.

Sabtu, 17 Februari 2018

Ozon Sebagai Payung Bumi Dari Radiasi Ultraviolet

Oleh : Iwan Saputro (@f20-Iwan)













Abstrak:

Kita tahu bahwa lapisan ozon sangat penting bagi bumi maupun isinya.Ozon melindungi bumi serta isinya dari sinar radiasi ultraviolet serta benda-benda luar angkasa yang jatuh ke bumi,yang sebelumnya terbakar oleh lapisan ozon sehingga jatuh ke bumi berupa partikel-partikel kecil.
Ozon terdiri dari tiga molekul oksigen dan amat berbahaya pada kesehatan manusia. Secara alamiah, ozon dihasilkan melalui percampuran cahaya ultraviolet dengan atmosfer bumi dan membentuk suatu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer.
Ozon tertumpu di bawah stratosfer di antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai 'lapisan ozon'. Ozon dihasilkan dengan pelbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner.

Kata kunci : Ozon,Atmosfir

Isi:

Ozon di muka bumi
Ozon di muka bumi terbentuk oleh sinar ultraviolet yang menguraikan molekul O3 membentuk unsur oksigen. Unsur oksigen ini bergabung dengan molekul yang tidak terurai dan membentuk O3. Kadangkala unsur oksigen akan bergabung dengan N2 untuk membentuk nitrogen oksida; yang apabila bercampur dengan cahaya mampu membentuk ozon.
·         Lapisan ozon
Ozon adalah salah satu gas yang membentuk atmosfer. Molekul oksigen (O2) yang dengannya kita bernapas membentuk hampir 20% atmosfer. Pembentukan ozon (O3), molekul triatom oksigen kurang banyak dalam atmosfer di mana kandungannya hanya 1/3.000.000 gas atmosfer.
·         Kepentingan ozon
Ozon yang tertumpu di antara 15 dan 30 km diatas permukaan bumi sangat penting untuk melindungi bumi serta isinya dari radiasi sinar ultraviolet(UV) sinar matahari.
·         Keseimbangan ozon
Ozon di tentukan dalam satuan dobson(DU). Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah.
Kegunaan ozon
  • mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik),
  • menghapuskan pencemaran dalam air (besi,arsenhidrogen sulfidanitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna),
  • membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik),
  • mencuci, dan memutihkan kain (dipaten),
  • membantu mewarnakan plastik,
  • menentukan ketahanan getah.
Namun menipisnya ozon dapat menimbulkan beberapa akibat,seperti:
1.       lubang ozon
2.       kemerosotan ozon global
3.       ketepatan sensor satelit
4.       spektrofotometer dobson
5.       ozon sonde

cara penanggulangannya sendiri adalah:
1.       mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,karna dengan menggunakan kendaraan pribbadi menimbulkan banyaknya CO2 yang di lepaskan akibat pembakaran bahan bakar fosil.
2.       Gunakan pembersih rumah tangga yang bersahabat dengan lingkungan
3.       Jangan menggunakan pestisida yang berlebihan
4.       Kurangi penggunaan alat-alat yang mengeluarkan CFC seperti:AC,parfum,dll.
      
      Daftar pustaka:

     1.Hidayat,Atep.2013.kimia lingkungan(bagian dua)pencemaran udara

     2.Anonim,2016.Ozon

        https://id.wikipedia.org/wiki/Ozon


     3.Anonimim.2015.Lapisan Ozon

       https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Lapisan_ozon&action=edit


     4.Alamendah.2014.Ozon Dan Lapisan Ozon

      https://alamendah.org/2014/04/17/ozon-dan-lapisan-ozon/










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar