.

Selasa, 09 Januari 2018

PENCEMARAN SUNGAI KAPUAS

@E20-Naqi
oleh : naqi min gil




Pencemaran yang terjadi di sungai kapuas atau sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. penyebab dari tercemarnya air sungai kapuas itu sendiri dari limbah yang di hasilkan oleh masyarakat dan sebagian besar dari limbah pertambangan yang mengandung bahan kimia salah satunya mercury.

ciri-ciri air yang tercemar yaitu :

  1. Terjadi perubahan pada suhu air
Ciri- ciri dari air yang tercemar pertama adalah terjadinya perubahan pada suhu air. Air yang normal dan sehat memounyai suhu dibawah suhu lingkungan yang ada di sekitarnya. Sebagai contoh misal di suatu lingkungan mempunyai suhu 28ᵒ C, maka suhu air normal yang ada di lingkungan tersebut sekitar 20ᵒ C – 25ᵒ C. Air yang tercemar mempunyai suhu yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada suhu lingkungan yang ada di sekitarnya.
  1. Memiliki pH yang tidak normal
Air yang normal memiliki pH antara 6,5 – 7,5. pH merupakan derajat keasaman yang dimiliki oleh air yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman dan juga kebasaan pada suatu larutan. Air yang tercemar mempunyai pH yang tidak demikian. Apabila air mempunyai pH diatas atau dibawah pH tersebut maka bisa dikatakan bahwa air tersebut telah tercemar. Air yang tercemar memiliki tingkat pH sekitar 4 – 6 atau 8 – 9.
  1. Terjadi perubahan pada warna
Air yang normal mempunyai ciri- ciri salah satunya tidak mempunyai warna atau jernih. Sebaliknya, air yang tercemar telah mengalami perubahan pada warna. Air yang tercemar (baca: polusi air) salah satu tandanya adalah mempunyai warna atau tidak jernih.
  1. Terjadi perubahan pada bau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.