.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Materi 01 : Kimia dan Perkembangannya

i
Perubahan kimia atau lebih popular dengan istilah rekasi kimia  memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya.
Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.



Selengkapnya pelajari Buku Kimintek Hijau Bab 1 "Kimia dan Perkembangannya"

13 komentar:

  1. @H06-HUDA
    Perkembangan ilmu kimia terkini adalah bagaimana mengembangkan proses-proses kimia dan bahan yang bermanfaat bagi umat manusia tetapi dampaknya terhadap pencemaran lingkungan dapat diminimalkan, baik terhadap lingkungan perairan, lingkungan udara, maupun lingkungan tanah. Kedua tujuan itu memerlukan pemahaman konsep-konsep atau prinsip-prinsip kimia yang mantap dan mutakhir. Untuk memperoleh pengetahuan kimia terkini diperlukan penelitian yang berkesinambungan dan terpadu melalui pendekatan teoritis maupun praktis menggunakan metoda-metoda ilmiah dan peralatan mutakhir, sehingga dicapai konsep-konsep atau prinsip-prinsip kimia yang saksama dan bermanfaat bagi umat manusia dan lingkungan.

    Material yang sedang dikembangkan saat ini diantaranya adalah polimer, keramik, komposit, dan kristal cair. Bahan-bahan tersebut telah merasuk ke dalam kehidupan manusia, mulai adri peralatan rumah tangga sampai alat pacu jantung. Polimer digunakan mulai dari pembungkus makanan sampai organ tubuh buatan. Demikian juga dengan keramik, mulai dari alat-alat dapur dan hiasan hingga alat pacu jantung. Komposit banyak digunakan untuk kerangka pesawat terbang, sebab sifatnya keras tetapi lentur, dengan massa jenis ringan. Kristal cair digunakan untuk bahan-bahan elektronik.

    Plastik adalah salah satu contoh polimer sintetik tinggi yang banyak manfaatnya bagi manusia. Tetapi sangat disayangkan, plastik perioda pertama yang diekmbangakan tidak ramah lingkungan, sebab tidak dapat dirombak oleh bakteri. Oleh sebab itu, saat ini sedang dikembangkan polimer yang biodegradable ( polimer yang dapat dirombak secara biologi oleh bakteri yang terdapat di lingkungan). Para pakar mulai berfikir ke arah pemanfaatan bahan baku dari alam untuk membuat polimer sintetik tinggi, karena alam sendiri telah menyediakan bahan-bahan yang bersifat polimer, seperti selulosa, protein, karbohidrat, dan banyak lagi polimer alam lainnya.

    BalasHapus
  2. @H17-DEDI

    Perubahan kimia atau yang sering disebut dengan istilah reaksi kimia memungkinkan terbentuknya suatu zat yang sebelumnya belum pernah ada atau belum dikenal.Hal ini menjadi suatu peluang untuk berbagai kepentingan industri,pertanian,kontruksi,dll. . Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.
    Kimia sebenarnya juga merupakan ilmu yang sangat penting dan begitu menarik.
    Perkembangan kimia tidak terlepas dari kemunculan Alkimia yang diduga pertama kali muncul di Mesir yang selanjutnya berkembang di Yunani, Romawi, India dan Tiongkok. Alkimia pun berkembang dalam peradaban awal Agama Islam

    BalasHapus
  3. @H07-ALFIN

    Perkembangan ilmu kimia diawali sejak jaman Alkimia yaitu abad ke-5 SM yang berawal di Aleksandria, Mesir dan berkembang ke Cina. Ilmu kimia yang berkembang pada masa itu disebut dengan istilah alkimia. Pada saat itu para ahli alkimia Aleksandria berusaha mengubah batu menjadi emas. Perkembangan alkimia di Cina menghasilkan bubuk mesiu yang berguna sampai sekarang sebagai alat perang dan kembang api. Dari Aleksandria, Mesir alkimia berkembang ke Eropa dan di Eropa inilah alkimia berkembang dengan pesat menjadi ilmu kimia modern.
    Kimia modern berkembang dengan pesat karena didorong oleh adanya perkembangan ilmu lain, misalnya fisika yang menciptakan teori mutakhir serta alat-alat canggih, matematika yang merupakan alat bantu untuk semua ilmu, serta biologi yang semakin maju. Perkembangan ilmu kimia selain didorong oleh perkembangan ilmu-ilmu lain, juga mengakibatkan ilmu lain tersebut terbantu berkat penemuan-penemuan ahli kimia. Misalnya, kristal cair yang ditemukan para ihli kimia dimamfaatkan oleh ahli fisika untuk membuat layar kalkulator dan layar komputer yang dikenal dengan LCD (Liquid Crystal Display). Penemuan tentang mekanisme replikasi dan struktur DNA membawa para ahli biologi mengembangkan biologi molekuler yang diterapkan pada rekayasa genetika (Genetics Engineering).

