.

Rabu, 30 November 2016

JAGALAH LINGKUNGAN HIDUP KITA !!!

Pencemaran di Riau
Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitungdan Jambi di selatan; Negara SingapuraMalaysia dan provinsi Riaudi sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.
SUNGAI SIAK
Sungai Siak adalah sebuah sungai yang terletak di provinsiRiau, Indonesia. Merupakan sungai terdalam di Indonesia, yang kedalamannya dahulu mencapai 30 meter, namun akibat pendangkalan kini tinggal sekitar 18 meter. sehingga dahulunya sungai ini dapat dilalui oleh kapal-kapal besar seperti kapal tanker dan kapal peti kemas. 
Beberapa jembatan besar dibangun untuk melintasi sungai ini, diantaranya jembatan Siak I di kota Pekanbaru dan kadang dikenal juga dengan sebutan Jembatan Leighton. 
Peranan Sungai siak :
1. Merupakan jalur lalu lintas ekonomi terpenting.
2. Tempat wisata
3. Sumber mata pencarian
4. Habitat hewan air
5. Lokasi Daerah Aliran Sungai (DAS )
Penyebab tercemarnya Sungai Siak
1. Sampah rumah tangga
Sampah rumah tangga seperti deterjen, sampah, dan kotoran memberikan andil cukup besar dalam pencernaan air sungai, terutama di perkotaan seperti kota Pekanbaru. 
2. Limbah Industri
Limbah indutri yang mencemarkan air sungai dapat berupa polutan yang berasal dari pabrik-pabrik di sepanjang sungai Siak. Sebagian besar industri membuang limbah tanpa diolah terlebih dahulu. Keberadaan pabrik karet di tepian Sungai Siak, Pekanbaru ini disinyalir juga merupakan salah satu penyebab tercemarnya air Sungai Siak. Foto ini adalah foto pabrik karet milik PT. Ricky. Selain menyebabkan pencemaran air sungai, bau yang keluar dari pabrik ini juga sangat menyengat dan menyebabkan polusi udara. 
3. Limbah Pertanian
Limbah pertanian berasal dari pupuk buatan, pestisida, dan herbisida. Limbah pertanian ini dapat masuk ke sungai siak  darim aliran air yang mengandung pestisida yang berasal dari perkebunan warga. 
4. Limbah Pertambangan
Pencemaran minyat di sungai Siak terutama disebabkan oleh tumpahnya
minyak akibat ceceran bongkar muat atau tenggelamnya kapal KM DD Jaya Putra dan KM Jasa Rahmad yang melakukan bongkar muat minyak solar di Sungai Siak. 
Dampak pencemaran air terhadap kehidupan
1. Berkurangnya jumlah oksigen terlarut di dalam air karena sebagian besar oksigen digunakan oleh bakteri untuk melakukan proses pembusukan sampah.
2. Sampah anorganik ke sungai, dapat berakibat menghalangi cahaya matahari sehingga menghambat proses fotosintesis dari tumbuhan air dan alga, yang menghasilkan oksigen.
3. Deterjen sangat sukar diuraikan oleh bakteri sehingga akan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama di dalam air, mencemari air dan meracuni berbagai organisme air.
4. Penggunaan deterjen secara besar-besaran juga meningkatkan senyawa fosfat pada air sungai atau danau yang merangsang pertumbuhan ganggang dan eceng gondok (Eichhornia crassipes).
5. Pertumbuhan ganggang dan eceng gondok yang tidak terkendali menyebabkan permukaan air danau atau sungai tertutup sehingga menghalangi masuknya cahaya matahari dan mengakibatkan terhambatnya proses fotosintesis. 
6.  Tumbuhan air (eceng gondok dan ganggang) yang mati membawa akibat proses pembusukan tumbuhan ini akan menghabiskan persediaan oksigen. 
7. Material pembusukan tumbuhan air akan mengendapkan dan menyebabkan pendangkalan. 
SOLUSI
1. Mempertahankan sumber-sumber air bersih yang belum tercemar.  Sumber air yang masih bersih hendaknya tetap dipertahankan kebersihannya. Jangan sampai ikut tercemar, karena jika sudah tercemar akan sulit membersihkannya.
2. Menanam tanaman-tanaman berkayu tebal. Tanaman-tanaman yang berkayu tebal adalah tanaman yang dapat menyerap air dengan baik. Dengan begitu, persediaan air tanah mencukupi dan sumber air bersih dapat terjaga
3. Tidak membuang sampah ke sungai.  Jika sampah yang dibuang dari satu rumah tangga masuk ke sungai saja sudah mengotori sungai. Bagaimana halnya jika setiap rumah tangga yang ada di Indonesia membuang sampah rumah tangga mereka ke sungai. Sungai menjadi sangat kotor dan tercemar. Pendangkalan sungai pun terjadi yang akhirnya dapat menyebabkan banjir. Banjir mengalirkan air tercemar ke kawasan pemukiman yang dapat menyebabkan wabah penyakit, seperti diare, penyakit kulit, dan lain sebagainya 
C. Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan mahkluk hidup, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam  atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.
Penyebab Utama Pencemaran Udara :
Di kota besar sangat sulit untuk mendapat udara yang segar, diperkirakan 70 % pencemaran yang terjadi adalah akibat adanya kendaraan bermotor.
Contoh : di Jakarta antara tahun 1993-1997 terjadi peningkatan jumlah kendaraan berupa :
- Sepeda motor 207 %
- Mobil penumpang 177 %
- Mobil barang 176 %
- Bus 138 %
Dampak Pencemaran Udara : 

- Penipisan Ozon 
- Pemanasan Global ( Global Warming )
- Penyakit pernapasan, misalnya : jantung, paru-paru dan tenggorokan 
- Terganggunya fungsi reproduksi 
- Stres dan penurunan tingkat produktivitas 
- Kesehatan dan penurunan kemampuan mental anak-anak 
- Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak.
Solusi :

+ Clean Air Act yang dibuat oleh pemerintah dan menambah pajak bagi industri yang melakukan pencemaran udara.
+ Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell.
+ Menghemat Energi yang digunakan.
Pencemaran Tanah
Pencemaran Tanah adalah polusi dari permukaan tanah alam bumi oleh industri, komersial, kegiatan domestik dan pertanian. 
Sumber pencemaran tanah:
Kimia dan nuklir tanaman, industri pabrik, pertambangan, mengotori, konstruksi puing, kilang minyak, kotoran manusia, minyak dan antibeku bocor dari mobil 

Cara Mencegah Pencemaran Tanah 
Cara terbaik untuk mencegah pencemaran tanah adalah membuang sampah pada tempatnya. Berikut adalah beberapa cara lain kita dapat mengurangi polusi tanah: 
Jangan menggunakan pestisida, gunakan nampan tetes untuk mengumpulkan oli mesin, beli produk yang memiliki kemasan kecil, jangan dump oli motor di tanah, menyimpan semua bahan kimia cair, makanlah makanan organik yang tumbuh tanpa pestisida 
Dampak pencemaran tanah
  Timbulan sampah yang berasal dari limbah domestik dapat mengganggu/ mencemari karena: lindi (air sampah), bau dan estika. Timbulan sampah juga menutupi permukaan tanah sehingga tanah tidak bisa dimanfaatkan.
  Limbah cair rumah tangga berupa; tinja, deterjen, oli bekas, cat, jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah bahkan zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya dapat membunuh mikro-organisme di dalam tanah.
  Penggunaan pupuk yang terus menerus dalam pertanian akan merusak struktur tanah, yang menyebabkan kesuburan tanah berkurang dan tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang.

DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.