.

Senin, 18 September 2017

ENERGI BIOMASSA : BIOGAS

       1. PENGERTIAN BIOMASSA

Biomassa, dalam industri produksi energi, merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar atau untuk produksi industrial. Umumnya biomassa merujuk pada materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagai biofuel, tetapi dapat juga mencakup materi tumbuhan atau hewan yang digunakan untuk produksi serat, bahan kimia, atau panas. Biomassa dapat pula meliputi limbah terbiodegradasi yang dapat dibakar sebagai bahan bakar. Biomassa tidak mencakup materi organik yang telah tertransformasi oleh proses geologis menjadi zat seperti batu bara atau minyak bumi.
Selain itu, digunakan juga bahan-bahan energi biomassa dari tumbuhan seperti tanaman sisa pengolahan ataupun hasil panen secara langsung. Energi biomassa ini muncul berdasarkan adanya siklus carbon di bumi. Dimana, hampir semua unsur kehidupan, mulai dari tumbuhan, hewan hingga manusia memiliki unsur karbon yang pada dasarnya terus berputar. Karena itulah, biomassa sendiri bisa dibuat bahan bakar karena juga mengandung unsur carbon.
Dari definisi energi biomassa yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar, maka peran pembaruan lahan sebagai sumber energi biomassa harus dilakukan. Meskipun beberapa sumber energi biomassa untuk beberapa jenis memang secara alami tersedia, tapi untuk menghasilkan energi biomassa ini tentu diperlukan jumlah besar untuk menghasilkan energi bahan bakar yang besar.
Penggunaan energi biomassa dari bahan-bahan alami memang perlu untuk dilakukan untuk melepas ketergantungan pada energi yang tidak dapat diperbaharui. Perkembangan terus dikembangkan untuk menghasilkan energi biomassa yang dapat diperbaharui dengan cepat dan tetap bersahabat dengan lingkungan. Pengertian tentang energi biomassa yang merupakan bahan penghasil energi dari unsur biologis seperti organisme mati ataupun tanaman hidup tentu akan semakin diperhatikan untuk kelangsungan energi untuk kedepannya. Karena, keterbatasan bahan energi tidak terbarukan suatu saat akan habis.

       2. PENGERTIAN BIOGAS

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.
Biogas ialah gas yang bisa dihasilkan dari sebuah proses bahan-bahan organik oleh mikroorganisme didalam sebuah kondisi tanpa bantuan oksigen (anaerobik). Biogas ialah campuran dari beberapa gas dengan sebuah komponen utama seperti gas metana dan juga gas karbondioksida. Dan salah satu contoh dari biogas ialah kotoran dari ternak sapi yang digunakan untuk membuat api dari gas metana, penggunaan biogas sebagai pembangkit listrik.

         3. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BIOGAS

   Selain dari penjelasan mengenai pengertian dari biogas, masih ada lagi yang akan kami berikan di dalam artikel ini yaitu mengenai kelebihan dari biogas, oleh karena itu mari sama-sama kita lanjutkan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari biogas yang akan dijelaskan berikut ini.
Kelebihan :
-          Dapat mengurangi efek rumah kaca dikarenakan biogas ramah lingkungan.
-          Bisa menjadi sebuah metode pengolahan limbah.
-          Proses pembakaran lahan yang tidak mengeluarkan asap.
Kekurangan :
-          Membutuhkan biaya yang relative tinggi
-          Tidak bisa dikemas dalam sebuah tabung.
-          Dan pengolahannya dibutuhkan waktu yang cukup lama.

            4. MANFAAT BIOGAS
Biogas sendiri mempunyai manfaat, seperti.
1. Manfaat biogas yang pertama yaitu dapat mengurangi penggunaan dari gas LPG, hal ini dapat saja dilakukan karena gas metana yang terkandung di dalam biogas dapat digunakan sebagai pembakaran seperti halnya yang terdapat di dalam gas LPG.
2. Manfaat Biogas yang kedua ialah lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, hal ini terjadi karena memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas.
3. Manfaat Biogas yang ketiga adalah dapat menghemat biaya operasional rumah tangga, dengan mengganti bahan bakar minyak dan gas yang relatif lebih mahal dengan penggunaan biogas.
4. Manfaat biogas selanjutnya yaitu limbah digester dari biogas dapat kita manfaatkan sebagai pupul organik, baik yang berupa cair maupun padat bagi pertanian.
5. Manfaat biogas berikutnya adalah biogas dapat berkonstribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, pengurangan emisi ini terjadi karena kurangnya pemakaian bahan bakar minyak dan kayu.

            Diatas adalah semua rangkuman dari pengertian biomassa, pengertian biogas, kelebihan dan kekurangan biogas, sehingga manfaat biogas.


DAFTAR PUSTAKA :
1.Wikipedia, biomassa, 2016.
https://id.wikipedia.org/wiki/Biomassa
2.Wikipedia, biogas, 2017.
https://id.wikipedia.org/wiki/Biogas
3.Spengetahuan, 2017, pengertian biogas, kekurangan dan kelebihan biogas.
4.Pengertian pakar, 2015, pengertian biogas dan manfaat biogas.

http://www.pengertianpakar.com/2015/07/pengertian-biogas-dan-manfaat-biogas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.