.

Selasa, 06 September 2016

Bahan Kimia Disekitar Kita



Kimia adalah segala ilmu yang mencakup segala aspek yang ada dikehidupan kita sehari-hari,mulai dari mempelajari bentuk yang kecil (atom) hingga menjadi suatu bentuk molekul yang utuh.
Ilmu kimia dibagi menjadi 9 bagian yaitu kimia analisis,biokimia,kimia organik,kimia anorganik,kimia fisis,kimia lingkungan,kimia inti,kimia pangan,dan kimia farmasi.
Seringkali ketika kita mendengar kata-kata kimia kita selalu merujuk atau berpikir bahwa kimia akan menghasilkan atau mengakibatkan sesuatu yang buruk. Tetapi tahukah anda bahwa ilmu kimia sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa melihat bahwa segala sesuatu yang ada disekitar kita yang tidak kita sadari berasal dari bahan-bahan kimia ataupun proses pembuatannya melalui proses kimiawi. Beberapa contoh bahan-bahan kimia yang ada disekitar kita.
A.      Minyak makan
Minyak makan yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga merupakan salah satu dari hasil permunian oleh tumbuhan seperti sawit dan kelapa. Dengan adanya ilmu kimia organik kita dapat membedakkan mana minyak yang baik bagi kesehatan mana yang tidak. Minyak makan yang baik adalah minyak makan yang mempunyai ikatan rangkap yang terdapat dalam asam lemak tak jenuh. Maka ketika menggoreng suatu makanan ikatan asam lemak tak jenuh tersebut akan putus menjadi asan lemak jenuh dan mengakibatkan minyak makan tersebut menjadi rusak yang sering dikenal dengan minyak jelantah. Maka dari itulah alasan mengapa kita tidak boleh menggunakan minyak makan berulang-ulang kali.
B.      Alat kosmetik
Sederhana saja,perempuan mana yang tidak menggunakan kosmetik untuk mempercantik dirinya? Salah satu contohnya yaitu perlindungan kulit secara kimiawi agar terhindar dari bahaya sinar ultraviolet telah banyak kita temui seperti sun screen.
C.      Obat
Dalam dunia kesehatan, obat-obatan sangat berperan penting bagi kehidupan. Ilmu kimia tentu saja sangat berperan dibidang kesehatan terutama kimia organik yang sangat mempunyai peranan penting dalam pembuatan obat.
D.     Sabun
Sabun yang sering kita gunakan pada saat mandi merupakan salah satu bahan yang pembuatannya berdasarkan ilmu kimia. Pembuatan sabun tersebut dinamakan saponifikasi yang mereaksikan lemak (ester) dengan suatu basa kuat. Maka dari itu sabun yang kita gunakan mempunyai rasa yang pahit karna terbuat dari suatu basa kuat yang mempunya Ph >7 dan juga sebab dari sabun yang mempunyai bau harum adalah karna adanya kandungan ester didalam sabun tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.