.

Sabtu, 17 Februari 2018

Solusi Mengatasi Polusi Udara





Oleh : Dedy Suryana (@F21-Dedy)







Abstrak

Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, namun dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat – pusat industri, kualitas udara telah mengalami perubahan. Udara yang dulunya segar, kini kering dan kotor. Keadaan ini apabila tidak segera di tanggulangi dapat membahayakan kesehatan manusia, kehidupan hewan, serta tumbuhan. Perubahan lingkungan udara disebabkan pencemaran udara, yaitu masuknya zat pencemar (berbentuk gas – gas dan partikel kecil / aerosol) kedalam udara. Zat pencemar masuk kedalam udara dapat secara alamiah (asap kebakaran hutan, akibat gunung berapi, debu meteorit, dan pancaran garam dari laut) dan aktivitas manusia (transportasi, industri pembuangan sampah). Konsentrasi pencemaran udara di beberapa kota besar dan daerah industri Indonesia menyebabkan adanya gangguan pernafasan, iritasi pada mata dan telinga, timbulnya penyakit tertentu serta gangguan jarak pandang.
Pembahasan dibawah ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara umum tentang udara dan permasalahanya serta mengetahui tentang upaya - upaya dalam pengendalian pencemaran udara.

Kata Kunci : Polusi udara, Pencemaran Udara

Isi

Polusi Udara
Keberadaan pencemaran memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terlebih di kehidupan modern. Kehidupan manusia di masa modern ini manusia akan menemukan lebih banyak pencemaran dibandingkan dengan masa lampau. Salah satu alasannya karena pada masa lampau atau masa belum modern banyak kita temui pepohonan dimana- mana, sehingga kita tidak akan menemukan banyak pencemaran udara dan sebaliknya, udara akan terasa sangat sejuk. Polusi udara dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa penyebab dari polusi udara antara lain adalah sebagai berikut:
  • Banyak industri yang beroperasi
  • Banyaknya kendaraan yang mengeluarkan asap- asap kendaraan
  • Semakin menipisnya pepohonan yang hidup di lingkungan sekitar
  • Banyaknya sampah dimana- mana
  • Kebakaran hutan yang meraja lela, dan lain sebagainya.
Solusi terhadap Polusi Udara
Polusi udara akan terus menjadi ancaman bagi kita apabila kita sebagai manusia tidak segera bertindak dengan melakukan upaya- upaya yang dapat menyelamatkan lingkungan dari polusi udara. Ada berbagai macam upaya atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polusi udara, antara lain adalah sebagai berikut: 

  1.  Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi. Penyuluhan bisa dilakukan secara berkala melalui forum- forum dalam masyarakat dan juga kegiatan sekolah agar anak- anak pun mempunyai kesadaran dini tentang pentingnya udara bersih.
  2. Penegakan kembali peraturan atau perundang- undangan tentang lingkungan. Hal ini akan membantu karena masyarakat masih takut dengan hukum pidana daripada sekedar ada seruan saja.  
  3.  Melalukan penyaringan terhadap asap atau limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas agar tidak terllau membahayakan kesehatan Bumi. Hal ini terutama harus dilakukan oleh pabrik- pabrik atau lokasi- lokasi yang membuang asap sebagai salah satu limbahnya.
  4. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai pembangkit listrik atau energi yang lainnya. Hal ini karena bahan bakar fosil dapat menghasilkan polutan sehingga sangat berkontribusi menciptakan pencemaran udara.
  5. Mengalirkan gas buangan ke dalam ekosistem air laut atau ke dalam larutan pengikat terlebih dahulu saat sebelum asap dikeluarkan ke udara bebas debgan tujuan mengurangi potensi terjadinya pencemaran yang dapat merusak dan membahayakan lingkungan.
  6. Menggunakan peralatan atau bahan- bahan yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya upaya seperti ini pastinya kita akan sangat mengurangi polusi udara. Hal ini karena yang kita kerjakan dalam kehidupan sehari- hari akan sangat berpengaruh meskipun jumlahnya sangat kecil.
  7. Mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau mulai hidup sehat dengan menggunakan sepeda 
  8. Mengganti bahan bakar kendaraan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biogas 
  9. Menjaga kelestarian hutan. Dengan kata lain juga ikut melakukan tanam seribu pohon atau penghijauan dan menghindarkan diri dari orang- orang yang berniat jahat terhadap hutan.
  10. Tidak melakukan penggundulan hutan.
Itulah berbagai macam upaya atau solusi yang dapat kita lakukan untuk dapat mengatasi adanya polusi udara. Upaya tersebut dapat kita lakukan secara individual ataupun kolektif. Namun jika dilakukan bersama- sama tentu akan lebih baik.

Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media. Jakarta.
Diunduh Tanggal 16 Februari 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.