.

Senin, 15 Agustus 2016

Polutan




Menurut Soedomo (2001) dalam hidayat (2015) mengemukakan, polutan adalah suatu zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya polusi.
Suatu zat disebut polutan bila keberadaannya di suatu lingkungan dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.

Pencemaran udara tak lain merupakan kerusakan yang terjadi secara sistematis pada salam satu bagian atmosfer, tepatnya lapisan troposfer. Polutan yang dilepaskan dari permukaan Bumi akan masuk langsung ke lapisan troposfer sebagai bagian atmosfer yang bersinggungan langsung dengan permukaan Bumi (Akhadi, 2013) dalam Hidayat (2015).

Pada dewasa ini polutan sangat banyak mencemari udara yang kita hirup setiap hari, karena banyaknya pembangunan sang sangat pesat, kemudian perkembangan teknologi yang semakin caggih di dalam industry menyebabkan perubahan kondisi lingkungan dengan seperti perubahan komposisi udara.

Pencemaran udara yang terjadi karena banyaknya polutan sangat merugikan manusia,  karena dalam kualitas kesehatan manusia sangat bergantung pada kualitas oksigen yang baik.

Berikut paparan Hart (2015) dalam Hidayat (2015) mengutip pernyataan Nobel, Dr. Otto Warburg (salah seorang pemenang hadiah Nobel), bahwa sel-sel kanker tidak dapat tumbuh dalam lingkungan yang kaya oksigen. Selanjutnya dijelaskan,  bahwa ketika sel mengalami  kekurangan oksigen maka kanker segera mengancam. Lebih lanjut bahwa semua fungsi tubuh  diatur oleh oksigen, setiap saat harus tersedia karena metabolisme tubuh sangat  tergantung pada pasokan oksigen. Oksigen memberikan energi bagi kehidupan sel. Tubuh manusia menggunakan oksigen untuk metabolisme makanan dan untuk menghilangkan racun dan limbah melalui proses oksidasi. 

Seakan-akan manusia terpaksa menghirup polutan yang benar-benar mencemari kualitas udara, hal ini di karenakan kita tidah bisa memilah udara yang kita hirup.





daftar pustaka

Hidayat Atep Afia. 2015. Kimia Lingkungan ( bagian dua ) Pencemaran udara
Modul Perkuliahan, kimia dan pengetahuan Lingkungan Industri

Anonim,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.