat berkontribusi menciptakan pencemaran udara.
5.      Mengalirkan gas buangan ke dalam ekosistem air laut atau ke dalam larutan pengikat terlebih dahulu saat sebelum asap dikeluarkan ke udara bebas debgan tujuan mengurangi potensi terjadinya pencemaran yang dapat merusak dan membahayakan lingkungan.
6.      Menggunakan peralatan atau bahan- bahan yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya upaya seperti ini pastinya kita akan sangat mengurangi polusi udara. Hal ini karena yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari- hari akan sangat berpengaruh meskipun jumlahnya sangat kecil.
7.      Mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau mulai hidup sehat dengan menggunakan sepeda
8.      Mengganti bahan bakar kendaraan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biogas
9.      Menjaga kelestarian hutan. Dengan kata lain juga ikut melakukan tanam seribu pohon atau penghijauan dan menghindarkan diri dari orang- orang yang berniat jahat terhadap hutan.
10.  Tidak melakukan penggundulan hutan
11.  Mulai melakukan penanaman tanaman- tanaman hijau, dimulai dari lingkungan yang ada di sekitar rumah dan juga dipinggir- pinggir jalan
12.  Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan
13.  Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita dan tidak membiarkan sampah berserakan.
14.  Membedakan sampah yang organik dan juga non organik
15.  Mengolah sampah non organik yang masih layak pakai menjadi barang- barang yang berguna dan menimbun sampah- sampah organik agar menjadi pupuk organik
16.  Mengurangi penggunaan insektisida secara berlebihan karena dapat mencemari tanah
17.  Menumbuhkan kesadaran para petani atau pengusaha agrobisnis untuk tidak menggunakan hutan sebagai lahan pertanian atau perkebunan. Hal ini karena hutan sendiri keberadaannya sangatlah dubutuhkan.
Kesimpulan
Pencemaran udara sekarang ini sudah tidak dapat terhindarkan lagi, seiring dengan pertumbuhan laju ekonomi dan industri, berbanding lurus dengan kedaan pencemaran udara.
Pencemaran udara memiliki banyak dampak negatif, kepedulian kita untuk mengurangi ataupun mencegah penggunaan emisi gas gas pencemar adalah hal yang harus kita lakukan sebagai upaya untuk mengurangi pencemaran udara di sekitar kita.


Daftar Pustaka
Sutiman. “Upaya Pengendalian Pencemaran Udara Melalui Pengembangan Teknologi Motor Bensin Dan Ems”. Dosen Teknik Otomotif FT UNY
Tiara Rosha,Putri,dkk.2013.” Pemanfaatan Sansevieria Tanaman Hias Penyerap Polutan Sebagai Upaya Mengurangi Pencemaran Udara Di Kota Semarang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 3 No.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.