.

Jumat, 24 Februari 2017

Perkembanag Teknology Transportasi

PERKEMBANGAN TEKNOLOGY TRANSPORTASI



Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada Teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan.
Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkutan diakhiri. Peranan transportasi sangat penting untuk saling menghubungkan daerah sumber bahan baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan daerah pemukiman sebagai tempat tinggal konsumen.
          Ada beberapa moda transportasi yang kita ketahui saat ini, baik transportasi Datat, Laut maupun Udara. Moda transportasi diatas sudah banyak mengalami perkembangan dari awal kemunculanya. Dari yang metode yang sangat sederhana hingga sekarang banyak ditemukan berbagai macam technology  transportasi yang sangat canggih. Kali ini penulis akan membahas perkembangan transportasi darat khusunya mobil.

Perkembangan Teknology Transportasi Darat (mobil)

          Mobil merupakan salah satu moda transportasi darat yang banyak digunakan dimasyarakat. Awal kemunculanya mobil memiliki konsep yang sangat sederhana dan masih digerakan secara manual. Seiring berjalannya waktu banyak ilmuan  mengembangkan technology transportasi mobil.  Seperti dikutip dari “Izeldin Blog” berikut Ilmuan – ilmuan yang menemukan dan mengembangkan moda transportasi mobil sebagai berikut  :

1.   Nicolas-Joseph Cugnot

Kendaraan pertama yang menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876 menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir (1862) dan Nicolas Joseph Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa bergerak. Tetapi berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan dan kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.

2.   Gottlieb Wilhelm Daimler

Gottlieb Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah seorang insinyur Jerman yang membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusir mesin untuk sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan kecepatan putaran 700-900 per menit.

3.   Karl Friedrich Benz

Karl Friedrich Benz yang lahir pada tanggal 25 November 1844 adalah seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia (bersama Gottlieb Daimler yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu pencipta otomobil berbahan bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis. Karl Benz membikin mobil beroda tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan dalam beberapa tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam kecepatan mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk dianggap mobil praktis. Karl Friedrich Benz merupakan pendiri perusahaan mobil raksasa di jerman yang sekarang bernama “Mercedes Benz”.


4.   Karl Friedrich Benz

Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.

Seiring berjalanya waktu bahan bakar utama kendaraan – kendaraan masa kini akan semakin berkurang dan dimasa yang akan datang akan habis. Fosil murpakan bahan baku pembuatan bahan bakar kendaraan bermotor. Yang tercipta dari pembekuan mahkluk hidup dizaman dahulu yang membutuhkan beribu – ribu tahun untuk pembentukananya. Maka dari itu moda transportasi mulai menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan efisien.
Kandaraan bertenaga listrik adalah salah satu jawaban dari permaslah transportasi dimasa yang akan datang. Listri dapat diciptakan  dari bahan – bahan yang  dapat diperbaharui baik dengan memanfaatkan energy matahari, arus air (Kincir air) dan  Udara. Penggunaan energy listrik untuk penggerak moda transportasi dapat memberikan efek yang sangat baik baik dari sisi Ekonomi, Sosial dan Lingkungan.

Berikut bebrapa keuntungan yang didapat dari penggunaan kendaraan berbahan bakar listrik.

a.    Mobil listrik jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Efisiensi keseluruhan mobil listrik adalah 48 persen, secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25%.
b.    Tidak seperti mobil tradisional, mesin mobil listrik sangat halus sehingga mereka tidak menyebabkan masalah polusi suara.
c.    Mobil listrik juga menjamin keamanan maksimum karena tidak melibatkan bahan bakar minyak sehingga mereka tidak akan terbakar atau meledak jika menabrak sesuatu.
d.    Mobil listrik juga sangat kompak dan nyaman.
e.    Biaya isi ulang mobil listrik juga sangat terjangkau. Rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 2 sen per mil dibandingkan dengan 12 sen per mil pada kendaraan berbahan bakar konvensional.
f.     Masa pakai motor mobil listrik diperkirakan sekitar 90 tahun, jika dikendarai sejauh lima puluh mil per hari.
g.    Mobil listrik juga memiliki biaya pemeliharaan yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvesional karena mobil listrik hanya memiliki sekitar 5 bagian di motornya, dibandingkan dengan mobil tradisional yang memiliki ratusan komponen dalam mesin pembakaran internal.

Mobil listrik juga memiliki beberapa kelemahan dan berikut adalah beberapa di antaranya:


h.    Harga baterai mobil listrik masih tinggi, lebih dari $ 10000. Baterai yang mahal ini masih menjadi alasan utama di balik tingginya harga mobil listrik secara keseluruhan.
i.      Fakta bahwa mobil listrik tidak bersuara saat hidup tak selalu merupakan suatu keuntungan karena senyapnya suara mobil bisa menimbulkan bahaya bagi orang buta, orang tua dan anak-anak.
j.     Type mobil listrik masih terbatas dan juga mengisi ulang daya secara signifikan lebih lama dibandingkan dengan proses yang relatif cepat pada pengisian bahan bakar ke tangki pada mobil tradisional.
k.    Ada juga masalah pemanasan. Mobil listrik yang digunakan dalam iklim yang lebih dingin memerlukan banyak energi untuk memanaskan interior dan defrost jendela. Pada kendaraan yang menggunakan BBM, proses pembakaran sudah mentransfer panas dari mesin, sedangkan pada mobil listrik pemanas membutuhkan energi ekstra dari baterai mobil.
l.       
Dapat disimpulkan penggunaan mobil listrik memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konsfensional, Baik dari sisi ekonomi, Sosial maupun lingkungan. Disamping berbagai kelebihan yang dimiliki, mobil listri masih memiliki bebrapa kekurangan. Namun saya yakin kekurangan yang ada akan dapat terselesaikan seiring berjalanya waktu.



Referensi :
1.    “ILMUAN PENEMU KOBIL.COM”
2.    “INDOENERGI.COM”,Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.