    BalasHapus
  4. Perkembangan ilmu kimia tidak terlepas dari hasil dan cara-cara tradisional yang diperoleh secara kebetulan atau trial and error oleh manusia di masa lampau, yang perkembangannya sangat dipengaruhi oleh filsafat Yunani kuno. Maka dari itu, perkembangan ilmu kimia memiliki dua landasan yang penting yaitu aspek teoritis dan empiris.

    Dengan berkembangnya peradaban manusia, filsuf Yunani kuno berusaha menerangkan gejala alam menggunakan landasan logika, walaupun hanya berupa pemikiran logis yang tidak disertai dengan keterampilan teknik. Hal itu dilakukan oleh Aristoteles dan Plato, yang mengemukakan bahwa materi di alam terdiri dari empat unsur, yaitu api, air, tanah dan udara. Gagasan ini dikembangkan lebih lanjut dengan mengaitkan sifat-sifat materi seperti: panas, dingin, kering, dan lembab terhadap unsur-unsur tadi. Filosof Yunani meyakini bahwa materi dapat diubah menjadi materi lain dengan cara mengubah sifat-sifatnya seperti api yang panas dapat diubah menjadi air yang sifatnya dingin. Konsep empat unsur dan sifat-sifatnya bertahan sampai ratusan tahun, hingga muncul apa yang dikenal dengan era alkimia.

    BalasHapus
  5. Perkembangan ilmu kimia terkini adalah bagaimana mengembangkan proses-proses kimia dan bahan yang bermanfaat bagi umat manusia tetapi dampaknya terhadap pencemaran lingkungan dapat diminimalkan, baik terhadap lingkungan perairan, lingkungan udara, maupun lingkungan tanah. Kedua tujuan itu memerlukan pemahaman konsep-konsep atau prinsip-prinsip kimia yang mantap dan mutakhir. Untuk memperoleh pengetahuan kimia terkini diperlukan penelitian yang berkesinambungan dan terpadu melalui pendekatan teoritis maupun praktis menggunakan metoda-metoda ilmiah dan peralatan mutakhir, sehingga dicapai konsep-konsep atau prinsip-prinsip kimia yang saksama dan bermanfaat bagi umat manusia dan lingkungan.

    BalasHapus
  6. Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.

    Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.

    BalasHapus
  7. Selamat siang, salam sejahtera..
    Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.

    Terimakasih

    BalasHapus
  8. @H01-THERESIA
    Selamat siang, salam sejahtera..
    Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Meskipun tidak setua fisika dan matematika namun pencapaian ilmu kimia sudah sedemikian rupa, sehingga turut memperbaiki peradaban dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Bahkan saat ini saat ini Kimia menjadi cabang sains yang mapan dan menjadi fokus pembelajaran, percobaan dan terapan puluhan juta orang di berbagai Negara.
    Berkembangnya sains kimia membuat sains kimia sehingga harus dibagi menjadi beberapa cabang, yakni:
    1. Kimia analisis
    2. Biokimia
    3. Bioteknologi
    4. Kimia anorganik
    5. Kimia Organik

    BalasHapus
  10. @H13-IHSAN

    Meskipun tidak setua fisika dan matematika namun pencapaian ilmu kimia sudah sedemikian rupa, sehingga turut memperbaiki peradaban dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Bahkan saat ini saat ini Kimia menjadi cabang sains yang mapan dan menjadi fokus pembelajaran, percobaan dan terapan puluhan juta orang di berbagai Negara.
    Berkembangnya sains kimia membuat sains kimia sehingga harus dibagi menjadi beberapa cabang, yakni:
    1. Kimia analisis
    2. Biokimia
    3. Bioteknologi
    4. Kimia anorganik
    5. Kimia Organik

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.