.

Rabu, 22 November 2017

Prevent Food Wastage



oleh: Rebekka oktavia nainggolan
@D06-rebekka, @proyekB08

DEFENISI SAMPAH MAKANAN
Sampah makanan adalah makanan yang terbuang dan menjadi sampah. Definisi sampah dapat dilihat dari berbagai sisi sehingga berbagai lembaga dan organisasi dapat menggunakan definisi yang berbeda-beda mengenai sampah makanan ataupun makanan yang terbuang. Sampah makanan dapat dilihat dari jenisnya, dari bagaimana sampah terbentuk, dan dari mana asalnya.


DAMPAK SAMPAH MAKANAN
Karena efek rumah kaca, sinar matahari memancarkan radiasi ultraviolet ke bumi yang akan diterima oleh bumi dan dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah. Atmosfer akan meneruskan radiasi inframerah ini ke luar angkasa. Namun karena terdapat gas rumah kaca yang terperangkap di atmosfer akan menghalanginya sehingga dipantulkannya kembali radiasi inframerah ini ke bumi. Ditambah dengan radiasi ultraviolet dari matahari, akan menyebabkan naiknya suhu permukan bumi.
Efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi rata-rata 1-5°C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumah kaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasan global. Karena itu makanan yang terbuang di tempat sampah berkontribusi  cukup besar terhadap pemanasan global.
Selain daripada itu sisa makanan mengandung konten organik dan kelembaban tinggi, ketika membusuk akan menghasilkan bau menyengat yang akan berdampak serius terhadap lingkungan hidup dan kesehatan kita. Dengan mengurangi sampah makanan, secara tidak langsung kita juga mengurangi resiko terjadinya climate change atau perubahan iklim.
CARA MENGATASI
1.       Jika anda hendak makan direstoran, pilihlah restoran yang menyajikan makanan sesuai dengan porsi makan anda. Hanya memesan makanan yang sekiranya benar-benar akan dimakan dan habis. Atau bisa beralih ke restoran prasmanan di mana kita yang menentukan porsi makanan sendiri
2.      Jika anda hendak mengadakan sebuah acara jamuan makan atau pesta perkirakan jumlah tamu yang akan datang dan sesuaikan dengan banyaknya makanan yang akan dihidangkan. Sisa hidangan pesta yang masih memungkinkan bisa simpan di lemari pendingin. Sehingga nanti bisa dimasak kembali dengan resep yang berbeda sehingga tidak bosan.
3.      Sesuaikan belanjaan bahan makanan dengan menu yang kan dibuat.
4.      Jangan pernah membeli makanan yang cepat busuk jika tidak ingin segera mengolahnya.
5.      Membeli makanan di pasar lokal, agar mengurangi biaya transportasi makanan.
6.      Selain itu, untuk mengatasi masalah sampah makanan ini juga bisa dengan membuat Food Bank. Dimana Food bank berperan sebagai pusat koordinasi makanan sisa dan sumbangan dari berbagai sumber. Mulai dari pabrik makanan, restoran, hingga rumah tangga. Nantinya makanan itu diolah, disimpan, dijual, dan disumbangkan kepada konsumen yang membutuhkan


 DEFENITION OF FOOD WASTE
Food waste is wasted food and becomes rubbish. The definition of waste can be seen from all sides so that different institutions and organizations can use different definitions of food waste or wasted food.  Food waste can be seen from its kind, from how waste is formed, and where it comes from.

IMPACT OF FOOD WASTE
Due to the greenhouse effect, sunlight emits ultraviolet radiation to the earth which will be accepted by the earth and reflected back in the form of infrared radiation. The atmosphere will continue this infrared radiation into space. However, because there is a greenhouse gas trapped in the atmosphere will prevent it to reflect this infrared radiation back to earth. Coupled with ultraviolet radiation from the sun, will cause an increase in the temperature of the surface of the earth.
The greenhouse effect has increased the average earth temperature by 1-5 ° C. If the trend of increasing greenhouse gases remains as it now will lead to an increase in global warming. Therefore waste food in the waste can contribute considerably to global warming.
In addition, the remaining food contains organic content and high humidity, when decomposed will produce a stinging smell that will have serious impact on our environment and health. By reducing food waste, indirectly we also reduce the risk of climate change or climate change.
 
HOW TO OVERCOME
1. If you want to eat restaurant, choose a restaurant that serves food in accordance with your meal. Just order the food that it would actually eat and run out. Or can switch to a buffet restaurant where we decide the portion of the food itself
2. If you are going to hold a banquet or party expect the number of guests to come and adjust the amount of food to be served. The rest of the feast is still possible to store in the refrigerator. So that later can be cooked back with a different recipe so do not get bored.
3. Customize groceries with the menu you made.
4. Never buy food that quickly rot if you do not want to immediately process it.
5. Buy food in the local market, in order to reduce the cost of food transportation.
6. In addition, to overcome this problem of food waste can also make a Food Bank. Where Food Bank serves as a coordination center for leftover food and donations from various sources. Starting from the food factory, restaurant, to the household. Later the food is processed, stored, sold, and donated to consumers in need



DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.