.

Sabtu, 17 Februari 2018

Penggunaan Lampu LED dalam Industri Hijau Hemat Energi



Oleh: Kurniyanto Bayu Anggoro
@ProyekD08

Kata Kunci: Proses produksi hemat bahan, air, dan energi


Abstrak
LED adalah salah satu produk terbaru yang saat ini banyak digunakan, terutama dalam produk lampu. Menggantikan teknologi dari produk lampu sebelumnya, seperti lampu fluoresent, dan lampu pijar. Hal ini sebagai bentuk perkembangan IPTEK, dan tuntutan akan industri hijau.

Industri Hijau dapat didefinisikan sebagai industri berwawasan lingkungan yang menyelaraskan pertumbuhan dengan kelestarian lingkungan hidup. Menurut Hidayat dan Kholil (2017) mengenai industri hijau memiliki beberapa atribut untuk mendefinisikan seperti, proses produksi hemat bahan, air, dan energi. Konsep industri hijau dengan menerapkan konsep teknologi nano. Teknologi nano juga bisa digunakan untuk membuat fuel cell sehingga menghemat input dan menghasilkan energi lebih banyak; dan LED sehingga menghemat penggunaan listrik.

Penggunaan Lampu LED dalam Industri Hijau Hemat Energi
Sumber: https://swa.co.id/swa/capital-market/
Lampu LED adalah produk diode pancaran cahaya (LED) yang disusun menjadi sebuah lampu. Menggantikan teknologi dari produk lampu sebelumnya, seperti lampu fluoresent, dan lampu pijar. Hal ini sebagai bentuk perkembangan IPTEK, dan tuntutan akan industri hijau. Lampu LED memiliki beberapa kelebihan seperti:
1.      Lampu LED lebih hemat energi
2.      Daya tahan yang lama
3.      Cahaya lampu LED tidak panas
4.      Cahaya lampu LED tidak mengandung Ultra Violet
5.      Lampu LED lebih ramah lingkungan

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media

Teknologi nano hijau, https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_nano_hijau diakses tanggal 17 Februari 2018

Mal Taman Anggrek Hadirkan Monster Playground, https://swa.co.id/swa/capital-market/corporate-action/mal-taman-anggrek-hadirkan-monster-playground diakses tanggal 17 Februari 2018

Lampu LED, https://id.wikipedia.org/wiki/Lampu_LED diakses tanggal 17 Februari 2018

Kelebihan Dan Keuntungan Menggunakan Lampu LED Bagi Kita, http://www.caraciriciri.com/2015/02/kelebihan-dan-keuntungan-menggunakan.html diakses tanggal 17 Februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.