.

Minggu, 31 Juli 2016

Macam – Macam Polimer beserta Manfaatnya

Polimer adalah rantai berulang dari atom yang panjang, terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer.
Sekalipun biasanya merupakan organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer inorganik. Contoh terkenal dari polimer adalah plastik dan DNA. (wikipedia, 2015).
Yuk Sebelum kita belajar lebih tahu tentang polimer mari kita simak jenis-jenis polimer J
A.    Jenis- Jenis Polimer
1.    Polietilena
     Polimer adisi yang terdiri atas monomer etilena. Polimer ini tidak berbau, tidak berwarna dan tidak beracun. Polimer jenis ini banyak digunakan untuk membuat kantong plastik, jas hujan, botol plastik, dan pembungkus makanan. Polietilena merupakan plastik yang paling banyak digunakan.
(Sumber : id.wikipedia.org)

2.    Polipropilena
     Polimer adisi yang terdiri atas monomer propilena yang mirip dengan polietilena, tetapi lebih kuat. Polimer jenis ini banyak digunakan untuk membuat benang untuk karpet, seprai, dan baju.
Sumber : (www.bizoo.ro)

3.    Poli Vinilklorida (PVC)
   PVC diproduksi dengan cara polimerisasi monomer vinil klorida (CH2=CHCl). Karena 57% massanya adalah klor, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya. Digunakan sebagai kontruksi bahan bangunan (Wikipedia, 2016)

5.    Poliakrilonitril
    Polimer adisi yang terdiri atas monomer akrilonitril. Polimer ini juga disebut orion yang banyak digunakan untuk membuat baju, kaus kaki, dan karpet.
Akrilonitril merupakan senyawa turunan asam akrilat (2-propenoat), CH2=CH-COOH. Ada banyak polimer yang dibuat dengan bahan dasar asam akrilat. Sebagai contoh adalah poli (metil akrilat) (PMMA) yang dikenal dengan nama dagang flexiglass, yaitu plastik bening, keras, dan ringan yang banyak dipasang untuk kaca jendela pesawat terbang dan lampu belakang mobil. PMMA merupakan polimer adisi dengan monomer metil akrilat.
Sumber : (olx.co.id)

6.    Teflon
   Teflon merupakan nama dagang dari politetrafluoroetilena yang memiliki sifat tahan panas dan tidak lengket. Polimer ini banyak digunakan untuk alat – alat masak, keranjang dan pelapis tangki di pabrik bahan kimia.
7.    Polistirena
     Polimer adisi yang banyak digunakan untuk membuat tangkai sikat gigi dan karet busa.
8.    Bakelit
   Polimer kondensasi dari metanal dan fenol. Polimer ini bersifat tahan panas dan banyak digunakan untuk membungkus alat – alat listrik.
9.    Poliester
   Polimer yang monomernya berupa ester. Contoh poliester adalah dakron yang digunakan untuk serat tekstil.
10. Nilon
    Polimer kondensasi yang melibatkan gugus amina dan gugus karboksilat. Ikatan yang terjadi antarmolekul nilon adalah ikatan amida sehingga nilon disebut juga poliamida.
Nilon merupakan polimer yang kuat, ringan dan tidak retak jika ditarik. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat tali, jala, jas hujan, dan tenda.

B.   Manfaat Polimer bagi Kehidupan
1.    Manfaat dibidang kedokteran : selang , infus, sarung tangan , thermometer.
2.    Manfaat dibidang otomotif : pembersih kaca mobil, ban, karet di jendela mobil.
3.    Manfaat dibidang rumah tangga : wadah makanan, lemari plastic, teflon , gantungan baju, galon.

4.    Manfaat dibidang pangan : amilum dari beras dan gandum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.