.

Minggu, 24 September 2017

INDUSTRI ANORGANIK (ASAM SULFAT)

@E12-Guntur, @ProyekA04
Disusun Oleh Guntur Wahyu Prasetiyo


A. Pengertian Asam Sulfat
Asam Sulfat, H2SO4, merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air pada semua perbandingan.
Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Produksi dunia Asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton, dengan nilai perdagangan seharga US$8 juta. Kegunaan utamanya termasuk pemprosesan biji mineral, sintesis kimia, pemprosesan air kimia, pemprosesan air limbah pengilangan minyak.
A. Sifat-sifat Asam Sulfat               
            Asam sulfat adalah salah satu zat penghasil proton yang baik. Karena selain mengion sempurna dalam air juga melepaskan 2 ion H+(proton).Asam sulfat juga merupakan zat pengoksidasi yang kuat yang artinya dengam mudah menyebabkan zat lain teroksidasi jika bereaksi dengannya.Sifat ketiga adalah asam sulfat merupakan zat pendehidrasi yang baik pada reaksi dehidrasi banyak senyawa organik. Asam sulfat akan bertindak sebagai penarik molekul air.



B. Kegunaan
            Asam sulfat digunakan dalam jumlah yang besar oleh industri besi dan baja untuk menghilangkan oksidasi, karat, dan kerak air sebelum dijual ke industri otomobil. Asam yang telah digunakan sering kali didaur ulang dalam kilang regenerasi asam bekas (Spent Acid Regeneration (SAR) plant). Kilang ini membakar asam bekas dengan gas alam, gas kilang, bahan bakar minyak, ataupun sumber bahan bakar lainnya. Proses pembakaran ini akan menghasilkan gas sulfur dioksida (SO2) dan sulfur trioksida (SO3) yang kemudian digunakan untuk membuat asam sulfat yang "baru".Asam sulfat , yang merupakan pupuk nitrogen yang penting, umumnya diproduksi sebagai produk sampingan dari kilang pemroses kokas untuk produksi besi dan baja. Mereaksikan amonia  yang dihasilkan pada dekomposisi termal batu bara dengan asam sulfat bekas mengizinkan amonia dikristalkan keluar sebagai garam (sering kali berwarna coklat karena kontaminasi besi) dan dijual kepada industri agrokimia.

C. Pembuatan Asam Sulfat Skala Industri
Pembuatan asam sulfat secara industri di bagi menjadi empat yaitu :
·         Ekstrasi belerang
·         Konversi belerang ke belerang dioksida
·         Konversi dari belerang dioksida ke sulfur trioksida (proses kontak)
·         Konversi dari sulfur trioksida untuk asam sulfat
DAFTAR PUSTAKA : anonim, Asam sulfat, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Asam_sulfat (diakses tanggal 24 september 2017) ,ANDRIAN VERNANDES, http://www.avkimia.com/2017/03/asam-sulfat-H2SO4.html (diakses tanggal 24 september 2017), Anonim, https://id.wikipedia.org/wiki/Asam_sulfat (diakses tanggal 24 september2017) Anwardah, 22 juli 2016, http://sainskimia.com/2016/07/22/sifat-pembuatan-dan-kegunaan-asam-sulfat/ , (diakses tanggal 24 september2017)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.