.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Bahaya logam Merkuri dalam kehidupan manusia


https://mindmup-export.s3.amazonaws.com/map.jpg/out/8302eaa09d4911e891ed819368ad5f8c.map.jpg?AWSAccessKeyId=ASIASNCK5ADRQP2ZWVGP&Expires=1534073569&Signature=k8pzkTuMn0MmAEysznZfvHsTcK8%3D&x-amz-security-token=FQoGZXIvYXdzEAoaDKLBU8Mga7q44%2F2XpCLpActIP381rpbCpV%2BajmnKaOH8bIZzMcn9aPh3%2BDAopUQ3jQz0INanp1tRWNdM6z7M5yhIv6kMDtdS01xJXyzYw%2Fs1%2FUk0Ty3U280yiz96pIOa21R%2BIH6UcdF%2FOcrhOvX8sgYI7OxjDv6dZa80KXqDxQAFBQKQUZ1LQFXU4Swwmfgp3dYjnIneRqlSusrSs4QumK%2FSQ5L%2BGUL5pyyIE0KVqBCYu9tAt4K8eDcXUKxe4WxFY2W7N%2FPu669yxW6nl%2FrKkV9utJV1pM8SlqZFgtkzH6PMe4TcbiSUctZcrNvbhV%2B6YpLWBsRB5bANKMDJutsF







ABSTRAK



Merkuri adalah cairan logam perak atau disebut air raksa (Hydrargyrum ). Logam ini adalah logam yang ada secara alami,satu-satunya logam pada suhu kamar (25°C) berwujud cair. Di dalam tabel periodik merkuri (Hg) dengan nomor atom 80 dan nomor massa 200.59. Merkuri merupakan unsur transisi dalam susunan tabel periodik unsur, di mana merkuri ada pada golongan II B dan periode 6. Logam murninya keperakan,cairan, tak berbau, dan mengkilap. Bila dipanaskan pada suhu 3570C akan menguap. Merkuri banyak ditemukan di alam dan tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara sebagai senyawa anorganik dan organik.



KEYWORDS: Logam Merkuri,Bahaya Merkuri.



PENDAHULUAN



Dalam dunia pertambangan tradisional, merkuri sangat dibutuhkan untuk mengikat logam emas, tetapi dengan penanganan yang asal asalan, terutama saat produksi telah selesai.  Limbah dari proses produksi yang dilakukan secara tradisional, cenderung mengakibatkan pencemaran pada lingkungan pertambangan.

Kegiatan penambangan bijih emas oleh masyarakat di areal penambangan emas, dilakukan dengan cara amalgamasi. Cara tersebut merupakan cara konvensional untuk mengekstraksi bijih emas dengan menggunakan logam merkuri. Dengan cara ini ion Hg22 + dalam bentuk larutan dinteraksikan dengan batuan bijih emas (Au) sehingga terbentuk suatu amalgam (campuran emas terlarut dalam merkuri). Emas terlarut dalam amalgam segera terokidasi dengan cepat oleh oksigen di udara membentuk Au 203.

Perlu diketahui bahwa Au3+, pada dasarnya berada dalam bentuk Au203 dimana Au203 tersebut sangat mudah terdekompsisi menjadi Au dan O2 pada suhu sekitar 150 C. Jika pemanasan yang lazim dilakukan penambang emas konvesional pada prinsipnya mendekomposisi Au203 menjadi Au (emas) dan oksigen (O2) dan sekaligus menguapkan merkuri yang masih bercampur dengan emas. Uap merkuri tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan.



PERMASALAHAN

·         Apa saja bahaya merkuri dalam kehidupan manusia?



PEMBAHASAN



Merkuri merupakan salah satu logam berat yang paling berbahaya.hal tersebut dikarenakan sebagai ion atau dalam bentuk senyawa tertentu mudah diserap ke dalam tubuh. Di dalam tubuh, merkuri dapat menghambat fungsi dari berbagai enzim bahkan dapat menimbulkan kerusakan sel.

Pengaruh pencemaran merkuri terhadap ekologi bersifat jangka panjang, yaitu meliputi kerusakan struktur komunitas, gen, jaringan makanan, tingkah laku, dan fisiologi hewan air. ikan predator besar lebih mungkin untuk memiliki tingkat merkuri yang tinggi sebagai akibat dari proses memakan ikan kecil yang telah terkontaminasi merkuri melalui konsumsi plankton.

Manusia dapat terpapar oleh merkuri melalui proses penghidupan uap merkuri secara langsung maupun melalui proses rantai makanan jika memakan asupan seperti ikan dan biota perairan yang sudah tercemar merkuri. Paparan merkuri dalam tubuh manusia dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, meskipun hanya dalam konsentrasi yang rendah.

Keracunan oleh merkuri nonorganik dapat mengakibatkan terganggunya fungsi ginjal dan hati. Merkuri organik dari jenis methyl mercury dapat memasuki plasenta dan merusak janin pada wanita hamil sehingga menyebabkan cacat bawaan, kerusakan DNA dan kromosom, mengganggu saluran darah ke otak serta menyebabkan kerusakan otak.



KESIMPULAN



Merkuri merupakan logam berat yang paling berbahaya bahkan sehingga perlu penanganan khusus dalam proses-proses industry yang menggunakan logam merkuri.meskipun dalam konsentrasi rendah merkuri dapat menimbulkan masalah kesehatan.



DAFTAR PUSTAKA





Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. Jakarta.

http://kimnawalalmj.blogspot.com/2015/04/fakta-bahayanya-merkuri.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.