.

Sabtu, 17 Februari 2018

Inovasi Teknologi Hijau Pada Berbagai Peralatan




Oleh : Adik Mukti (@F02-Adik)

Abstrak
Fenomena suhu udara yang semakin panas, banjir di mana-mana, permukaan air laut yang semakin naik, kutub es yang semakin mencair hingga fenomena alam lainnya yang terjadi saat ini merupakan suatu kondisi yang sangat miris.
Isu mengenai pemanasan global pun bukan sekali dua kali kita dengar yang membuat banyak masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk membuat teknologi yang ram
ah lingkungan sekaligus memiliki manfat yang sangat besar dan bisa mencegah kerusakan alam. Saat ini juga sudah banyak inovasi teknologi ramah lingkungan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan alam yang semakin parah.

Kata Kunci : Inovasi Teknologi Hijau, Penerapan Teknologi Hijau, Contoh Produk Inovasi

Pendahuluan
Pengertian teknologi ramah lingkungan adalah sebuah metode atau sistem untuk mencapai tujuan tertentu yang mana dalam pelaksanaannya mengacu pada wawasan lingkungan dan atau memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan di sekitarnya. Dari pengertian tersebut telah mengilhami lahirnya bermacam-macam teknologi terapan, yang aman sekaligus bersahabat dengan makhluk hidup ataupun alam di sekitarnya.
Menurut Hidayat dan Kholil dalam kimia, industry dan teknologi hijau (2017) Bagaimanapun langkah industrial merupakan jurus ampuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Isi
Teknologi yang di maksud kini telah banyak beredar meliputi beberapa aspek dalam kehidupan manusia, termasuk dalam sektor elektronik konsumen. Diakui memang, untuk bisa mendapatkan teknologi ini dibutuhkan biaya cukup mahal bila dibandingkan membeli peralatan dengan teknologi konvensional. Kondisi tersebut tentu menjadi tantangan bagi kita utamanya para pengembang untuk menciptakan teknologi hijau yang ramah akan lingkungan namun juga terjangkau harganya (murah). Berikut ini adalah contoh teknologi ramah lingkungan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

    Mesin Tenaga Angin (Wind Power)
    Mesin Tenaga Surya (Solar Power)
    Hidroelektrik (Hydroelectricity)
    Mobil Tenaga Listrik (Electric Car)
    Sel Bahan Bakar (Fuel Cell)
    Toilet Pengomposan (Composting Toilet)
    Kulkas atau lemari pendingin Non Freon
    Pendingin ruangan (AC) Non Freon
    Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)
    Pembangkit listrik tenaga panas bumi (Enhanced Geolhermal System)

Contoh Produk Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan
Kerusakan lingkungan telah banyak terjadi di mana-mana. Penipisan ozon, efek rumah kaca sehingga berimbas pada pemanasan global di bumi ini telah terjadi dan dapat ditemukan fakta-fakta tentang bencana tersebut. Musim yang tak menentu, es di kutub yang mulai mencair adalah beberapa contohnya. Oleh karena itu, kita perlu “menyembuhkan” kembali alam kita dengan membuat dan menggunakan produk-produk serta teknologi yang ramah lingkungan. Disebut “ramah” karena kelebihan produk dan teknologi ini adalah tidak merusak lingkungan.

Sehingga banyak perusahaan elektronik yang meluncurkan produk – produk canggih dan inovatif yang ramah lingkungan serta praktis untuk digunakan dimana saja. Berikut adalah beberapa contoh produk tersebut.

    SUCK UK Water watch (Jam tangan bertenaga matahari)
Bahan bakar adalah salah satu masalah paling besar dalam industri elektronik. Tetapi jam yang satu ini tidak menemui masalah yang sama. Jam ini tidak memerlukan baterai, cukup diisi air 1 liter saja cukup untuk membuat jam ini bekerja dengan efektivitas jam bertenaga baterai. Jam ini juga bisa menampilkan tanggal sekaligus dilengkapi dengan fasilitas alarm. Sungguh praktis dan ramah lingkungan!

