.

Selasa, 06 September 2016

Polusi Udara Penyebab Hujan Asam



                                                             
A.      Pengertian hujan asam
Hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar keasaman dibawah 5,6 (pH dibawah 5,6), perlu diketahui bahwa hujan secara alami memiliki pH 6 atau sedikit dibawahnya.
Peristiwa hujan asam ini terjadinya dikarenakan zat belerang (sulfur) yang ada di atmosfer yang merupakan gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang ada dibumi.

B.       Proses terjadinya hujan asam
Proses hujan asam terjadi karena gas sulfur oksida yang mayoritas dikeluarkan dari asap-asap pabrik dan gas nitrogen oksida yang dihasilkan dari banyaknya kendaraan bermotor berkumpul menjadi satu dan bereaksi dengan uap air yang ada diudara. Proses reaksi ini menghasilkan asam sulfat, asam nitrit dan asam nitrat yang berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya hujan asam.

Dan terjadinya hujan asam secara alamiah disebabkan oleh aktivitas gunung berapi dan proses-proses bio kimia yang terjadi dibumi ini seperi di rawa-rawa, tanah, laut, dan dimanapun itu. Tapi saat ini terjadinya hujan asam lebih banyak dikarenakan campur tangan manusia seperti dari industri dan kendaraan bermotor. Gas emisi yang dihasilkan dibumi dibawa oleh angin ke atmosfer.
 Pembentukan hujan asam secara sederhana dapat dituliskan:
S(s) + O2 (g) →SO2(g)
2SO2(g) + O2(g) →2SO3(g)
SO3(g) + H 2O(l) → H 2SO4(aq)






C.      Dampak dari hujan asam

1. Tingkat kesuburan tanah menurun karena kandungan asam yang berlebih.
2.Ikan dan plankton sebagai sumber makanan ikan akan mati karena air memiliki tingkan keasaman yang tinggi. Air dan plankton tidak bisa hidup dengan tingkat keasaman tertentu.
3. Proses fotosintesis pada tumbuhan terganggu sehingga tumbuhan banyak yang mati dan pertumbuhannya terhambat.
4. Kematian pada hewan dan terlambatnya pertumbuhan hewan. Hewan di alam minum air yang asam sehingga merusak pencernaan dan akan menimbulkan kanker pada hewan.
5. Jika air minum sudah terkontaminasi dengan air hujan asam akan menyebabkan sejumlah penyakit seperti kanker dan masalah lainnya.
6. Menyebabkan korosi pada berbagai logam khususnya yang mudah korosi atau karatan adalah besi. Misalnya pada jembatan yang terbuat dari besi akan berbahaya akibat karatan sehingga bisa roboh.
7. Tumbuhan yang terkena hujan asam dalam jumlah yang tinggi bisa menjadi layu dan pada akhirnya mati.
8. Air danau yang semakin asam karena hujan asam dapat menyebabkan ikan menjadi mati karena tidak bisa bertahan hidup. 

D.      Pencegahan terjadinya hujan asam

Pembangkit listrik tenaga batu bara sudah banyak yang menggunakan Flue gas desulfurization (FGD). Ini akan membantu menghilangkan gas belerang dari cerobong. Contoh dari FGD adalah Wet Scrubber yang berupa tower yang dilengkapi kipas yang dapat mengambil gas dari cerobong. Alat tersebut kemudian dapat menghasilkan kalsium sulfat yang berpH netral. Scrubber ini dapat mengubah polusi menjadi sulfat industri. Sulfat tersebut kemudian dapat dijual ke pabrik kimia. Jika kadar kalsium sulfatnya tinggi maka dapat dijadikan gypsum.

E.       Daftar pustaka
proses terjadinya hujan asam
dampak dari hujan asam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.