.

Sabtu, 18 Februari 2017

Pengelolahan sampah menjadi biji plastik PT Multi Sejahtera Persada


Sampah plastik merupakan masalah lingkungan hidup di Indonesia dan dunia. Bagaimana kecenderungan, sebab, dampak dan alternatif solusi sampah plastik?. Artikel ini akan membahas masalah pencemaran sampah jenis plastik tersebut.
Penggunaan berbagai produk berbahan baku plastik dan penggunaannyasecara tidak ramah lingkungan menyebabkan berbagai masalah lingkungan hidup yang serius. Sampah plastik tidak hanya menjadi masalah di perkotaan, namun juga di lautan. Dampak negatif sampah berbahan plastik tidak hanya merusak kesehatan manusia, membunuh berbagai hewan dilindungi, tetapi juga merusak lingkungan secara sistematis. Jika tidak dikelola serius, pencemaran sampah jenis ini akan sangat berbahaya bagi kelanjutan planet bumi.
Sampah plastik adalah salah satu sumber pencemaran lingkungan hidup di Indonesia. Plastik merupakan produk serbaguna, ringan, fleksibel, tahan kelembaban, kuat, relatif murah. Karena berbagai kemudahan tersebut, seluruh dunia bernafsu untuk menghasilkan lebih banyak produk berbahan baku plastik. Namun, tanpa disadari, karakter dasar plastik, ditambah cara penggunaan yang tidak ramah lingkungan, ia justru merusak lingkungan hidup.
Manfaat penggunaan produk plastik harus diimbangi dengan kalkulasi dampak negatif yang dihasilkannya. Dalam satu hal, penggunaan plastik memang menjaga produk segar lebih tahan lama. Penggunaan plastik juga memungkinkan pembuatan peralatan kesehatan, meningkatkan efisiensi transportasi, memiliki potensi besar digunakan dalam teknologi energi terbarukan. Meski demikian, bahaya akibat sampah plastik, zat aditif beracun dalam plastik – pewarna plastik, bahan baku seperti bisphenol A (BPA) – telah meningkatkan kesadaran konsumen untuk produk yang lebih ramah lingkungan.

Bagaimana cara mengubah sampah plastic menjadi biji plastic?
1.      Giling dengan mesin penghancur plastic (mesin giling plastic)

perhatikan gambar diatas , itu adalah  crusher yang berfungsi untuk menggiling limbah plastik menjadi serpihan kecil-kecil , cara kerjanya adalah dengan cara menggunting , plastik akan terpotong jika berada diantara kedua pisau yakni diantara pisau putar dan pisau diam , yang berderet seperti gigi itu adalah pisau putar jumlahnya 4 biji tiap baris , dan dalam satu lingkaran as ada 3 row , jadi total dalam 1 mesin berjumlah 4x3=12 biji , sedangkan pisau yang lainnya lagi adalah pisau diam, dia menempel pada dinding chamber.

 Lelehkan plastic sampah dan cetak menjadi biji/pellet plastic
        
mesin extruder merupakan sebuah mesin yang dibuat khusus untuk mencetak berbagai macam bentuk kebutuhan manusia,  secara global, cara kerja dari mesin extruder ini hampir sama dengan mesin injection molding. hanya saja perbedaanya tipis sekali, kalau pada mesin injection molding dalam mencetak satu persatu dan cetakannya berpisah dengan tabung screwnya , sedangkan pada mesin extruder dalam mencetak biasanya akan berkesinambungan dan hasilnya akan di potong oleh pisau, pada mesin extruder cetakannya menempel pada tabung yang didalamnya berisi screwnya.


   

















Hasilnya seperti yang ada pada gambar berikut

Biji plastic yang sudah menjadi pellet plastic ini bisa dijual ke berbagai perusahaan yang membutuhkan material tersebut dengan berbagai spesifikasi material yang bisa dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan tersebut untuk memnuhi standart dan kebutuhan perusahaan tersebut.



















Daftar pustaka:

Terima kasih untuk PT. Multi Sejahtera Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.