.

Rabu, 14 Februari 2018

TEKNOLOGI HIJAU : MEMBANGUN MASA KINI, MERAWAT MASA DEPAN








Oleh : Putri Mayang Sari (@F31-Putri, @proyekD09)

Abstrak

Kelangsungan peradaban manusia bergantung pada keutuhan lingkungannya. Dan keutuhan lingkungan akan bergantung pada kearifan manusia dalam mengelolanya. Maka setiap orang memiliki kebutuhan untuk menerapkan gaya hidup “hijau” yang ramah lingkungan serta teknologi hijau.

Kata kunci : Teknologi, teknologi ramah lingkungan dan teknologi hijau.

Isi Pembahasan

Definisi teknologi berdasarkan beberapa kamus terkemuka di dunia (Dictionary.com dan Meriam Webster) antara lain : Cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan keterkaitannya dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan; penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis; proses limbah atau industri, penemuan, metode atau sejenisnya; penggunaan ilmu pengetahuan dalam industri, teknik, dan sebagainya, untuk menemukan hal-hal yang berguna atau untuk memecahkan masalah (MW, 2016, dan DC, 2016).

Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Dengan kata lain teknologi merupakan penjabaran dan tindak lanjut dari ilmu pengetahuan. Menurut Karyono (2009), teknologi masa kini (konvensional) menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bagi aktifitas manusia. Namun tanpa disadari teknologi tersebut cenderung konsumtif terhadap penggunaan energi fosil. Di sisi lainnya melonjaknya konsumsi energi fosil menyebabkan menipisnya cadangan minyak, memicu pemanasan bumi, perubahan iklim global, dan menimbulkan beragam bencana bagi kehidupan manusia. Selanjutnya permasalahan lingkungan juga muncul akibat limbah padat, cair, dan gas yang dihasilkan dari pengunaan teknologi dari sektor industri, perumahan, bisnis, transportasi, dan sebagainya, yang seringkali tidak mendapatkan penanganan sampai tuntas.
Kesadaran akan perlunya teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang memproteksi lingkungan, mengurangi daya polutan, menggunakan seluruh sumberdaya secara berkelanjutan, mendaur-ulang lebih banyak produk dan limbahnya, dan mengangani sisa limbah dengan cara yang benar (SD-UN, 1992).

Menurut catatan Sumarno (2011), Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan kehidupan manusia di bumi. Teknologi hijau diprediksi akan banyak melahirkan kreatifitas dan inovasi yang menyebabkan perubahan lebih baik bagi peradaban manusia.
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di bumi. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa meerusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Beberapa tujuan utama dari penerapan Teknologi Hijau yaitu :
  •  Konsep keberlanjutan, di mana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
  • Konsep daur ulang, di mana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat didaur-ulang atau digunakan kembali.
  • Konsep pengurangan limbah dan polusi, di mana pola produksi dan konsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.
  • Konsep inovasi, dalam hal ini selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
  • Konsep viabilitas, intinya ialah bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senantiasa terpelihara keberadannya.
  • Konsep edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan.

Kesimpulan

Kelangsungan peradaban manusia bergantung pada keutuhan lingkungannya. Dan keutuhan lingkungan akan bergantung pada kearifan manusia dalam mengelolanya. Kesadaran akan perlunya teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang memproteksi lingkungan, mengurangi daya polutan, menggunakan seluruh sumberdaya secara berkelanjutan, mendaur-ulang lebih banyak produk dan limbahnya, dan mengangani sisa limbah dengan cara yang benar (SD-UN, 1992).

Menurut catatan Sumarno (2011), Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan kehidupan manusia di bumi. Teknologi hijau diprediksi akan banyak melahirkan kreatifitas dan inovasi yang menyebabkan perubahan lebih baik bagi peradaban manusia.

Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan M.Kholil (2017) dalam buku Kimia industri dan teknologi hijau, pantona media, jakarta.
http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal/teknologi-hijau-membangun.1q










Tidak ada komentar:

Posting Komentar