.

Senin, 18 September 2017

Energi Baru Terbarukan : Uranium

@ProyekB03, @D08-ARIEF
Oleh Muhammad Arief Afifuddin
 
Agus menuturkan uranium dengan proses recycle atau reprocessing bisa bertahan hingga 3.600 tahun lagi. Dengan demikian uranium sangat potensial digunakan sebagai alternatif dalam pemenuhan kebutuhan energi dunia. Di Indonesia sendiri potensi cadangan uraniumnya tersebar di beberapa daerah luar Pulau Jawa sehinga memungkinkan penggunaan energi nuklir untuk pembangkit listrik jika kedepannya sudah tidak ada lagi suplai dari energi fosil jelasnya.

A. Pengertian

Uranium merupakan salah satu logam berat yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Uranium adalah bahan bakar nuklir yang sangat penting. Uranium 238 bisa diubah menjadi Plutonium.
Menurut Djarot, "Uranium bersifat unik, bisa dikatakan sebagai bahan bakar tidak habis pakai. Hal ini menyebabkan negara yang mengoperasikan PLTN, tetapi tidak menghasilkan uranium, tetap  memiliki posisi unik. Mereka tetap mempunyai sisa uranium dan bahan nuklir baru plutonium," urainya.
Uranium digunakan dalam peralatan petunjuk inert, dalam kompas giro, sebagai imbangan berat untuk permukaan kontrol penerbangan, sebagai pemberat untuk kendaraan pembawa missil, dan sebagai bahan pelindung. Logam uranium digunakan untuk target sinar X untuk memproduksi sinar X berenergi tinggi; uranium nitrat berguna untuk tinta fotografi, dan uranium asetat digunakan dalam kimia analisis.


B. Manfaat
1.  Sebagai Proyektil 
2. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
3.  Pada Bidang pertanian
1.       Pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul
Radiasi dapat mengakibatkan efek biologis, misalnya hamakubis.
2.       Pemuliaan tanaman
Pemuliaan tanaman atau pembentukan bibit unggul dapat dilakukan dengan menggunakan radiasi. Misalnya pemuliaan padi, bibit padi diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi, dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh hingga dosis rendah yang mematikan. Biji yang sudah diradiasi itu kemudian disemaikan dan ditaman berkelompok menurut ukuran dosis radiasinya.
3.       Penyimpanan makanan
                         Kita mengetahui bahwa bahan makanan seperti kentang dan  bawang jika disimpan lama akan bertunas. Radiasi dapat menghambat pertumbuhan bahan-bahan seperti itu. 
      4. Pada Bidang Industri
1)      Pemeriksaan tanpa merusak.
Radiasi sinar gamma dapat digunakan untuk memeriksa cacat padalogam atau sambungan las, yaitu dengan meronsen bahan tersebut.
2)      Mengontrol ketebalan bahan
Ketebalan produk yang berupa lembaran, seperti kertas film atau lempeng logam dapat dikontrol dengan radiasi.
3)      Pengawetan bahan
Radiasi juga telah banyak digunakan untuk mengawetkan bahan seperti kayu, barang-barang seni dan lain-lain.

  
DAFTAR PUSTAKA 
Agus,2012. Cadangan Uranium Dunia. Universitas gadjah Mada dalam https://www.ugm.ac.id/id/berita/4749-cadangan.uranium.dunia.cukup.sampai.3600.tahun.mendatang 

Alfonsius,dkk. 2015. Uranium untuk Energi Masa Depan. Apakah kamu tahu? dalam https://blogs.uajy.ac.id/elmo1271/2015/03/03/uranium-untuk-energi-masa-depan/  

Djarot,2016. PLTN Cukupi Kebutuhan Energi Masa Depan. Universitas Gadjah Mada dalam https://www.ugm.ac.id/id/berita/11204-pltn.cukupi.kebutuhan.energi.masa.depan


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.