    SUCK UK Solar clock (Jam dinding bertenaga matahari)
Jam ini, jika ditaruh dalam cahaya matahari dalam sejam dapat menyimpan energi untuk beberapa hari. Sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan jam bertenaga baterai yang harus diganti baterainya setiap beberapa bulan sekali. Karena, dengan jam ini, anda tidak akan pernah perlu untuk membeli baterai untuk jam anda. Cukup letakkan jam ini di tempat yang terkena cahaya matahari.

    SUCK UK Freeloader Solar Charger
Orang-orang dari perusahaan SUCK UK, telah membuat sebuah gebrakan baru, yaitu charger bertenaga matahari yang bernama “Freeloader Solar Charger”. Dengan charger ini dalam keadaan penuh anda dapat mengisi baterai HP anda untuk 44 jam, PDA untuk 22 jam, Ipod untuk 18 jam, dan PSP untuk 2,5 jam. Praktis untuk dibawa kemana saja dan memakai cahaya matahari, dan jika anda lupa untuk mengisi tenaga charger ini, anda juga dapat mengisinya lewat bantuan USB yang disambungkan ke computer.

    SUCK UK Solar light (Lampu bertenaga matahari)
Lampu ini adalah salah satu barang ramah lingkungan paling laris di Amerika karena kehebatannya. Kalau jam ini telah terisi penuh maka dia dapat menerangi rumah anda selama 5 jam dengan efektivitas yang sama dengan lampu listrik. Lampu ini juga tersedia dengan beberapa warna, yaitu kuning, biru, dan pink. Lampu ini juga dapat diisi kembali dengan cahaya buatan.

    Motor boat bertenaga matahari
Dengan motor boat ini anda akan dapat menghemat banyak uang karena anda tidak perlu lagi membeli bensin untuk motor boat anda. Dan motor boat ini juga dilengkapi dengan pedal dan dayung jika terjadi hujan mendadak dan anda tidak mempunyai pasokan tenaga cadangan. Motor boat ini dapat anda gunakan untuk berbagai hal, seperti, mengajak jalan keluarga, memancing ikan, bahkan mencari uang dengan menawarkan jasa jalan-jalan dengan motor boat anda.

    Solar-powered Portable Insect Killer (Alat pembunuh serangga bertenaga matahari)
Alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan cahaya terang dari lampu LED yang special, yang menarik perhatian para serangga dan alat ini telah dikelilingi oleh kawat yang akan otomatis memberi tegangan listrik yang tinggi kepada yang berniat masuk, sehingga para serangga tersebut akan terkena tengangan listrik yang tinggi dan mati. Jika telah diisi baterainya sampai penuh, dapat beroperasi selama kira-kira 5 jam. Alat ini juga dilengkapi dengan gantungan dan tripod agar anda bisa menaruh alat ini di lantai maupun menggantungnya.

    H2O Water Powered Solar Radio (Radio bertenaga air)
Radio ini bisa dipasang di shower anda untuk mendapat pasokan tenaga, sehingga anda bisa mandi dengan mendengar lagu dari stasiun radio kegemaran anda. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip yang sama dengan PLTA (Pembangkit listrik tenaga air) untuk menghasilkan listrik tanpa efek negatif. Alat ini juga dilengkapi dengan baterai yang otomatis akan mengisi tenaganya sendiri ketika anda menyalakan air di shower anda, sehingga anda bisa mendengarkan music di radio ini bahkan ketika anda tidak mandi.

    Sylvania ECOLight – Water powered (Lampu bertenaga air)
Memakai prinsip yang sama seperti radio di atas, dan mempunyai sensor otomatis yang akan memberitahu anda suhu air saat itu. Dengan alat ini anda tidak perlu menyalakan lampu ketika ingin mandi, sehingga akan mengurangi pemakaian listrik di rumah anda.

Daftar Pustaka
Hidayat, dan Muhamad Kholil dalam Kimia Industri dan Teknologi Hijau (2017), Jakarta, Pantona Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar